Kiper Enggak Bisa Cetak Gol ? Berikut 6 Kiper Dengan Jumlah Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Sepakbola

Kiper Enggak Bisa Cetak Gol ? Berikut 6 Kiper Dengan Jumlah Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Sepakbola

Bangnanda.com - Kiper merupakan salah satu posisi dalam sepakbola yang bertugas untuk menjaga gawangnya agar tidak kebobolan. Pada kesebelasan pemain yang bermain dilapangan tentunya harus ada kiper agar pertahanan tetap stabil. Dalam posisi terbaiknya kiper bisa mengagalkan peluang-peluang yang akan masuk kegawangnya dengan aksi-aksinya yang memukau. Namun pada saat dalam keadaan buruk atau kemasukan banyak gol kiper sering kali disalhkan karena tidak becus dalam menjaga gawangnya. Maka dengan begitu munculah kata-kata seribu kebagikan akan terlupakan oleh satu kesalahan. Sebagai fans sepakbola yang baik, tugas kita ialah hanya terus memberikan dukungan terhadap pemain agar bisa terus bangkit terutama pada saat pemain tersebut sedang down.

DI era sepakbola modern saat ini, selain menjaga gawangnya agar tidak kemasukan kiper juga menjadi salah satu pemain yang berkontibusi untuk mencetak gol. Pada saat-saat tertentu kiper biasanya akan maju baik itu untuk mencetak gol maupun assist. Setelah ditelaah berabad-abad rupanya ada beberapa kiper yang berkontibusi untuk tim hingga puluhan gol, bahkan tidak sedikit gol yang telah ia cetak. Berikut ini nama-nama kiper dengan jumlah gol terbanyak sepanjang sejarah sepakbola.

Kiper Enggak Bisa Cetak Gol ? Berikut 6 Kiper Dengan Jumlah Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Sepakbola

1. Rogerio Ceni (131 Gol)

Rogerio Ceni adalah seorang mantan pemain sepak bola Brasil yang terkenal sebagai kiper. Dia dilahirkan pada tanggal 22 Januari 1973 di Pato Branco, Brasil. Ceni memulai kariernya di klub Sao Paulo pada tahun 1990 dan kemudian bermain untuk klub itu selama hampir 25 tahun.Ceni dikenal sebagai salah satu penjaga gawang paling sukses dalam sejarah sepak bola. Dia juga terkenal dengan kemampuan tendangannya yang kuat dan akurat, yang memungkinkannya mencetak lebih dari 100 gol dalam karirnya sebagai penjaga gawang.

Selama kariernya, Ceni memenangkan banyak gelar, termasuk tiga Piala Libertadores, tiga Piala Dunia Antarklub FIFA, dan delapan gelar Kejuaraan Brasil. Dia juga memenangkan banyak penghargaan individu, termasuk penghargaan Bola de Ouro sebagai pemain terbaik di Brasil pada tahun 2008.Ceni pensiun dari sepak bola pada tahun 2015 dan kemudian menjadi pelatih sepak bola. Dia saat ini adalah pelatih kepala klub Fortaleza di Brasil.

2. Jose Chilavert (67 Gol)

Jose Luis Felix Chilavert Gonzalez, atau yang lebih dikenal dengan nama Jose Chilavert, adalah mantan pemain sepak bola profesional dari Paraguay. Dia lahir pada tanggal 27 Juli 1965 di Luque, Paraguay.Chilavert terkenal sebagai kiper yang memiliki kemampuan menghasilkan gol dari tendangan penalti dan tendangan bebas. Selama kariernya, ia sering kali menjadi penendang penalti dan tendangan bebas utama bagi timnya, dan berhasil mencetak total 67 gol sepanjang kariernya.

Selama kariernya, Chilavert bermain untuk beberapa klub terkenal, termasuk San Lorenzo, Velez Sarsfield, Racing Club, dan Strasbourg. Dia juga menjadi kapten tim nasional Paraguay selama beberapa tahun dan turut membawa Paraguay mencapai perempat final Piala Dunia 1998.Selain prestasinya di lapangan, Chilavert juga dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Ia seringkali terlibat dalam konflik dengan lawan-lawannya di lapangan dan media. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa Chilavert adalah salah satu pemain sepak bola paling berbakat yang pernah ada dari Paraguay, dan ia telah meninggalkan warisan yang tak terlupakan dalam dunia sepak bola internasional.

