Daftar Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia 2023, Ada Kotamu ?

Daftar Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia

Bangnanda.com - Sebagai salah satu pusat utama ekonomi, bisnis, dan industri di indonesia, pulau jawa menjadi salah satu tujuan utama bagi para perantau yang berasal dari luar pulau jawa. Banyak orang desa yang memilih merantau ke kota-kota besar agar bisa merubah nasib mereka di desa. Meskipun pulau jawa menjadi tujuan utama bagi para perantau, namun orang dari pulau jawa jjuga cenderung merantau ke luar pulau seperti sulawesi dan sumatera. Salah satu alasan mengapa kota-kota besar menjadi tujuan utama adalah karena banyaknya lapangan pekerjaan dengan beragam gaji yang ditawarkan, teman-teman juga bisa memilih jenis pekerjaan mana yang teman-teman inginkan sesuai dengan minat dan bakat.

Jika teman-teman saat ini memiliki rencana untuk merantau ke kota-kota besar, teman-teman harus menyiapkan mental yang kuat dan juga harus siap menerima tekanan selama bekerja, selain itu teman-teman juga harus menentukan kota mana yang ingin teman-teman singgahi. Meskipun gaji di kota-kota besar terbilang tinggi tentu saja biaya hidup kesehariannya juga tinggi, bahkan harga barang juga cenderung mahal, maka dari itu teman-teman harus pandai dan tidak boros jika teman-teman ingin mendapatkan hasil yang lumayan selama di perantauan. Berikut ini beberapa kota di indonesia dengan biaya hidup yang mahal.

Daftar Kota Dengan Biaya Hidup Termahal Di Indonesia

1. Jakarta

Selain terkenal sebagai kota yang padat penduduk, hingga saat ini jakarta juga masih menjadi kota dengan biaya hidup termahal di indonesia. Salah satu alasan mengapa jakarta menjadi kota terpadat dan kota dengan biaya hidup termahal adalah karena jakarta merupakan kota terbesar di indonesia sekaligus juga ibukota indonesia. Meskipun biaya hidup di kota ini mahal namun tidak sedikitpun mengurungkan niat pendatang yang ingin sukses di jakarta. Total rata-rata pengeluarkan per kapita di kota ini ialah Rp. 4.446.700. Jadi jika teman-teman ingin hidup layak, maka teman-teman harus mendapatkan gaji di angka sebesar itu atau lebih.

2. Surabaya

Surabaya menempati posisi kedua sebagai kota dengan biaya hidup termahal di indonesia. Hal tersebut bukanlah hal yang aneh dikarenakan surabaya sendiri merupakan kota terbesar kedua di indonesia sekaligus ibukota dari provinsi jawa timur. Terlebih lagi surabaya juga masuk dalam datar kota metropolitan di indonesia sama halnya jakarta, bandung, makasar, dan kota-kota besar lainnya. Perlu teman-teman ketahui, total rata-rata pengeluaran per kapitanya di kota ini adalah Rp 4.240.902. Sedangkan, untuk total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah Rp 16.115.429.

3. Bekasi

Bekasi menjadi kota yang cukup ramai dibicarakan oleh para perantau sama halnya jakarta dan surabaya. Meskipun bekasi bukan ibukota provinsi seperti jakarta dan surabaya, namun kota ini menjadi salah satu kota terpadat di jawa barat dan kota terpanas. Di kota ini ada banyak sekali kawasan industri besar yang dimana ini dijadikan peluang untuk para perantau dalam mencari peruntungan. Total rata-rata pengeluaran per kapita di Bekasi adalah sebesar Rp 4.119.168. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 16.888.582.

4. Depok

Kota berikutnya dengan biaya hidup termahal di indonesia yaitu depok. Kota ini merupakan bagian dari provinsi jawa barat juga merupakan bagian dari kawasan metropolitan Jakarta Raya dan berada di bagian selatan Jakarta. Di depok, teman-teman bisa menemukan banyak sekali perusahaan asing yang beroperasi. Total rata-rata pengeluaran per kapita di Depok sendiri yaitu sebesar Rp 3.424.560. Sedangkan, total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 13.355.784.

5. Semarang

Semarang merupakan ibu kota provinsi jawa tengah sekaligus menjadi pusat pemerintahan dan perekonomianya. Kota semarang terkenal akan julukannya yaitu kota lumpia. Selain itu semarang juga menjadi kota metropolitan terbesar kelima di indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Total rata-rata pengeluaran per kapita di kota Semarang yaitu sebesar Rp 3.257.315. Sedangkan untuk total rata-rata pengeluaran rumah tangganya yaitu sebesar Rp13.680.725.

6. Tangerang

Tangerang sendiri merupakan salah satu kota yang terletak di provinsi banten, tepatnya di sebalah barat jakarta. Sama halnya seperti jakarta, tangerang juga menjadi salah satu kota yang penduduknya lumayan padat. Bahkan pada tahun 2020 lalu jumlah penduduk kota tangerang yaitu sebanyak 2,274 juta dengan angka kepadatan 12.041 jiwa/km². Untuk rata-rata pengeluaran per kapita di Tangerang sendiri yaitu sebesar Rp 3.287.159. Sedangkan, untuk total rata-rata pengeluaran rumah tangganya yaitu sebesar Rp 12.491.204.

7. Makasar

Makasar sendiri menjadi kota ketujuh diantara daftar kota dengan biaya hidup termahal di indonesia, selain itu makasar juga menjadi satu-satunya kota dari luar pulau jawa yang masuk kedalam daftar. Kota makasar dulunya memiliki nama lain yaitu Ujung Pandang. Selain itu fakta menarik lainnya mengenai kota ini yaitu makasar menjadi kota metropolitan terbesar di indonesia timur. Total rata-rata pengeluaran perkapita di kota makasar yaitu sebesar Rp 3.253.338. Sedangkan untuk total rata-rata pengeluaran rumah tangganya adalah sebesar Rp 14.640.022.

Komentar