6 Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Bireuen Aceh yang Wajib Untuk Dikunjungi

6 Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Bireuen Aceh yang Wajib Untuk Dikunjungi

Bangnanda.com - Selain terkenal karena tradisi dan budayanya, provinsi aceh juga dipenuhi dengan tempat-tempat yang indah dan memukau. Ada banyak sekali tempat wisata populer di provinsi ini yang terkenal hingga ke mancanegara. Tempat-tempat tersebut tentunya tidak berada dalam satu daerah melainkan tersebar di setiap daerah provinsi aceh. Kabupaten Bireuen merupakan satu dari sekian banyak daerah di provinsi aceh yang memiliki sederat destinasi wisata unik dan menarik. Kabupaten yang memiliki luas sekitar 1.798 km² adalah hasil pemekaran dari kabupaten aceh utara dan resmi menjadi daerah otonom sejak 1999. Perlu sobat ketahui, bahwa kabupaten Bireuen termasuk salah satu daerah yang cukup bersejarah karena pernah ditetapkan sebagai ibukota Republik Indonesia.

Selain memiliki sejarah yang panjang kabupaten bireuen juga terkenal akan penduduknya yang ramah-ramah karena sudah menjadi ciri khas warga aceh, hal tersebut secara tidak langsung membuat banyak wisatawan berdatangan ke aceh karena disambut dengan baik. Seperti yang diketahui bahwa aceh sendiri terkenal akan julukanya yaitu serambi mekkah, hal tersebut lantaran budaya islamnya yang kental. Maka saat berkunjung ke daerah aceh sobat akan menemukan banyak sekali masjid dengan gaya timur tengah. Jika sobat sedang mencari tempat wisata di aceh khususnya daerah bireuen, bisa sobat simak dibawah ini beberapa tempat wisata terbaik dan terindah di bireuen aceh yang sayang untuk dilewatkan.

6 Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Bireuen Aceh yang Wajib Untuk Dikunjungi

1. Pantai Peuneulet Baroh

Hal pertama kali yang wajib sobat lakukan saat menginjakan kaki di bireuen ialah berkunjung ke Pantai Peuneulet Baroh yang terletak di Desa Peuneulet Baroh, Kecamatan Simpang Mamplam, Kabupaten Bireuen. Selain terkenal akan keindahanya, Pantai Peuneulet Baroh juga menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit dan andalan di bireuen. Memiliki air yang jernih, pasir putih yang menghampar luas dan daun hijau dari pepohonan membuat suasana di pantai ini layaknya bak surga yang dicari oleh orang-orang. Namun untuk bisa menikmati keindahan pantai ini sobat harus melalui perjalanan yang cukup jauh karena lotaknya cukup jauh dengan pusat kota yaitu sekitar 38 KM.

2. Cot Panglima

Tempat wisata terbaik dan terindah berikutnya di bireuen ialah Cot Panglima. Cot Panglima sendiri merupakan puncak bukit dari panglima yang dimana biasanya dijadikan orang-orang sebagai rute trekking mini. Bagi sobat yang masih awam dalam hal trekking maka berkunjung ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat. Karena selain bisa belajar treking sobat juga akan disajikan dengan view alam yang begitu indah. Meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota namun tempat ini juga masih menjadi pilihan utama wisatawan. Lokasi dari Cot Panglima berada di Suka Tani, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen.

3. Wisata Air Krueng

Destinasi wisata yang satu ini sebenarnya cukup sederhana bahkan biasa saja yaitu berupa aliran sungai jernih. Namun yang menjadikan tempat ini istimewa yaitu karena memiliki view indah dan memesona yang membuat siapapun terpana. Tak hanya itu saja tempat ini juga dikelilingi pepohonan hijau disisi kanan dan kirinya yang menjadikan suasana disini terasa segar dan sejuk. Namun sayangnya tempat wisata ini masih banyak yang belum mengetahuinya karena. Wisata Air Krueng sendiri terletak di Krueng Simpo, Kecamatan Juli, Kabupaten Bireuen.

4. Pante Karya

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat berada di bireuen adalah Pante Karya yang beralamat di Pante Karya, Kecamatan Peusangan Siblah Krueng, Kabupaten Bireuen. Dari namanya mungkin sobat menyimpulkan bahwa lokasi yang satu ini berupa pantai. Namun hal tersebut salah besar, Pante karya sendiri merupakan sebuah sungai indah dengan bebatuan unik bisa dibilang hampir persis seperti Wisata Air krueng. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bagi sobat yang ingin mencari suasana tenang di luar perkotaan. Namun sayangnya Pante Karya bukan tempat yang cocok untuk berenang, para pengunjung yang datang kesini biasanya bermain air atau duduk santai saja dan memancing.

5. Air Terjun Ceuraceu

Meskipun ketenaran pantai berada di atas air terjun namun sobat juga sekali-kali harus merasakan liburan di air terjun agar tahu air terjun juga memiliki daya tarik dan keindahanya tersendiri. Di bireuen ada bnayak sekali air terjun yang dijadikan sebagai objek wisata, salah satunya ialah Air Terjun Ceuraceu yang terletak di SamaGadeng Kecamatan Pandrah, Kabupaten Bireuen. Air Terjun Ceuraceu memiliki tebing yang cukup tinggi dan mempesona dengan aliran air yang tidak terlalu deras. banyak pengunjung yang datang ke air terjun ini untuk bermain air sembari menikmati keindahan alam sekitar dan tentunya berfoto dengan latar belakang dari Air Terjun Ceuraceu.

6. Pantai Kuala Raja

Selaian berkunjung ke Pantai Peuneulet Baroh, tak lupa juga untuk sobat merasakan sensasi liburan di Pantai Kuala Raja. Saat akan berkunjung ke Pantai Kuala Raja, pastikan datang bersama pasangan, keluarga, ataupun teman agar bisa menikmati setiap momennya. Hal menarik dari pantai ini yaitu banyaknya gazebo dan pulau kecil di sekitarnya yang tentunya membuat panorama sekitar pantai terlihat sangat indah. Selain itu pantai ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terawat yang membuat siapapun nyaman saat berada di area pantai.

Komentar