Inilah 5 Tempat Wisata Paling Hits dan Terbaru di Kabupaten Bombana

Inilah 5 Tempat Wisata Paling Hits dan Terbaru di Kabupaten Bombana

Bangnanda.com - Kabupaten bombana merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi tenggara. Luas wilayah dari kabupaten bombana sendiri yaitu sekitar 3.316 km². Kabupaten ini terbentuk pada tahun 2003 berdasarkan Undang-Undang nomor 29 tahun 2003 yang merupakan hasil pemekaran dari kabupaten buton. Pada tahun 2020 lalu jumlah penduduk dari kabupaten bombana yaitu sebanyak 150.706 jiwa dengan kepadatan 45 jiwa/km2 dan lebih dari 90% penduduknya memeluk agama islam. Suku Moronene merupakan merupakan penduduk asli bombana sekaligus menjadi salah satu etnis terbesar di sulawesi tenggara.

Luas perairan di bombana lebih besar dan luas jika dibandingkan dengan luas daratannya, terdapat juga pulau-pulau kecil yang berpenghuni maupun tidak berpenghuni. Hal tersebut kemudian dimanfaatkan pemerintah setempat sebagai objek pariwisata guna menarik banyak wisatawan yang datang ke bombana dan mengetahui lebih lanjut mengenai kabupaten ini. Seperti yang diketahui jika pulau sulawesi menjadi salah satu daerah di indonesia yang memiliki keindahan tak terbayangkan salah satunnya yang terdapat di bombana. Maka tidak ada salahnya untuk sobat mencoba mengeksplor lebih jauh agar mengetahui keindahan alam indonesia lebih banyak lagi. berikut ini beberapa tempat wisata di bombana terbaru dan paling hits.

Inilah 5 Tempat Wisata Paling Hits dan Terbaru di Kabupaten Bombana

1. Desa Wisata Tangkeno

Terletak di Tangkeno, Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana, Desa Wisata Tangkeno menjadi salah satu destinasi wisata keluarga terbaik di kabupaten ini. Tempat wisata yang satu ini berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut sehingga dijuluki dengan sebutan negeri di awan, yang dimana sobat bisa melihat pemandangan sekitar yang indah di tempat ini. Selain menikmati pemandangan yang indah, di tempat ini juga sobat akan menemukan benteng-benteng tua yang merupakan situs peninggalan zaman dulu. Desa Wisata Tangkeno selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung terutama pada hari libur.

2. Pulau Motaha

Seperti yang sudah di jelaskan di atas jika dibombana terdapat pulau-pulau kecil yang berpenghuni ataupun tidak berpenghuni, beberapa pulau tersebut dijadikan sebagai objek wisata dan mendapa antusias yang begitu tinggi dari wisatawan, salah satu pulau yang wajib sobat kunjungi saat berada di bombana ialah Pulau Motaha yang terletak di Motaha, Kecamatan Kabaena Barat, Kabupaten Bombana. Berlibur ke pulau motaha akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan untuk sobat dan keluarga. 

Pulau Motaha sendiri memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan ditambah dengan keasrianya yang masih terjaga. Selain itu di tempat ini sobat juga akan menemukan sebuah danau yang bernama danau penyu. Danau ini sangat indah karena dikelilingi oleh batu karang sehingga membuat siapapun ingin berfoto dengan latar belakang danau penyu. Pepohonan rindang di sekitar pulau juga memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya sehingga membuat siapapun ingin berlama-lama ketika di pulau ini.

3. Bukit Teletubies Tinabite

Tempat wisata paling hits berikutnya di bombana adalah Bukit Teletubies Tinabite. Lokasi dari Bukit Teletubies Tinabite sendiri berada di Tinabite, Kecamatan Lantary Jaya, Kabupaten Bombana. Di tempat ini sobat akan disajikan dengan pemandangan perbukitan yang bewarna hijau luas yang cantik dan menawan serta memberikan kesan seakan berlibur di luar negeri. Tentu saja alasan yang paling utama pengunjung datang ke bukit ini adalah untuk berfoto dan menikmati pemandangan alamnya. Namun untuk bisa melakukan kedua hal tersebut sobat membutuhkan perjuangan yang lumayan cukup panjang.

4. Air Terjun Lameroro

Di bombana terdapat beberapa wisata air terjun yang wajib sobat kunjungi, salah satu wisata air terjun yang cukup terkenal yakni Air Terjun Lameroro. Sama halnya seperti air terjun biasanya, air terjun ini berada di tengah hutan sehingga menghadirkan udara yang sejuk dan pemandangan asri yang eksotis. Meskipun lokasinya berada di tengah hutan, akan tetapi akses untuk menuju air terjun ini cukup mudah. Di tempat ini sobat juga bisa berenang, namun harus tetap hari-hati karena aliran sungainya yang cukup deras. Air Terjun Lameroro terletak di Ulungkura, Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana.

5. Hutan Bakau Pulau Kabaena

Bagi teman-teman yang ingin mengajak pasanganya berlibur, maka sangat disarankan untuk datang ke Hutan Bakau Pulau Kabaena karena tempatnya cukup romantis dan bagus dari segala sisi. Selain itu tempat ini juga menjadi rekomendasi paling utama bagi sobat yang menyukai kegiatan berpetualang dan berdekatan dengan alam. Sobat bisa menikmati keindahan hutan bakau ini dari dekat melalui jembatan kayu. Untuk lokasinya sendiri, Hutan Bakau Pulau Kabaena berada di liya mawi, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Bombana.

Komentar