Inilah Tempat Wisata di Bintan Kepulauan Riau yang Sedang Hits Terbaru 2023

Inilah Tempat Wisata di Bintan Kepulauan Riau yang Sedang Hits Terbaru 2023

Bangnanda.com - Bintan merupakan sebuah nama kabupaten yang terletak di provinsi kepulauan riau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 1.318 km²  serta jumlah penduduk sebanyak 165.920 jiwa dengan kepadatan penduduk 126 jiwa/km². Perlu sobat ketahui sebelum dikenal dengan nama bintan, dulunya daerah tersebut memiliki nama kepulauan riau. Alasan mengapa nama dari daerah ini diganti yang tadinya kepulauan riau menjadi bintan dimaksudkan agar tidak timbul kerancuan antara provinsi Kepulauan Riau dan kabupaten Kepulauan Riau dalam hal administrasi dan korespondensi sehingga nama kabupaten Kepulauan Riau diganti menjadi kabupaten Bintan.

Potensi yang ada dikabupaten ini bisa dikatakan cukup lengkap, mulai dari bidang industri, perikanan, pertambangan, peternakan, serta bidang pariwisata semua bisa sobat temukan. Akan tetapi bidang pariwisata menjadi yang palin mencolok diantara yang lainnya. Bintan memiliki iklim dan kondisi alam yang eksotis, hal tersebutlah yang mengundang banyak wisatawan untuk datang ke bintan, baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi sobat yang berada di luar bintan dan memiliki rencana untuk liburan bersama keluarga, mungkin sobat bisa mempertimbangkan untuk liburan ke bintan. Hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali tempat-tempat indah di bintan yang tersebar di setiap daerahnya. Berikut ini daftar tempat wisata di bintan kepulauan riau yang sedang hits terbaru 2023.

Inilah Tempat Wisata di Bintan Kepulauan Riau yang Sedang Hits Terbaru 2023

1. Pelabuhan Bandar Bentan Telani

Di tempat ini sobat bisa melakukan aktifitas yang sangat jarang sekali untuk dilakukan pada tempat wisata lainnya, yaitu menaiki kapal feri. Letak dari Pelabuhan Bandar Bentan Telani sendiri berada di Jalan Raja Haji Teluk Sebong, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, selain itu lokasi dari tempat ini juga cukup unik karena berada pada sebuah pulau yang menghubungkan dengan tanah merah di Singapura. Ada banyak sekali pilihan penyebrangan feri yang tersedia setiap minggunya. Selama penyebrangan sobat bisa menikmati keseruan sembari menikmati pemandangan laut yang sangat indah dan menenangkan. Hal tersebut bisa menjadi sebuah momen yang tidak terlupakan dalam kehidupan.

2. Crystal Lagoon

Hingga saat ini pantai menjadi tujuan wisata yang menarik dan tidak tergantikan apalagi jika pantai tersebut memiliki air yang begitu jernih, pastinya pantai tersebut akan ramai dikunjungi. Namun tahukah sobat, bahwa di bintan terdapat sebuah wisata yang menarik banyak perhatian yang menawarkan pemandangan layaknya di lautan, meskipun begitu tempat tersebut bukanlah lautan alami melainkan lautan buatan pertama, nama dari lautan buatan tersebut yaitu Crystal Lagoon. Crystal Lagoon juga menjadi menjadi laut buatan paling indah se Asia Tenggara. Luas dari pantai buatan ini yaitu sekitar 6,3 hektar.

Di lautan buatan ini sobat bisa melakukan banyak hal, salah satunya yaitu sport water atau olahraga air mulai dari flyboard ride, kano dan lainnya tersedia di area kolam. Jika sobat ingin menikmati tempat ini secara lebih lagi, sobat bisa menyewa scooter listrik agar bisa merasakan langsung luasnya lautan buatan yang satu ini. Lokasi dari Crystal lagoon berada di Jalan Raja H. No.KM 01, Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan.

3. Pantai Trikora

Pantai Trikora merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal dan ternama di bintan. Pantai ini terletak di Trikora, Kawal, Kecamatan Gunung Kijang, Kabupaten Bintan. Salah satu alasan mengapa sobat wajib banget untuk datang ke pantai ini adalah karena keindahan batu granit yang sangat eksotis. Banyak pengunjung yang berfoto sembari menikmati keindahan pantai ini secara rilek dan santai karena suasanaya yang cocok untuk menghilangkan penat dan lelah. Selain terkenal karena keeksotisan batu granitnya, pantai trikora juga terkenal karena memiliki garis pantai yang cukup panjang yang tentunya bisa sobat jelajahi. Beberapa aktifitas yang bisa sobat lakukan saat berada di pantai trikora yaitu snorkling, berjemur, berenang, bermain pasir, dan berteduh di pondokan untuk menghindari sinar matahari

4. Gurun Pasir Busung

Terletak di Jalan Raya Busung, Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan, gurun pasir busung menjadi salah satu lokasi spot foto terfavorit yang ada di bintan. Gurun pasir ini terlihat indah dan memukau jika sobat datang pada siang hari karena pasirnya bewarna putih sangat berkilau saat terkena sinar matahari.. Sekalinya sobat berkunjung ke tempat ini maka sobat akan berpkir untuk datang kembali lagi. Suasana yang ada di gurun pasir ini juga bisa dikatakan mirip dengan gurun pasir yang ada di asia timur seperti arab. Perlu sobat ketahui bahwa dulunya gurun pasir ini merupakan tempat penambangan bauksit.

5. Rumah Arang

Tak hanya terkenal oleh keindahan alamnya saja, bintan juga memiliki sederet destinasi wisata unik, salah satunya yaitu Rumah Arang yang beralamat di Busung, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kabupaten Bintan. Pada awalnya rumah-rumah yang berbentuk kubah yang ada di daerah ini dijadikan sebagai tempat pembuatan arang oleh warga suku laut. Namun seiring berjalanya waktu rumah-rumah tersebut ditinggalkan begitu saja. Akan tetapi beberapa orang mulai menjadikan rumah arang sebagai lokasi berfoto dengan latar bangunan yang seperti kubah tersebut. Tidak sedikit orang-orang yang berdatangan ke tempat ini untuk berfoto sembari mencari ketenangan dengan menikmati alam sekitar yang lumayan asri.

Komentar