Wajib Untuk Dikunjungi, 7 Tempat Wisata di Kabupaten Blitar Jawa Timur Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Wajib Untuk Dikunjungi, 7 Tempat Wisata di Kabupaten Blitar Jawa Timur Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

Bangnanda.com - Kabupaten blitar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi jawa timur. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 1.588,79 km2. kecamatan Kanigoro menjadi ibukota dari kabupaten yang satu ini. Diketahui pada tahun 2020 lalu jumlah penduduk kabupaten blitar yaitu sebanyak 1.223.745 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 770 jiwa/km2.

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan kabupaten kediri di sebelah utara dan barat, kabupaten malang disebelah utara dan timur, samudra hindia di sebelah selatan, dan kabupaten tulungagung disebelah barat. Seperti yang diketahui bahwa jawa timur, jawa tengah dan, jawa barat dipenuhi oleh dataran tinggi. maka tidak usah heran jika di ketiga provinsi tersebut banyak sekali aktifitas vilkanik yang terjadi. Dengan banyaknya aktivitas vulkanik yang terjadi maka tanah-tanah juga akan menjadi subur dan cocok untuk pertanian.

Baik kota mapun kabupaten, blita menjadi salah satu tempat favorit untuk liburan keluarga. Ada banyak sekali hal tempat-tempat menarik dan juga hal-hal unik yang dapat sobat temukan saat berada di daerah yang satu ini. Wisata di kabupaten blitar tidak kalah seru dan indah dari wisata-wisata lainnya yang ada di provinsi jawa timur. Sesekali agar beban pikiran lepas dan rasa strees hilang sobat harus sedikit liburan dengan mengajak keluarga. Untuk lebih jelasnya bisa sobat simak dibawah ini tempat wisata di kabupaten blitar jawa timur yang cocok untuk liburan keluarga.

Wajib Untuk Dikunjungi, 7 Tempat Wisata di Kabupaten Blitar Jawa Timur Yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

1. Pantai Tambakrejo

Tempat wisata pertama di kabupaten blitar yang rekomended banget sebagai tempat liburan keluarga adalah Pantai Tambakrejo. Pantai ini terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Meskipun pantai ini berbatasan langsung dengan pantai selatan yang memiliki ciri khas ombak ganas, namun karena pantai ini menyerupai teluk maka ombak di pantai ini lebih kecil. Selain bersantai dan menghirup udara pantai si tempat ini sobat juga bisa melakukan banyak hal salah satunya yaitu bermain pasir, menelusuri garis pantai, dan memancing. Pantai ini sudah diakui oleh banyak orang sebagai salah satu lokasi pemancingan terbaik.

2. Pantai Umbul Waru

Pantai yang terletak di Kalibawang, Sidomulyo, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar ini memiliki pesona yang luar biasa sekaligus menjadikanya tempat wisata terfavorit dan unggulan di kabupaten blitar. Bagi yang sudah pernah berkunjung ke pantai ini mungkin saat ini sobat memiliki rencana untuk kembali berkunjung ke Pantai Umbul Waru karena menghadirkan pemandangan laut yang tidak akan terlupakan. Di pantai ini sobat bisa berenang di pinggir laut sambik duduk disamping tebing menikmati angin pantai dan suara deburan ombak. Saat berada di pantai ini sobat harus mendaki sebuah bukit kecil agar bisa menikmati view foto terbaik dan menikmati pemandangan laut yang tenang dan menyegarkan.

3. Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad

Tempat wisata berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad. Tempat wisata yang satu ini memiliki konsep pedesaan yang sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Suasana asri dan tenang dari tempat ini dapat membuat siapapun nyaman dan ingin berlama-lama ketika menginjakan kaki di kampung wisata ini. Selain menikmati pemandangan hijau sekitar, di tempat ini sobat juga bisa menikmati berbagai hidangan kuliner saat perut lapar. Karena menghadirkan suasana tenang dan nyaman membuat tempat ini cocok untuk menenagkan diri dan menghilangkan penat. Letak dari Kampung Wisata Ekologis Puspa Jagad berada di Tegalrejo, Kecamatan Semen, Gandusari, Kabupaten Blitar.

4. Kampung Coklat

Kampung Coklat merupakan salah satu tempat wisata keluarga terfavorit di blitar. Karena di tempat ini selain bermain sobat juga bisa mengajak sikecil untuk belajar mengenai bagaimana cara mengolah coklat mulai dari proses penjemuran biji hingga menjadi coklat. Di tempat ini sobat bisa menemukan berbagai jenis coklat yang mungkin sedang teman-teman cari dan inginkan. Coklat-coklat di tempat ini berasal dari perkebunan coklat yang ada di tempat ini. Kampung coklat berada di Jalan Banteng-Blorok No. 18, Desa Plosorejo, RT. 01/06, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar.

5. Goa Embultuk

Seperti yang diketahui bahwa goa merupakan tempat yang gelap dan juga lembap tak sedikit orang-orang yang tidak menyukai berwisata ke goa, goa sendiri bisa terbentuk secara alami ataupun buatan. Namun dibalik gelap dan lembapnya goa terdapat sebuah keindahan yang jarang diketahui oleh banyak orang. Setiap goa di indonesia memiliki keunikanya dan ciri khasnya tersendiri. Goa Embultuk merupakan salah satu goa yang memiliki sejarah panjang. Goa ini dilunya merupakan tempat persembunyian dari partai sayap kiri yang berencana melakukan kudeta kala itu. Letak dari Goa Embultuk sendiri berada di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar.

6. Jurug Bening

Jurug Bening sendiri merupakan salah satu air terjun yang cukup ternama di kabupaten blitar. Air terjun ini berada di Sumberurip, Purworejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar. Di tempat ini sobat bisa melihat secara langsung keindahan dari air terjun ini tanpa harus mendangak ke atas karena ketinggian dari air terjun ini lumayan rendah. Suasana alam sekitar yang masih asri dan suara air terjun yang deras membuat siapapun menjadi nyaman dan tenang saat berada di sekitar air terjun ini. Untuk bisa sampai ke air terjun ini sobat harus melalui jalan persawahan yang licin sehingga sobat harus hati-hati agar tidak terpelesat. Air yang mengalir di Jurug Bening juga biasa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk kebutuhan hidup sehari-hari, mak dari itu jagalah kebersihan saat sobat berkunjung ke tempat ini.

7. Telaga Rambut Monte

Tempat wisata terakhir yang cocok untuk liburan keluarga di kabupaten blitar adalah Telaga Rambut Monte. Telaga yang beralamat di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar ini merupakan telaga alami yang memiliki air jernih yang bersumber langsung dari mata air setempat. Telaga Rambut Monte juga menjadi salah satu spot foto favorit dan wisata unggulan wisatawan karena suasana alam sekitarnya yang menenangkan dan menyejukan. Di telaga ini sobat dan keluarga juga akan menemukan sebuah perkebunan teh yang bisa dijelajahi.

Komentar