Anak Muda Wajib Tahu! Berikut Cara Tepat Mengatur dan Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Cerdas dan Efektif

Anak Muda Wajib Tahu! Berikut Cara Tepat Mengatur dan Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Cerdas dan Efektif

Bangnanda.com - Salah satu sifat dan kebiasaan orang kaya yang harus kita miliki adalah pandai dalam mengelola keuangan dengan baik. Terkadang saat kita memiliki banyak uang kita akan membeli segala hal yang dulunya kita inginkan tanpa berpikir dua kali. Jika teman-teman saat ini sedang membaca artikel ini, cobalah mulai sekarang teman-teman hemat dalam membelanjakan sesuatu dan bisa membedakan mana yang kebutuhan dan mana yang keinginan. Karena jika sampai besar teman-teman masih belum membedakan antara dua hal tersebut, teman-teman tidak bisa memiliki tabungan karena uangnya selalu teman-teman pakai.

Kebiasaan mengatur atau mengelola uang harus diterapkan oleh orang-orang saat usia muda. Teman-teman harus bisa memisahkan mana dana kebutuhan, mana dana darurat, dan mana dana yang akan ditabung atau diinvestasikan. Memang untuk mengelola atau mengatur uang tidak mudah karena akan selalu ada godaan, akan tetapi teman-teman juga harus mulai berpikir tentang masa depan. Nah bagi teman-teman yang belum tahu cara mengelola dan mengatur keuangan dengan baik, dibawah ini ada beberapa cara tepat mengatur dan mengelola keuangan pribadi dengan cerdas dan efektif.

Berikut Cara Tepat Mengatur dan Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Cerdas dan Efektif

1. Mulai Menabung dan Investasi

Seperti yang disebutkan diatas bahwa teman-teman harus menabung dan investasi agar teman-teman memiliki uang dikemudian hari. Menabung sendiri bisa dilakukan saat sekolah dasar bahkan bisa dari mulai saat ini. Anak-anak yang menabung saat sekolah dasar, uang tabungan mereka rata-rata milik orang tua. Mereka berpikir uang tersebut nantinya akan digunakan untuk memasukan anaknya ke sekolah menengah pertama dan membeli keperluan lainnya seperti alat tulis, seragam sekolah, dan untuk keperluan lainnya yang berhubungan dengan pendidikan. Selain disekolah menabung juga bisa dilakukan di Bank, orang tua, dan celengan.

Menabung saja tidak akan cukup karena bisa jadi uang yang teman-teman tabung akan mengecil nilainya karena efek dari inflasi. Teman-teman juga harus belajar investasi. Berbeda dengan menabung yang dimana nilainya dalam beberapa tahun kedepan akan mengecil dan mengurang, berinvestasi akan membuat uang kita bertambah. Saat ini ada banyak sekali media investasi ternama dan diawasi oleh badan hukum jadi aman untuk digunakan.

2. Jangan Berhutang Untuk Kepuasan Diri

Terkadang saat kita menginginkan suatu barang tetapi uangnya tidak cukup bahkan belum ada, opsi yang terpikirkan oleh kita ialah melakukan pinjaman. Berhutang untuk kebutuhan boleh saja, namun jika itu bertujuan untuk kepuasan diri maka hal tersebut tidak dianjurkan. Jika teman-teman saat ini memiliki hutang maka cepatlah untuk segera melunasinya karena jika teman-teman masih memiliki hutang teman-teman tidak akan bisa mengelola keuangan dengan baik. Ingat, keinginan teman-teman harus berdasarakan pendapat teman-teman sendiri.

3. Bedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Semua orang wajib membedakan antara kebutuhan dan keinginan agar bisa mengelola keuangannya dengan baik. Jika saat ini teman-teman berpacu pada keinginan saja, maka segeralah untuk berpikir ulang dan memikirkan masa depan teman-teman. Memang godaan itu selalu ada dan datang dari mana saja, namun teman-teman harus lebih mengutamakan kebutuhan daripada keinginan karena sebagai ciri orang yang cerdas, jangan sampai keinginan teman-teman melebihi uang yang teman-teman miliki.

4. Membuat Anggaran

Cara mengatur keuangan yang efektif berikutnya ialah teman-teman harus membuat anggaran bulanan secara teratur. Jika saat ini teman-teman masih belum memiliki anggaran, maka teman-teman bisa mulai dengan cara mencatat pengeluaran dan pemasukan teman-teman di bulan pertama. Sehingga teman-teman bisa mulai membuat anggaran di bulan kedua. Salah satu formula anggaran yang bisa teman-teman terapkan yaitu 4321. 40% untuk kebutuhan pribadi selama sebulan, 30% untuk biaya tanggungan atau lainnya, 20% untuk ditabung dan investasi, dan sisanya 10% untuk kebaikan seperti shodaqoh.

Komentar