3. Johnny Vegas (45 Gol)

Johnny Martín Vegas Fernández atau yang biasa diskenal dengan Johnny Vegas merupakan salah satu pesepakbola yang cukup sukses. Ia lahir pada 9 februari 1976 di Huancayo, Peru. Dalam karir sepakbolanya ia berposisi sebagai penjaga gawang. Bahkan bisa dibilang bahwa Johnny Vegas menjadi salah satu kiper yang sukses. Tak hanya menjaga gawang saja, Johnny vegas juga turut serta dalam mencetak gol meskipun hanya berposisi sebagai penjaga gawang. Jumlah gol yang ia cetak selama karir sepakbolanya yaitu 45 gol.

4. Dimitar Invakov (42 Gol)

Dimitar Ivanov Ivankov adalah seorang mantan pesepakbola Bulgaria yang lahir pada 30 Juli 1975 di Plovdiv, Bulgaria. Dia adalah seorang penjaga gawang yang dikenal karena kemampuan refleksnya yang cepat dan pergerakannya yang lincah di antara mistar. Ivankov memulai karirnya di klub lokal asal Bulgaria, Botev Plovdiv, sebelum pindah ke Levski Sofia dan kemudian ke Turki untuk bermain di Antalyaspor.Ivankov juga dikenal sebagai kiper utama tim nasional Bulgaria, di mana ia tampil dalam 78 pertandingan internasional dari tahun 1996 hingga 2010.

Dia menjadi bagian dari tim Bulgaria yang mencapai babak perempatfinal Piala Dunia FIFA 1994 dan juga berpartisipasi dalam beberapa turnamen besar lainnya, termasuk Piala Eropa UEFA 1996 dan Piala Dunia FIFA 1998 dan 2002.Selama kariernya, Ivankov mendapatkan banyak penghargaan dan gelar, termasuk tiga kali dipilih sebagai Kiper Terbaik Bulgaria dan Kiper Terbaik Liga Turki. Setelah pensiun sebagai pesepakbola, Ivankov menjadi pelatih dan saat ini menjadi asisten pelatih di klub Bulgaria, PFC Lokomotiv Plovdiv.

5. Rene Higuita (41 Gol)

Rene Higuita adalah seorang mantan pemain sepak bola profesional asal Kolombia. Dia dikenal sebagai kiper yang sangat inovatif dan sering kali melakukan penyelamatan spektakuler dengan gerakan-gerakan yang tidak biasa. Salah satu penyelamatan terkenalnya adalah "scorpion kick" saat pertandingan persahabatan antara Kolombia dan Inggris pada tahun 1995, di mana Higuita membalikkan tubuhnya dan menendang bola yang hampir masuk ke gawang.

Selain itu, Higuita juga dikenal sebagai pemain yang cukup kontroversial karena beberapa kesalahan dalam karir sepak bolanya, termasuk kesalahan fatal dalam pertandingan Piala Dunia 1990 melawan Kamerun yang menyebabkan Kolombia tersingkir. Namun, Higuita juga diakui sebagai salah satu kiper terbaik pada masanya dan telah meraih beberapa gelar di tingkat klub dan negara bagian, termasuk dua gelar di turnamen Copa America dengan tim nasional Kolombia pada tahun 1991 dan 1995.

6. Hans Jorg Butt (34 Gol)

Hans Jorg Butt adalah mantan pemain sepak bola profesional Jerman yang lahir pada tanggal 28 Mei 1974 di Oldenburg, Jerman. Butt dikenal sebagai kiper yang handal dan terkenal karena kemampuan tendangannya yang kuat.Butt memulai karirnya sebagai pemain muda di klub SV Atlas Delmenhorst dan kemudian bergabung dengan klub VfB Oldenburg pada tahun 1992. Ia kemudian bergabung dengan klub Hamburger SV pada tahun 1997 dan membantu klub tersebut meraih gelar DFB-Pokal pada tahun 2003.

Butt juga pernah membela klub Bayern Munich selama empat tahun, di mana ia berhasil memenangkan tiga gelar Bundesliga, satu gelar Liga Champions UEFA, dan satu gelar Piala DFB. Ia kemudian bermain untuk klub Benfica di Portugal dan VfL Wolfsburg sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2014.Selama kariernya, Butt juga pernah memperkuat tim nasional Jerman dan berhasil memenangkan medali perak di Kejuaraan Eropa UEFA 2008. Setelah pensiun, ia sempat menjadi pelatih kiper di klub Bayern Munich dan saat ini menjadi analis sepak bola untuk saluran televisi Jerman.

Komentar