6 Tempat Wisata di Bengkayang Kalimantan Barat Terbaru dan Terhits yang Patut Dicoba Saat Berlibur

objek wisata terbaru dan terhits di bengkayang

Bangnanda.com - Bengkayang merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi kalimantan barat tepatnya di bagian utara kalimantan barat. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten sambas dengan luas wilayah sekitar 5.396,30 km2 dan jumlah penduduk sebanyak 289.587 jiwa di tahun 2021 lalu.

Selain itu kabupaten bengkayang juga menjadi pembatas antara negara indonesia dan serawak-malaysia di sebelah utara perbatasan dari kabupaten ini. Meskipun secara keseluruhan kabupaten ini berupa daratan dan perairan, akan tetapi di kabupaten ini juga terdapat sejumlah pulau kecil, tercatat ada sekitar 12 pulau di kabupaten ini. 5 pulau masih belum berpenghuni sedangkan 7 pulau sudah berpenghuni.

Meskipun pulau kalimantan terkenal akan hutan dan sungainya, namun siapa sangka wisata bahari di pulau ini juga menarik untuk dijelajahi karena potensinya yang sangat besar apabila dikembangkan dengan serius. Tak hanya wisatanya saja, kabupaten bengkayang juga terkenal karena kontur tanahnya yang bervariasi yang membuat tingkat kesuburan tanah di kabupaten ini cukup tinggi. Maka dari itu masyarakat di bengkayang banyak yang terjun ke sektor pertanian karena cukup menjanjikan. Namun satu hal yang membuat daerah ini tertinggal di bandingkan daerah lainnya yaitu pada sektor pembangunanya.

Tak sedikit wisatawan yang pergi ke bengkayang untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarganya, baik itu wisatawan lokal ataupun wisatawan mancanegara. Ada beberapa tempat wisata unggulan di bengkayang yang wajib untuk dikunjungi saat sobat akan liburan ke daerah yang satu ini. Berikut beberapa tempat wisata di bengkayang kalimantan barat terbaru dan terhits yang wajib dikunjungi.

6 Tempat Wisata di Bengkayang Kalimantan Barat Terbaru dan Terhits yang Patut Dicoba Saat Berlibur

1. Pulau Randayan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa bengkayang memiliki sejumlah pulau, dari beberapa diantaranya ada yang dijadikan objek pariwisata dan salah satunya yaitu Pulau Randayan yang terletak di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang. Beberapa orang mengatakan bahwa liburan di pulau ini serasa liburan di raja ampat. Keindahan alam yang ada di pulau ini memang tidak bisa dipungkiri lagi, banyak orang yang terkagum-kagum dengan panorama alam yang dihadirkannya terlebih lagi keindahan panorama taman bawah air yang tidak kalah dengan yang ada di raja ampat.

Selain disajikan dengan keindahan alamnya, sobat juga akan merasakan keasrian pulau ini yang masih cukup terjaga karena bukan pulau yang berpenghuni. Meskipun pengelolaan tempat ini belum maksimal namun sudah banyak wisatawan yang terpikat akan pesona dari pulau yang satu ini.

2. Bukit Jamur

Bagi sobat yang menyukai penjelajahan dan pendakian maka sobat wajib banget untuk datang ke tempat wisata yang satu ini. Di bukit ini sobat akan menyaksikan berbagai macam pemandangan indah yang membuat mata terpana berupa jajaran pengunungan dengan lautan awan yang membentang luas, selain itu sobat juga bisa memandangan kota sekitar saat berada di bukit ini. Wajib banget untuk sobat dan keluarga mengabadikan momen di tempat ini dengan berfoto agar tidak menyesal dan bisa dijadikan suatu kenangan.

Sensasi yang dirasakan saat berlibur ke bukit ini ibarat berada di negari atas awan. Maka dari itu sobat akan menemukan deretan awan putih yang bertebaran di mana-mana. Akan tetapi untuk bisa menikmati keindahan tersebut membutuhkan perjuangan yang begitu besar untuk bisa sampai di puncak bukit ini. Lokasi dari Bukit Jamur sendiri berada di Bhakti Mulya, Kecamatan Bengkayang, Kabupaten Bengkayang.

3. Air Terjun Riam Merasap

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi adalah Air Terjun Riam Merasap. Air terjun ini terkenal karena panoramanya yang cukup menarik karena terbagi menjadi beberapa bagian air terjun. Lokasi dari Air Terjun Riam Merasap berada di Pisak, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang. Tebing dan bebatuan yang terbentuk secara alami menjadikan tempat ini terlihat indah dan menawan, bahkan beberapa orang menjadikanya sebagai spot untuk berfoto. Suasana di sekitar air terjun ini juga akan terasa rindang karena di penuhi oleh pepohonan, bahkan siapapun yang datang ke tempat ini akan dibuat nyaman dan tidak ingin pulang.

4. Hutan Adat

Selain Bukit Jamur, Hutan Adat juga menjadi tempat yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi bagi sobat yang suka petualangan. Hutan Adat memiliki luas sekitar 100 hektar dan terletak di Jalan Melayang, Bengkawan, Kecamatan Seluas, Kabupaten Bengkayang. Tempat ini juga samgat cocok dikunjungi bagi sobat yang ingin merasakan ketenangan dan penat akan suasana perkotaan. Akan tetapu untuk bisa sampai ke hutan ini cukup melelahkan karena jaraknya yang cukup jauh dari kota sekitar. Salah satu alasan mengapa hutan ini dinamakan hutan adat adalah karena hutan ini dijaga dengan baik secara adat.

Untuk bisa sampai ke hutan ini para pengunjung bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Salah satu hal yang wajib sobat lakukan di tempat ini yaitu Berkeliling hutan adat dengan menggunakan sampan untuk menikmati keindahan alam hutan adat yang masih sangat asri.

5. Pulau Lemukutan

Tak hanya Pulau Randayan, Pulau Lemukutan juga menjadi salah satu pulau yang wajib untuk dikunjungi. Meskipun namanya tidak sepopuler pulau Randayan, akan tetapi Pulau ini memiliki ciri khasnya tersendiri bahkan panorama alamnya juga tidak kalah menarik. Meskipun pulau ini memiliki penghuni, namun para wisatawan tetap bisa enjoy menikmati wisata yang satu ini. Salah satu aktifitas seru yang bisa sobat lakukan saat berada di pulau ini yaitu snorkeling karena panorama bawah airnya cukup mempesona untuk dinikmati. Letak dari Pulau Lemukutan berada di Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang.

6. Riam Madi

Tempat wisata terakhir yang wajib untuk dikunjungi adalah Riam Madi. Untuk sobat yang masih belum puas dengan wisata air maka sobat wajib untuk datang ke tempat yang satu ini. Riam Madi sendiri merupakan sebuah sumber air bersih untuk warga sekitar. Meskipun begitu tak sedikit orang yang mempir ke tempat ini untuk merasakan langsung panorama keindahan alamnya yang mempesona yang bisa membuat siapapun betah dan nyaman ketika datang ke tempat ini. Riam Madi sendiri terletak di Tiga Berkat, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang.

Komentar