Wajib untuk Diketahui! 7 Cara Menghindari Kemiskinan

cara menghindari kemiskinan

Bangnanda.com - Siapa sih di dunia ini yang tidak ingin hidup miskin ? ya pastinya semua orang ingin menjadi sukses dan hidup kaya agar bisa menikmati kehidupan ini. Namun bukan berarti hidup miskin itu buruk, orang yang kaya dan banyak uang pun tentunya mempunyai tanggung jawabnya tersendiri. Dalam agama islam sebagian dari harta mereka tentunya milik orang-orang yang tidak punya dan jika mereka tidak memanfaatkanya dengan baik dan bijak maka mereka akan diberikan pertanggung jawaban yang besar. Sedangkan untuk orang miskin tidak akan diberikan pertanggung jawaban tersebut karena harta yang mereka miliki tidak sebanyak orang kaya.

Orang miskin bisa menjadi kaya jika berjuang bersungguh-sungguh disertai dengan doa, begitupun sebaiknya orang kaya bisa jadi miskin karena kehidupan. Namun perlu teman-teman inggat, jika sekarang ini ada teman-teman yang hidup dengan kemewahan karena orang tuannya maka jangan bangga terlebih dahulu. Karena kemewahan tersebut merupakan hasil yang mereka lakukan, jika nantinya kedua orang tuamu tidak ada maka sedikit demi sedikit harta tersebut akan hilang karena beberapa faktor, seperti untuk membayar utang keluarga dan untuk membayar kehidupan sehari-harinya.

Selain dari pada itu teman-teman juga harus bisa memanfaatkan harta keluarga dengan baik, misalnya saat teman-teman diberi uang oleh ayah atau ibumu maka kumpulkanlah uang itu untuk investasi atau membuka usaha untuk teman-teman di masa yang akan datang. Nah bagi teman-teman yang ingin mengetahui bagaiman agar bisa terhindar dari kemiskinan, bisa teman-teman simak dibawah ini cara untuk menghindari kemiskinan.

Wajib untuk Diketahui! 7 Cara Menghindari Kemiskinan

1. Jangan Berhutang

Cara yang paling pertama untuk menghindari kemiskinan ialah tidak boleh berhutang. Ada berbagai sebab mengapa orang berhutang, diantaranya yaitu tidak memiliki uang lagi karena belum dikirim jika mahasiswa, tidak mempunyai uang dan ingin membeli sesuatu, atau bisa juga untuk membayar cicilan. Saran saya ketika teman-teman akan berhutang ialah pastikan waktu pembayaranya tertarget atau jika teman-teman memiliki uang langsung bayar. Karena jika teman-teman menundanya nantinya hutang yang teman-teman miliki akan semakin menumpuk dan tidak akan bisa menabung.

2. Sisihkan Gaji untuk di Tabung

Jika saat ini teman-teman sedang bekerja di suatu perusahaan dengan gaji yang cukup tinggi maka cobalah pada saat hari gajian teman-teman sisihkan uang sedikit. Dalam kasus ini money management cukup berperan banyak. Jika teman-teman tidak memiliki skill ini saat ini teman-teman bisa belajar sedikit demi sedikit bagaimana cara mengatur uang dengan baik. Agar di masa yang akan datang teman-teman akan bijak dalam mengeluarkan uang. Salah satu alasan mengapa harus menabung adalah karena untuk dinikmati dihari tua atau untuk keperluan pribadi.

3. Biasakan Makan Masakan Sendiri

Jika saat ini teman-teman berstatus sebagai mahasiswa dan suka makan makanan di luar maka cobalah untuk mengentikan kebiasaan ini atau mengurangi dari yang tadinya sering menjadi jarang. Memang sih jika dilihat makanan di luar terlihat lebih enak jika dibandingkan dengan masakan rumah, namun apakah makanan tersebut menyehatkan ? banyak makanan luar yang mengandung banyak kalori dan bisa menyebabkan berat badan naik. Saat berat badan seseorang naik maka lama-kelamaan bisa menyebabkan obesitas dan berbagai macam penyakit lainnya. Selain itu masakan luar juga memiliki harga yang cukup mahal, coba sekarang bayangkan jika saat ini teman-teman dalam satu hari makan sebanyak 3 kali dan 1 kali makan teman-teman mengeluarkan uang sekitar Rp. 40.000 sampai Rp. 50.000 maka cobalah teman-teman kalikan sendiri dalam satu bulannya berapa.

4. Beli Sesuatu Sesuai Kebutuhan

Banyak orang-orang yang membeli sesuatu karena nafsu semata atau biasa disebut sebagai keinginan. Padahal yang harus dikedepankan ialah kebutuhan dibandingkan dengan keinginan.Mengapa begitu ? karena keinginan hanya berlaku sementara saja sedangkan untuk kebutuhan pastinya akan terus dipakai selama barang tersebut bagus dan berguna. Tak hanya itu saja, barang-barang yang dibeli sesuai keinginan tentunya memiliki harga yang terbilang mahal dan hal ini bisa membuat uang pada dompet teman-teman cepat habis.

5. Jangan Menggunakan ATM untuk Berbelanja

Saat akan berbelanja cobalah untuk membawa uang secukupnya dengan tidak membawa ATM. untuk ATM teman-teman bisa tinggalkan saja dirumah. Jika teman-teman hanya membawa uang secukupnya maka teman-teman juga bisa mengontrol keinginan teman-teman. Namun jika teman-teman membawa ATM maka bisa dipastikan rasa keinginan yang teman-teman miliki akan besar dan bisa jadi nantinya teman-teman akan belanja banyak hal yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

6. Milikilah Dana Darurat

Saat hari gajian tiba maka cobalah atur keuangan teman sebaik mungkin, mana yang akan ditabung, mana uang untuk kebutuhan sehari-hari dan mana uang untuk dana darurat. Dana darurat sangatlah penting, semisalnya teman-teman mengalami musibah berupa kecelakaan maka teman-teman bisa menggunakan uang itu untuk berobat tanpa harus meminjam ke banyak teman. Dana darurat juga bisa digunakan sebagai modal awal untuk mendirikan suatu bisnis kecil-kecilan.

7. Buat Rencana Keuangan yang Matang

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa seseorang yang bisa mengatur keuangannya dengan baik pastinya memiliki skill money management yang baik. Semua orang kaya pastinya memiliki skill tersebut, karena jika tidak mereka pastinya akan jatuh miskin. Mulai sekarang cobalah untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran uang teman-teman setiap harinya.

Komentar