Jarang Diketahui! Berikut Deretan Gunung di Indonesia Dengan Padang Edelweis Tercantik

Jarang Diketahui! Berikut Deretan Gunung di Indonesia Dengan Padang Edelweis Tercantik

Bangnanda.com - Bunga Edelweis merupakan salah satu bunga atau tumbuhan yang cukup langka. Di indonesia sendiri bunga edelweis memiliki sebutan lainya, yaitu Anaphalis javanica yang artinya edelweis jawa dan bunga senduro. Biasanya bunga atau tumbuhan yang satu ini biasa di jumpai di dataran-dataran tinggi di indonesia yang dimana hanya terdapat di daerah tertentu saja, maka dari itu banyak pendaki yang rela mendaki ke gunung-gunung tinggi untuk melihat keindahan bunga atau tumbuhan yang satu ini. Karena keindahnya tersebut banyak orang yang ingin memiliki bunga atau tanaman yang satu ini. 

Bunga edelweis dikenal juga sebagai simbol keabadian, bunga ini ditemukan mekar pada bulan april hingga agustus dan harus dengan kelembapan dan suhu tertentu supaya bisa berkembang dengan subur. Biasanya bunga edelweis dapat tumbuh tinggi sampai 4 meter, namun dibeberapa kasus juga menyebutkan bahwa bunga ini bisa tinggi sampai 8 meter. Nah bagi teman-teman yang suka mendaki dan ingin melihat keindahan langsung dari bunga yang satu ini teman-teman bisa coba untuk mendaki satu dari beberapa gunung yang satu ini. Berikut deretan gunung di indonesia dengan padang edelweis tercantik.

Jarang Diketahui! Berikut Deretan Gunung di Indonesia Dengan Padang Edelweis Tercantik

1. Gunung Lawu

Dibalik banyaknya cerita mistis di gunung yang satu ini, gunung yang satu ini juga terkenal dengan keindahannya. Gunung Lawu berada di posisi pertama sebagai gunung di indonesia dengan padang edelweis tercantik. Gunung yang berlokasi di perbatasan jawa tengah dan jawa timur ini memiliki ketinggian sekitar 3265 meter di atas permukaan laut dan juga merupakan sebuah gunung berapi aktif. Bunga yang satu ini bisa teman-teman lihat saat berada di jalur pendakian menuju puncak hargo dumilah, selain itu teman-teman juga bisa menyaksikan keindahan bunga yang satu ini saat mendaki dari jalur candi centho. 

2. Gunung Rinjani

Diposisi kedua ada gunung rinjani yang masuk dalam daftar gunung dengan padang edelweis tercantik di indonesia. Gunung ini terletak di pulau lombok nusa tenggara barat dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di indonesia dengan ketinggian 3726 meter diatas permukaan laut. Gunung Rinjani juga menjadi salah satu gunung favorit bagi pendaki indonesia karena keindahan pemandanganya. Maka dari itu banyak pendaki yang datang ke gunung ini dengan membawa kamera terbaik yang mereka miliki agar hasil jepretan terlihat lebih jelas dan detail. Bunga edelweis di gunung ini sering kali dijumpai di tebing bebatuan, bukit, hingga tepi danau sagara.

3. Gunung Gede Pangrango

Gunung yang terletak di jawa barat atau lebih tepatnya di kabupaten cianjur dan sukabumi ini memiliki ketinggian kurang lebih 3026 meter diatas permukaan laut dan juga merupakan gunung api bertipe stratovolcano. Gunung gede sendiri berada dalam ruang lingkup taman nasional gede pangrango yang dimana merupakan salah satu taman nasional terbesar di indonesia.

Sama halnya dengan gunung lawu, gunung gede panrango juga terkenal dengan hal mistisnya, tak seikit pendaki yang mengalami hal mistis saat mendaki gunung yang satu ini. Meskipun begitu hal tersebut tidak membuat orang-orang jadi takut tetapi malah semakin penasaran dengan keindahan gunung ini. Saat mendaki gunung gede pangrango, teman-teman bisa melihat keindahan hamparan bunga edelweis di alun-alun suryakencana di bagian selatan puncak dan di lembah mandalawangi.

4. Gunung Sindoro

Gunung berikutnya yang bisa teman-teman daki jika ingin melihat keindahan dari bunga edelweis yaitu gunung sindoro yang terletak di wonosobo, jawa tengah dan memiliki ketinggian kurang lebih 31050 meter diatas permukaan laut. Beberapa pendaki menyarankan untuk mendaki gunung yang satu ini jika ingin melihat bunga edelweis secara lebih dekat karena saat bangun pagi teman-teman akan disambut dengan padang edelweis yang bagitu menawan. Untuk bisa menikmati keindahan bunga edelweis tersebut, teman-teman harus mendaki gunung ini melalui jalur kledung.

5. Gunung Semeru

Masyarakat pulau jawa pastinya sudah tidak asing lagi dengan gunung yang satu ini. Gunung Semeru sendiri terkenal dengan julukannya yaitu atap jawa karena merupakan gunung tertinggi di pulau jawa dan juga merupakan salah satu gunung tertinggi di indonesia. Ketinggian dari gunung semeru yaitu 3676 meter diatas permukaan laut dan terletak di kabupaten malang dan kabupaten lumajang. Sama halnya dengan gunung rinjani, gunung semeru juga menjadi gunung favorit bagi pendaki indonesia terutama yang bertempat tinggal di pulau jawa. Teman-teman bisa menyaksikan keindahan bunga edelweis di gunung semeru saat di pos jambangan sampai kalimati.

6. Gunung Merbabu

Merbabu menjadi gunung terakhir yang masuk dalam deretan gunung di indonesia dengan padang edelweis tercantik. Gunung yang terletak di provinsi jawa tengah ini memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 3145 meter diatas permukaan laut dan termasuk dalam gunung berapi bertipe Stratovulcano. Gunung ini juga menjadi salah satu gunung yang ramai diperbincangkan di kalangan para pendaki karena memiliki panorama yang begitu indah terutama ketika sampai di puncaknya. Tak hanya itu saja alasan lainnya gunung ini terkenal adalah karena terdapatnya hamparan bunga edelweis yang menawan. Sepanjang perjalanan menuju puncak trigulansi teman-teman akan disajikan dengan pemandangan yang indah dari bunga edelweis.

Komentar