7 Rekomendasi Tempat Wisata Terhits di Bengkulu Selatan yang Wajib untuk Dikunjungi

tempat wisata di bengkulu selatan

Bangnanda.com - Bengkulu selatan merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi bengkulu. Luas wilayah dari kabupaten ini yakni sekitar 1.186,70 km2 dan memiliki jumlah populasi sebanyak 166.249 jiwa dengan kepadatan penduduk 140 jiwa/km2. Kabupaten bengkulu selatan tebagi menjadi 11 kecamatan yang diantaranya kecamatan manna, kecamatan kota manna, kecamatan pasar manna, kecamatan ulu manna, kecamatan pino, kecamatan pinoraya, kecamatan seginim, kecamatan bunga mas, kecamatan air nipis, kecamatan kadurang, dan kecamatan kadurang hilir. Selain memiliki wilayah yang luas, bengkulu selatan juga terkenal akan keindahan alamnya.

Ada banyak sekali tempat-tempat menarik yang bisa sobat temui saat berkunjung ke kabupaten yang satu ini terutama untuk liburan. Liburan sobat dan keluarga dijamin akan terasa menyenangkan karena akan disajikan oleh beragam keindahan. Tak hanya air terjun dan gunung saja, sobat juga bisa berwisata sembari belajar dengan mendatangi beberapa tempat yang memiliki sejarah cukup panjang. Pesona alam dari bengkulu selatan sendiri memiliki perbedaan dengan deretan alam sumatera lainnya. Maka dari itulah banyak sekali para pelancong yang datang ke kabupaten ini untuk liburan. Bagi sobat yang sedang mencari tempat wisata di bengkulu selatan yang saat ini sedang hits, berikut ini rekomendasi tempat wisata terhits di bengkulu selatan yang wajib untuk dikunjungi.

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terhits di Bengkulu Selatan yang Wajib untuk Dikunjungi

1. Lubuk Supit

Lubuk merupakan bagian sungai yang agak dalam atau sebuah cekungan dari sungai, cekungan-cekungan tersebut dapat memberikan pemandangan yang ciamik dan biasa digunakan pula oleh banyak orang untuk berfoto. Lubuk Supit menjadi salah satu tempat yang paling direkomendasikan untuk sobat kunjungi saat berada di bengkulu selatan. Himpitan dari dua tebing batu yang indah membuat banyak pengunjung tertarik untuk datang dan berwisata ke tempat yang satu ini. Suasana di sekitar lubuk juga akan terasa asri karena ada banyak sekali tumbuhan yang cantik. Lokasi dari lubuk supit sendiri berada di Desa Sukarami, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan.

2. Gua Suruman Kedurang

Rekomendasi tempat wisata terhits berikutnya ialah Gua Suruman Kedurang. Goa ini berada di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang, Kabupaten Bengkuulu Selatan. Para pengunjung yang datang ke goa ini akan dibuat terpukau oleh panorama dari goanya yang cukup indah. Meskipun goa ini berada di pinggir desa namun pengunjung yang datang ke tempat ini bisa dikatakan cukup banyak terutama di akhir pekan.

3. Pantai Pasar Bawah

Liburan akan terasa kurang rasanya jika sobat tidak datang ke pantai untuk menikmati berbagai momen bersama teman maupun keluarga. Salah satu pantai yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi di bengkulu selatan adalah Pantai Pasar Bawah yang beralamat di Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan. Pesona alam Pantai yang satu ini memang tidak ada duanya. Sobat akan dibuat takjub dengan keindahan pantai ini, banyak sekali pemandangan indah yang bisa sobat saksikan saat berlibur di pantai pasir bawah, diantaranya yaitu laut yang biru, pohon kelapa hijau dan langit yang cerah. Pemandangan-pemadangan tersebut akan lebih indah lagi apabila disaksikan pada sore hari karena suasananya terasa lebih romantis.

Salah satu alasan banyak pengunjung yang datang ke pantai ini adalah karena lokasinya yang cukup dekat dengan pusat kota ditambah dengan fasilitasnya yang lumayan cukup lengkap yang tentunya membuat siapapun akan merasa lebih nyaman dan praktis untuk dicapai. Letak dari pantai pasir putih sendiri berada di Pasar Bawah, Kecamatan Pasar Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

4. Bendungan Air Nipis

Bendungan Air Nipis terletak di Desa Sukarami, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan. Sejak zaman dulu hingga sekarang bendungan ini sudah terus aktif dan memberikan manfaat luar biasa bahkan membuat orang sekitarnya sejahtera. Saat ini bendungan air nipis menjadi salah satu objek wisata yang cukup disukai banyak orang karena memiliki pesonanya tersendiri. Para pengunjung yang datang ke bendungan ini dijamin akan nyaman dan betah karena tempat ini memiliki view dan latar yang sebagian besar masih hijau yang cocok dijadikan spot foto.

5. Sungai Manna

Tempat wisata berikutnya yang menjadi rekomendasi ialah Sungai Manna. Sungai ini terletak di Desa Tanjung Saung, Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan sekaligus menjadi salah satu wisata favorit yang ada di bengkulu selatan. Bagi sobat yang menyukai aktifitas arung jeram maka sobat wajib banget untuk datang ke tempat yang satu ini. Para pengunjung yang datang ke sungai ini mereka pastinya ingin merasakan aktifitas arung jeram secara langsung. Bagi seorang pemula yang melakukan aktifitas ini mungkin akan kesulitan berbeda dengan orang yang sudah berpengalaman dan terbiasa akan terasa seru dan menyenangkan.

6. Meriam Honisuit

Meriam Honisuit merupakan salah satu wisata sejarah asik yang patut untuk dikunjungi. Meriah ini merupakan peninggalan Inggris yang pernah menduduki kota Manna dalam waktu yang cukup sebentar saja. Ukuran dari Honisuit yaitu 3,4 meter untuk panjangnya dan 90 cm untuk lebarnya, serta untuk ukuran dapur mesiunya yaitu 2,5 meter. Bagi sobat yang suka dengan wisata sejarah maka sobat harus banget untuk datang ke wisata yang satu ini. Selain dijadikan sebagai lokasi untuk berfoto, tempat wisata ini juga dijadikan sebagai lokasi untuk bersantai. Meriam Honisuit terletak di Pagar Dewa, Kecamatan Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

7. Air Terjun Tiga Tingkat

Tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi yaitu Air Terjun Tiga Tingkat. Dari namanya sendiri sudah terpampang kalau air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang dimana tiap tingkatanya memiliki pesonanya tersendiri. Akan tetapi tingkatan-tingkatan tersebut bukan berada pada satu jalur namun ada pada satu deret atau satu baris yang sejajar, atau bisa dikatakan mirip dengan tiga sumber mata air. Selain itu disekitar air terjun ini juga terdapat sebuah tebing batu cantik yang tentunya menambah keindahan dari tempat ini. Letak dari Air terjun tiga tingkat berada di Desa Air Telam, Kecamatan Ulu Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan.

Komentar