6 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Boalemo Yang Sayang Untuk Dilewatkan

6 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Boalemo Yang Sayang Untuk DIlewatkan

Bangnanda.com - Boalemo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi gorontalo. Sebelum menjadi kabupaten, dulunya boalemo masuk dalam bagian kabupaten gorontalo. Boalemo baru menjadi kebupaten pada tahun 1999. Luas wilayah dari kabupaten ini yaitu kurang lebih sekitar 2.567,36 km2. Diketahui bahwa jumlah penduduk boalemo pada tahun 2021 lalu yaitu sebanyak 147,038 jiwa yang dimana hampir 90% lebih penduduk boalemo memeluk agam islam sementara untuk sisanya dari agam-agama lainnya. Letak dari kabupaten ini sendiri berada diantara dua kabupaten yaitu kabupaten gorontalo dan kabupaten pohuwato.

Banyak sekali hal dan fakta menarik mengenai kabupaten yang satu ini salah satunya dari segi pariwisata. Bagi sebagian wisatawan nama Boalemo sendiri menjadi salah satu tempat yang terdengar tidak begitu asing. Kabupaten ini menjadi salah satu lokasi liburan terbaik yang ada di provinsi gorontalo. Ada banyak sekali jenis pariwisata yang bisa sobat nikmati selama berlibur di boalemo, seperti wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam, dan wisata lainnya. Bagi sobat yang memiliki rencana untuk berlibur di boalemo, berikut ini rekomendasi tempat wisata terpopuler di boalemo yang sayang untuk dilewatkan.

6 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Boalemo Yang Sayang Untuk Dilewatkan

1. Pulau Cinta

Sangat disayangkan sekali rasanya jika sobat berlibur ke boalemo tanpa berkunjung ke pulau cinta. Pulau yang berlokasi di Patoameme, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo ini memiliki panorama alam yang mengagumkan dan mempesona. Suasana romantisme yang dihadirkan pulau ini membuatnya menjadi salah satu tempat yang wajib sobat kunjungi bersama pasangan. Bagi orang-orang yang berkunjung ke pulau ini rasanya mereka tidak ingin pulang dan ingin berlama-lama ketika berada di pulau ini.

Namun untuk hal tersebut sobat tidak perlu khawatir karena di pulau ini terdapat beberapa resort yang bisa digunakan untuk menginap dan menikmati keindahan pulau ini lebih lama. Tak hanya itu saja di tempat ini sobat juga bisa mencicipi berbagai hidangan kuliner khas gorontalo saat perut lapar.

2. Air Terjun Tenilo

Tempat wisata yang tidak kalah indah dan populer berikutnya ialah Air Terjun Tenilo yang terletak di Jalan Desa Tenilo, Kecamatan Dulupi, Kabupaten Boalemo. Meskipun tempat wisata ini belum diketahui oleh banyak orang dan kurang mendapat perhatian dari pemerintah setempat akan tetapi tempat ini memiliki pesona alam yang indah yang membuat siapapun betah dan ingin berlama-lama. Air Terjun Tenilo memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 25 meter. Orang-orang yang berkunjung ke air terjun ini biasanya mereka ingin menghilangkan penat dan mencari ketenangan. Saat berkunjung ke air terjun ini tak lupa untuk berfoto dengan latar belakang Air terjun tenilo.

3. Pantai Mananggu

Boalemo memiliki banyak sekali pantai indah yang menjadi tempat favorit untuk menghabiskan waktu diakhir pekan bersama keluarga. Salah satu pantai yang lumayan cukup terkenal di boalemo ialah Pantai Mananggu. Pantai ini beralamat di Jalan Desa Mananggu, Kecamatan Mananggu, Kabupaten Boalemo. Kondisi lingkungan dari pantai mananggu sendiri terbilang cukup alami karena masih sedikit orang-orang yang mengetahui akan tempat ini.

Beberapa orang yang berkunjung ke pantai ini mereka ingin mencari suasana damai sembari menikmati suara angin pantai dan deburan ombak. Pantai ini memiliki pasir putih yang sangat halus, air laut berwarna biru tenang dan beberapa pohon kelapa di sekelilingnya yang menambah keindahan pantai ini. Pantai mananggu juga menjadi salah satu tempat untuk dijadikan spot foto terbaik dan juga instagramable di boalemo. terutama pada saat sore hari.

4. Pantai Tenilo

Beberapa orang mengatakan bahwa suasana yang ada di Pantai Tenilo memiliki karakteristik seperti pantai-pantai yang ada di bali. Pantai ini tidak pernah sepi akan pengunjung, selalu ada saja orang yang berkunjung ke pantai ini meskipun hari sekolah dan hari kerja. Pesona dari pantai ini sangat mengagumkan karena memiliki pemandangan yang indah, sobat akan disajikan dengan pemandangan berupa perbukitan hijau. Selain itu pantai ini juga memiliki perairan dangkal dan luas serta pasir putih yang sangat halus. Lokasi dari pantai tenilo sendiri berada di Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo.

5. Pulau Idaman Boalemo

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat liburan di boalemo adalah Pulau Idaman Boalemo. Pulau Idaman Boalemo atau yang biasa disebut juga Pulau Mohupomba terletak di Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo. Untuk bisa sampai ke pulau ini dan menikmati keindahanya secara langsung sobat harus menyeberang dari Pelabuhan Tilamuta naik perahu. Sobat bisa memilih ingin naik speedboat atau ketinting, Waktu tempuh dari pelabuhan Tilamuta ke pulau idaman boalemo sendiri yaitu sekitar 15 menit. Selam perjalana sobat tidak akan merasa bosan karena ada banyak sekali keindahan yang bisa sobat lihat secara langsung.

6. Taman Laut Pulau Batila

Taman Laut Pulau Batila menjadi rekomendasi terakhir tempat wisata terpopuler yang ada di boalemo. Untuk bisa menikmati keindahan Taman Laut Pulau Batila sobat harus berkunjung ke Batila yang terletak di teluk tomini dan merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Lokasi dari Taman Laut Pulau Batila sendiri berada di Desa Panca, Kecamatan Paguat, Kabupaten Boalemo yang juga berbatasan dengan Kabupaten Pohuwato. Di tempat ini sobat bisa melihat berbagai jenis biota laut dan terubu karang yang sangat indah. Selain menikmati keindahan biola laut dan terumbu karang, sobat juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti berenang, bermain pasir, berkeliling pulau batila, dan berjemur.

Komentar