Ini Dia Deretan Tempat Wisata Terhits di Blora Jateng yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Ini Dia Deretan Tempat Wisata Terhits di Blora Jateng yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Bangnanda.com - Blora Merupakan salah satu kabupaten di indonesia yang terletak di pulau jawa tepatnya di provinsi jawa tengah bagian timur. Wilayah dari kabupaten ini berada di tengah-tengah diantara lima kabupaten yaitu Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati disebelah utara, Kabupaten Bojonegoro di sebelah timur, kabupaten Ngawi di sebelah selatan, dan kabupaten Grobogan disebelah barat. Luas wilayah dari kabupaten blora sendiri yaitu sekitar 1.821 km² dan memiliki jumlah populasi sebanyak 884.333 jiwa. Blora sendiri merupakan salah satu daerah yang kaya akan sejarah. Ada banyak sekali situ-situ kuno yang menjadi bukti bahwa dulunya blora menjadi tempat yang berpengaruh besar.

Dengan banyaknya situs-situs kuno yang ada di blora, maka beberapa diantaranya juga ada yang dijadikan sebagai objek wisata. Tujuanya antara agar pengunjung yang datang ke situs kuno ini selain berwisata mereka juga bisa mengetahui sejarah yang terjadi dimasa lalu. Jika sobat berpikir untuk mengetahui sejarah yang terjadi dimasa lalu maka sobat harus ingat kata-kata dari presiden pertama indonesia yaitu soekarno. Beliau mengatakan bahwa Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengenal sejarah. Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Dengan kata-kata tersebut semoga sobat sadar bahwa pentingnya mempelajari sejarah bangsa sendiri.

Dengan banyaknya situs-situs kuno yang ada di blora, maka wisata sejarah menjadi salah satu wisata andalan di kabupaten ini. Namun bukan berarti blora tidak memiliki wisata alam yang indah dan mempesona. Blora juga memiliki sederet destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi saat liburan. Bagi sobat yang ingin mengetahuinya, berikut ini deretan tempat wisata terhits di blora jetang yang sayang untuk dilewatkan.

Ini Dia Deretan Tempat Wisata Terhits di Blora Jateng yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

1. Waduk Greneng

Saat berkunjung ke Waduk Greneng para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat indah dan membuat mata terpana. Sobat akan merasa betah dan nyaman saat berada di tempat ini karena selain disuguhkan dengan pemandangan yang indah sobat juga dapat merasakan sensasi tenang dan sejuk karena di tempat ini terdapat hutan jati. Salah satu hal yang bisa sobat lakukan saat berada di Waduk Greneng ialah memancing. Untuk peralatan pancingnyapun sobat tidak perlu membawanya dari rumah karena sobat bisa menyewanya ketika berada di waduk ini.

Selain memancing, sobat juga bisa melakukan kegiatan lainnya saat berada di wsduk ini yaitu mengelilingi waduk dengan perahu yang dimiliki oleh warga sekitar. Sobat bisa menyewanya dengan harga yang terjangkau. Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke waduk ini ialah pada sore hari. Karena pada saat itu cuaca tidak terlalu panas dan juga sobat bisa menikmati senja sore di waduk ini. Lokasi dari Waduk Greneng berada di Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora.

2. Waduk Bentolo

Selain berkunjung ke Waduk Greneng, tak lupa juga untuk berkunjung ke Waduk Bentolo yang memiliki panorama tidak kalah indah. Waduk Bentolo sendiri terletak di Desa Tinapan, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Perlu sobat ketahui, pada awalnya waduk ini hanya digunakan untuk pembangkit listrik dan sarana irigasi. Namun lama kelamaan banyak orang yang menyadari bahwa waduk ini indah dan bisa dijadikan sebagai objek wisata. Banyak pengunjung yang datang ke waduk ini untuk berfoto-foto sembari menikmati keindahan waduk ini. Para pengunjung yang datang ke waduk ini, mereka juga mencari ketenangan dan menghilangkan rasa stress akan pekerjaan.

3. Gunung Manggir

Bagi sobat yang hobi mendaki dan berpetualang, maka sobat wajib banget untuk berkunjung ke Gunung Manggir yang beralamat di Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Nama Gunung Manggir sendiri sudah terdengar tidak asing lagi bagi para pendaki blora karena gunung ini memiliki pemandangan alam yang memukau dan udara yang sejuk. DI gunung ini juga terdapat sebuah goa yang berada di ujung gunungnya. Goa yang terdapat di gunung ini memiliki tiga tingkatan yang berbeda, ada yang memiliki kedalaman 15 meter, ada yang memiliki 7 meter, dan ada yang memiliki kedalaman 5 meter. Setiap kedalaman dari goa yang ada di gunung manggir memiliki keindahan dan daya tariknya masing-masing yang bisa membuat sobat terpukau.

4. Air Terjun Masohan

Setiap daerah di indonesia umumnya memiliki potensi wisata tersembunyi dan sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Dikatakan wisata tersembunyi adalah karena letaknya yang jarang diketahui oleh orang-orang. Salah satu wisata tersembunyi yang paling sering dibicarakan oleh banyak orang ialah Air Terjun. Blora menjadi salah satu daerah yang memiliki wisata tersembunyi berupa air terjun. Dari sekian banyak air terjun yang ada di blora, salah satu air terjun yang cukup ternama ialah Air Terjun Masohan yang terletak di Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora.

Air terjun ini memiliki pesona aliran sungai yang jatuh dari tebing, yang meskipun tidak begitu tinggi, namun tetap sangat mempesona. Dengan pemandangan sekitarnya yang asri membuat siapa saja yang datang ke air terjun ini akan merasa betah dan nyaman. Namun sayangnya untuk bisa mencapai dan menikmati keindahan air terjun ini membutuhkan sedikit perjuangan. Selain terkenal akan keindahanya , Air Terjun Masohan juga terkenal akan cerita legendanya yang lumayan berkembang.

5. Gunung Cengklik

Tempat wisata berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat liburan ialah Gunung Cengklik. Gunung ini cukup terkenal karena memiliki panorama alam yang hijau dan sangat mempesona. Tak hanya itu saja, orang-orang juga menjadikan gunung cengklik sebagai tempat favorit untuk menghabiskan waktu pada akhir pekan bersama pasangan. Saat berkunjung ke gunung ini sobat harus bnaget untuk berfoto-foto selama di gunung ini, karena ada banyak sekali spot foto keren yang bisa sobat temui saat berada di lokasinya. Salah satu tempat foto terbaik yang ada di gunung ini ialah berfoto dengan latar belakang pemandangan berupa hutan jati yang hijau di gugusan Pegunungan Keneng Utara. Lokasi dari gunung cengklik sendiri berada di Bicak, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora.

Komentar