Ada Indonesia!, Berikut 8 Mata Uang Terendah di Dunia Tahun 2023

Ada Indonesia!, Berikut 8 Mata Uang Terendah di Dunia Tahun 2023

Bangnanda.com - Sebagian orang mungkin sudah mengetahui bahwa dinar kuwait menjadi mata uang tertinggi di sunia hingga saat ini. Akan tetapi meskipun Dinar kuwait menjadi mata uang tertinggi di dunia Dollar AS masih menjadi patokan hingga saat ini karena Dollar AS menjadi salah satu mata uang yang paling stabil dan GDP amerika yang sangat besar. Perlu diketahui, bahwa setiap negara memiliki kurs mata uang yang berbeda terhadap Dollar AS. Rupiah yang menjadi mata uang indonesia selalu berjalan tidak stabil, kadang melemah dan kadang juga menguat meskipun tidak bertahan lama, alasan mengapa rupiah sering kali melemah adalah karena tingginya tingkat impor dan turunya komoditas ekspor.

Hingga saat ini untungnya rupiah bukanlah mata uang terendah di dunia, akan tetapi ada beberapa mata uang lainnya yang bahkan lebih rendah dari rupiah. Meskipun begitu kita sebagai masyarakat indonesia tidak boleh berbangga dulu, karena bisa saja mata uang yang berada di bawah rupiah justru mengguat dan mengeser rupiah. Kita sebagai masyarakat indonesia harus berpartisipasi dalam penguatan rupiah dengan cara mencintai produk dalam negeri dan menahan terhadap produk impor. Sebagian dari teman-teman mungkin penasaran dengan mata uang terendah di dunia saat ini, bisa teman-teman simak berikut ini deretan mata uang terendah di dunia tahun 2023.

Ada Indonesia!, Berikut 8 Mata Uang Terendah di Dunia Tahun 2023

1. Rial Iran

Iran merupakan salah satu negara di asia yang terletak di asia barat. Negara iran sendiri terkenal sebagai salah satu negara produsen minyak bumi terbesar di dunia. Mungkin beberapa dari teman-teman ada yang berpikir, bahwa jika negara tersebut kaya akan sumber daya alam pastinya negara tersebut juga memiliki nilai mata uang yang tinggi sama halnya dengan kuwait. Randahnya mata uang iran sebenanrnya di pengaruhi oleh beberapa hal, salah satunnya ialah adanya konflik bersenjata yang berkepanjangan dan devaluasi yang terjadi akibat Revolusi Islam di tahun 1979.

2. Dong Vietnam

Dong Vietnam atau VND merupakan mata uang dari negara vietnam. Vietnam menjadi salah satu negara di asia tenggara yang memiliki nilai mata uang cukup rendah. Penyebab yang paling utama mengapa mata uang dari vietnam begitu rendah ialah karena perekonomian di vietnam masih sangat tidak stabil bahkan bisa dibilang cukup sulit. Per hari ini satu dollar amerika jika dikonversikan ke dong vietnam yaitu sekitar 23.497 VND.

3. Leone Sierra Leone

Leone Sierra Leone sendiri merupakan mata uang negara Sierra Leone. Bagi teman-teman yang belum mengetahui tentang Sierra Leone, negara tersebut terletak di benua afrika. Sierra Leone juga dikenal sebagai salah satu negara termiskin di dunia, karena hal itulah mata uang di negara ini mengalami devaluasi. Selain itu adanya perang dan wabah virus ebola juga menjadi penyebab ekonomi di negara ini sulit maju.

4. Kip Laos

Selain vietnam, laos juga masuk dalam daftar negara dengan mata uang terendah di dunia. Laos sendiri dikenal oleh banyak orang sebagai negara yang tidak memiliki laut. Berbeda dengan negara-negara di atas, yang dimana mata uangnnya mengalami devaluasi. Mata uang negara laos tidak mengalami devaluasi. Hal tersebut dikarenakan negara laos sendiri baru merdeka pada tahun 1949 dan mata Kip baru ada di tahun 1952. Meskipun mata uang laos masuk dalam daftar mata uang terendah, akan tetapi sejak dikeluarkan hingga sekarang mata uang laos mengalami peningkatan secara bertahap.

5. Rupiah Indonesia

Indonesia menempati posisi kelima sebagai negara dengan mata uang terendah di dunia. Meskipun perekonomian di indonesia bisa dikatakan stabil akan tetapi hal tersebut masih belum cukup mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dollar. Mata uang rupiah mulai mengalami anjlok sejak tahun 1997 yang dimana tahun tersebut terjadi krisis ekonomi dan adanya perubahan kepemimpinan atau terjadinya Reformasi tahun 1998. Selain itu faktor masyarakat indonesia yang lebih mengutamakan barang luar negeri dibandingkan barang dalam negeri juga menjadi salah satu alasan mengapa rupiah melemah.

6. Som Uzbekistan

Uzbekistan merupakan salah satu negara di benua asia yang terletak di timur tengah. Negara menjadi salah satu negara yang memiliki perekonomian terendah di dunia, akibatnyapun mata uangnnya masuk dalam jajaran mata uang terendah di dunia. Sebenanrnya pemerintah Uzbekistan sudah menggunakan berbagai cara dan upaya agar bisa mendongkar atau memajukan prekonomian di negaranya, namun masih belum ada yang berhasil.

7. Franc Guinea

Franc Guinea merupakan mata uang dari negara Guinea, negara ini tersebut terletak di benua afrika tepatnya afrika barat. Banyak sekali faktor yang mengakibatkan mata uang dari negara ini devaluasi, salah satunya yaitu tingkat inflasi yang tinggi dan angka kemiskinan yang terus meninggi. Sebenarnya negara Guinea sendiri memiliki kekayaan yang cukup melimpah dan besar, bahkan bisa meningkatkan perekonomian di negara tersebut. Beberapa kekayaan alam yang dimiliki oleh negara guinea antara lain mineral, emas, berlian, dan alumunium.

8. Guarani Paraguay

Di posisi kedelapan ada Guarani sebagai mata uang terendah di dunia, Guarani sendiri merupakan mata uang dari Paraguay. Negara tersebut terletak di benua amerika selatan. Salah satu alasan mengapa mata uang dari negara ini rendah adalah karena terjadinya kemerosotan ekonomi karena inflasi, korupsi, kualitas pendidikan yang rendah, dan tingkat pengangguran yang tinggi. Meskipun paraguay menjadi salah satu negara pengekspor kapas dan kacang kedelai, akan tetapi hal tersebut tidak membantu untuk menutup biaya impor.

Komentar