Daftar Tempat Wisata di Bengkulu Tengah Terbaru yang Lagi Hits

Tempat Wisata di Bengkulu Tengah Terbaru yang Lagi Hits

Bangnanda.com - Bengkulu tengah merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi bengkulu. Kabupaten ini memiliki luas kurang lebih sekitar 1.223,94 km2 dan populasi sebanyak 116.706 jiwa. Karang tinggi merupakan kecamatan yang ada di bengkulu tengah sekaligus menjadi ibukota dari kabupaten ini. Kabupaten bengkulu tengah terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2008. Dulunya kabupaten ini merupakan bagian dari Kabupaten bengkulu utara.

Seperti yang diketahui bahwa biasanya sebuah kabupaten yeng memiliki nama tengah berada di tengah-tengah daerah dan tidak memiliki perbatasan laut, namun kabupaten ini selain dipenuhi dengan dataran tinggi dan padang yang luas juga memiliki perbatasan laut bahkan memiliki pantai yang indah dan mempesona.

Seperti yang diketahui bahwa setiap daerah di provinsi bengkulu memiliki ciri khas dan keindahannya masing-masing bahkan mendatangkan banyak wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. salah satu daerah yang memiliki banyak tempat wisata menarik di provinsi bengkulu ialah bengkulu tengah. Ada banyak sekali tempat-tempat menarik dan indah yang bisa sobat temukan saat berada di bengkulu tengah. Tidak hanya wisata alam saja, ada juga wisata bahari, wisata kuliner, wisata sejarah, dan berbagai macam jenis wisata lainnya. Jika sobat berencana untuk berlibur di bengkulu maka sobat bisa mencoba untuk menghabiskan waktu di bengkulu tengah bersama kawan ataupun keluarga. Berikut ini daftar tempat wisata di bengkulu tengah terbaru yang lagi hits.

Daftar Tempat Wisata di Bengkulu Tengah Terbaru yang Lagi Hits

1. Pantai Sungai Suci

Bisa dibilang bahwa Pantai Sungai Suci merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di bengkulu tengah. Meskipun disebut sebagai pantai, namun faktanya tempat ini hanyalah berupa tebing batu dan hamparan air yang luas saja. Tidak ada pasir putih atau bibir pantai yang landai layaknya sebuah pantai pada umumnya. Hal tersebutlah yang menjadi daya tarik dari pantai ini dan membuat tempat ini terkenal. Untuk bisa sampai ke pantai ini, jika sobat berada di kota bengkulu maka sobat harus menempuh jarak kurang lebih 20KM. Lokasi dari pantai sungai suci berada di Pasar Pedati, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah.

2. Danau Biru

Tempat wisata kedua yang saat ini sedang hits di bengkulu tengah adalah Danau Biru. Danau ini terletak di urau, kecamatan Taba Menanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah. Saat sobat berkunjung ke danau ini maka sobat akan dimanjakan dengan keindahan danauya serta pemandangan sekitarnya yang cukup menyejukan. Di sini sobat tidak hanya melihat satu danau saja, melainkan empat danau dengan air berwarna biru yang sangat jernih. Namun untuk bisa melihat keindahan danau ini sobat harus merasakan lelahnya melewati bebatuan yang menanjak.

3. Danau Gedang

Selain berkunjung ke danau biru, maka tak lupa juga untuk berkunjung ke Danau Gedang yang juga memiliki panorama alam yang tidak kalah indah. Lokasi dari Danau Gedang sendiri berada di Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Bengkulu Tengah. Danau ini terkenal karena tradisi uniknya yaitu membelah danau, hal tersebut sering dilalakukan karena danau ini berdekatan dengan pantai. Cara untuk membelah danau ini hanya mengalirkan air danau ke laut untuk mengurangi isi danau. Ketika air sudah surut maka penduduk dapat memanen ikan yang ada di danau dengan cara lebih mudah. Setelah tradisi tersebut dilakukan akan ada banyak sekali pengunjung yang datang ke danau ini untuk memborong hasil panen karena lebih murah.

4. Bukit Batu Kandis

Seperti yang sudah dikatakan diatas bahwa bengkulu tengah dipenuhi dengan dataran tinggi dan padang yang luas. Maka dari itu sangat diwajibkan bagi sobat yang menyukai ketinggian untuk datang ke bukit batu kandis yang berlokasi di Jalan Bengkulu – Kepahiang, Durian Demang, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah. Keunikan dari bukit ini terdapat pada bentuknya yang menyerupai Spink di Mesir serta adanya kolam mata air yang terdapat di puncak bukit, kolam tersebut memiliki air yang begitu jernih. Di tempat ini sobat bisa melakukan salah satu aktifitas yang cukup memacu adrenalin yaitu panjat tebing.

5. Gunung Bungkuk

Selain bukit di bengkulu tengah juga terdapat sebuah gunung yeng dimana beberapa diantaranya dijadikan sebagao objek wisata. Salah satu gunung yang cukup sering dikunjungi oleh banyak orang di bengkulu tengah ialah Gunung Bungkuk. Gunung ini berada di Desa Komering, Kecamatan Merigi Sakti Kabupaten Bengkulu Tengah. Ada dua rute untuk ke gunung ini yang pertama yaitu rute mudah yang dimana banyak tetumbuhan hijau, dan yang kedua rute menantang yang dimana berupa jalan penuh batu dan terjal. Rute yang pertama biasanya dilalui oleh para pendaki pemula sedangkan rute yang kedua dilalui oleh pendaki yang cukup mahir. Ketinggian dari gunung bungkuk sendiri yaitu sekitar 1.162 mdpl.

6. Taman Liku Sembilan

Terletak di Surau, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah, taman liku sembilan juga menjadi salah satu wisata andalan dan favorit di kabupaten ini. Perlu sobat ketahui sebenarnya taman ini merupakan salah satu wilayah yang ada di Cagar Alam Hutan Lindung Taba Penanjung. Di taman ini sobat juga bisa melihat 9 mata air yang menjadi sumber pengairan flora dan fauna yang ada di hutan ini. Salah satu momen yang mungkin tidak bisa sobat lewatkan ialah melihat langsung salah satu flora langka di indonesia yaitu Raflesia Arnoldi. Flora yang satu ini terbilang cukup unik karena selain bentuknya yang besar dan indah juga mengeluarkan bau busuk yang menyengat.

Komentar