Daftar Tempat Wisata Terpopuler dan Terhits di Bolaang Mongondow Utara Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Daftar Tempat Wisata Terpopuler dan Terhits di Bolaang Mongondow Utara Yang Wajib Untuk Dikunjungi

Bangnanda.com - Bolaang Mongondow Merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi utara. Luas total dari kabupaten bolaang mongondow sendiri yaitu sekitar 1.856,86 km2 dan jumlah populasi sebanyak 83.112 jiwa dengan angka kepadatan penduduk 45 jiwa/km2. Kabupaten Bolaang mongondow sendiri sudah berdiri pada tahun 2007 setahun lebih awal dari kabupaten bolaang mongondow timur dan selatan yang dimana dua kabupaten tersebut berdiri dan diresmikan pada tahun 2008. Masyarakat sulawesi utara sendiri menyebut bolaang mongondow utara dengan beberapa sebutan, diantaranya Bolmut, Bolmong Utara, Binadow/Binadou  dan Bulango Mongonu Utara.

Berbicara mengenai pariwisata, kabupaten bolaang mongondow sendiri memiliki beragam macam jenis wisata yang indah dan menakjubkan yang siap menemani sobat selama liburan. Tak sedikit wisatawan luar daerah atau bahkan mancanegara berdatangan ke bolaang mongondow karena ingin merasakan langsung keindahan alam yang ada di kabupaten ini. Liburan di bolaang mongondow utara tidak akan membuat sobat menyesal, selain disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan menarik, sobat juga bisa menemukan hal lainnya seperti kuliner dan mengenal budaya yang ada di kabupaten ini. Berikut ini daftar tempat wisata terpopuler dan terhits di bolaang mongondow utara yang wajib sobat kunjungi.

Daftar Tempat Wisata Terpopuler dan Terhits di Bolaang Mongondow Utara Yang Wajib Untuk Dikunjungi

1. Pantai Tanjung Buaya

Berlokasi di Iyok, Kecamatan Bolang Itang Bar., Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, pantai tanjung buaya menjadi tempat yang wajib sobat kunjungi saat berada di bolaang mongondow utara. Salah satu alasan mengapa pantai ini disebut sebagai pantai tanjung buaya adalah karena memiliki sisi pantai yang bentuknya mirip buaya. Namun sayangnya kini batu tersebut sudah hancur dihempaskan oleh ombak. Selain indah dan menawan, pantai ini juga sangat mudah untuk diakses karena berdekatan dengan jalan trans sulawesi. 

2. Pantai Tanjung Dulang

Selain berkunjung ke pantai buaya, tak lupa juga untuk berkunjung ke pantai tanjung dulang yang terletak di Desa Solo, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Sama halnya seperti pantai tanjung buaya, pantai tanjung dulang juga memiliki lokasi yang cukup strategis sehingga mudah di jangkau. Banyak wisatawan yang berdatangan ke pantai ini karena ingin merasakan dan melihat langsung keindahannya. Selain memiliki panorama yang memukau, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang lumayan cukup panjang yaitu sekitar 2 KM.

3. Air Terjun Batunangan

Meskipun Bolaang mongondow utara terkenal akan pantai-pantainnya yang indah, namun siapa sangka jika di kabupaten ini juga terdapat berbagai wisata yang cukup unik dan tidak kalah populer, contohnya ialah Air Terjun Batunangan yang terletak di Desa Sidodadi, Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Yang unik dari air terjun ini ialah terdapat dua aliran air terjun yang disekat oleh batu sehingga masyarakat sekitar mengibaratkan air terjun tersebut sedang berpacaran bahkan ada yang menyebutnya juga sebagai air terjun kembar. Meskipun lokasinya tersembunyi akan tetapi air terjun ini diserbu oleh pengunjung dari berbagai daerah setiap harinnya.

4. Pulau Keramat

Pulau Keramat sendiri merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni. Lokasi dari pulau ini sendiri berada di di desa Buko, Kecamatan Pinogaluman, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Meskipun merupakan pulau yang tidak berpenghuni, akan tetapi pulau ini sangat aman untuk dikunjungi, bahkan pulau ini menjadi salah satu tempat wisata terpopuler dan terhits di kabupaten ini. Meskipun biaya untuk bisa sampai ke pulau ini cukup mahal karena menghabiskan uang sekitar 300 hingga 500 ribu rupiah, akan tetapi keindahan yang ditawarkan pulau ini tidak akan membuat sobat menyesal. Sobat akan disuguhkan dengan pemandangan bentangan biru yang luas dan perbukitan yang berjejer rapi.

5. Bendungan Pangkusa

Tempat wisata terpopuler dan terhits yang terakhir di bolaang mongondow utara ialah bendungan pangkusa yang berlokasi di Kecamatan Sangkub, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Bendungan pangkusa sendiri merupakan Salah satu bendungan terbesar yang ada di sulawesi utara. Pada awalnya bendungan ini hanya dibangun untuk mengendalikan banjir dan mengairi persawahan di sekitar, namun karena panorama alan di sekitar bendungan ini yang begitu indah sehingga tempat ini kini ramai oleh wisatawan apalagi pada saat matahari akan terbenam yang tentu saja menjadikan panorama di tempat ini semakin indah.

Komentar