Inilah 7 Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Kabupaten Belitung

Tempat di Kabupaten Belitung

Bangnanda.com - Belitung merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi kepulauan bangka belitung. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 2.294 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 184.004 jiwa dan angka kepadatan penduduk sekitar 80 jiwa/km2. Tanjung pandan menjadi ibukota dari kabupaten ini sekaligus menjadi pusat dari semua aktifitas masyarakat kabupaten ini seperti perekonomian. Selain itu hampir 60% jumlah penduduk kabupaten belitung tinggal di daerah tanjung pandan.

Wilayah dari kabupaten belitung sendiri sangatlah bervariasi, ada dataran tingginya ada dataran rendahnya dan ada pula sungainya. Bisa dikatakan bahwa iklim yang ada di kabupaten ini yaitu iklim trofis dan basah. Nama dari bangka belitung sendiri sudah cukup dikenal oleh banyak masyarakat indonesia terutama oleh wisatawan. Salah satu faktor yang membuat belitung dikenal oleh banyak orang ialah karena faktor dari pariwisatanya yang memukau. Seperti yang diketahui bahwa provinsi kepulauan bangka belitung sendiri merupakan wilayah kepulauan yang terdiri dari 98 buah pulau besar dan kecil, maka dari itu tak heran kalau wisata bahari menjadi wisata andalan di provinsi ini.

Selain itu tak sedikit pula wisatawan yang mampir dan berlibur di kabupaten belitung karena ingin menikmati suasana yang ada di kabupaten ini. Bagi sobat yang saat ini sedang memiliki rencana untuk berlibur ke provinsi kepulauan bangka belitung, maka tidak ada salahnya bagi sobat untuk datang ke kabupaten ini karena ada banyak sekali wisata yang bisa sobat nikmati di kabupaten ini. Tak hanya pantai saja, ada juga variasi wisata lainnya yang tidak kalah seru dan populer. Berikut ini tempat wisata terbaik dan terpopuler yang ada di kabupaten belitung yang wajib untuk dikunjungi.

Inilah 7 Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Kabupaten Belitung

1. Bukit Pangkuan

Bukit Pangkuan menjadi tempat pertama yang wajib sobat kunjungi saat berada di belitung. Selain termasuk wisata unik Bukit Pangkuan juga menjadi salah satu tempat wisata yang cukup terkenal karena keindahanya yang begitu memukau dan sering kali dijadikan sebagai agrowisata yag dimana nantinya pengunjung bisa memanen berbagai buah-buahan yang siap untuk dipanen. Dengan begitu tentunya wisata yang satu ini cocok didatangi bersama keluarga dan cocok pula dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri. Cukup membayar Rp 7.500 saja sobat sudah bisa menikmati wisata yang satu ini. Lokasi dari Bukit Pangkuan berada di Jalan Mentawak, Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung.

2. Pulau Lengkuas
Wisata Pulau Lengkuas

Berlokasi di Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, pulau lengkuas menjadi salah satu wisata andalan di kabupaten ini dan wajib banget untuk sobat dan keluarga kunjungi. Salah satu keunikan dan daya tarik dari pulau ini sendiri yaitu terdapat pada mercusuar berwarna putih yang sangat tinggi yang terletak di tengah-tengah pulau dan cukup menarik banyak perhatian. Para pengunjung bisa menikmati keindahan pulau lengkuas ini dari menara mersucuar tersebut. Selain itu yang membuat pulau ini terlihat menarik di mata banyak orang ialah karena terdapatnya deretan bebatuan yang disapu ombak semakin membuat pulau ini mempesona.

3. Sail Belitung

Sail Belitung sendiri merupakan sebuah pulau yang cukup terkenal di belitung dimana banyak sekali keindahan yang dapat sobat temukan didalamnya. Pulau ini juga ditumbuhi dengan deretan pepohonan pinus yang menjulang tinggi yang tentunya memberikan kesan keindahan dan kenyamanan untuk pulau ini. Jernihnya air laut serta pasir pantainya yang putih membuat wisatwan berbondong-bondong datang ke tempat ini karena tertarik dengan keindahan yang dihadirkanya. Tempat wisata yang satu ini juga sering kali dijadikan sebagai lokasi event atau acara internasional. Letak dari Sail Belitung sendiri berada di Jalan Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

4. Pantai Penyabong

Saat berada di daerah kepulauan maka tak lupa juga untuk menikmati keindahan pantainya dan melihat matahari terbenam disisi pantainya, salah satu pantai yang cukup terkenal di kabupaten belitung ialah Pantai Penyabong yang beralamatkan di Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Banyak wisatawan maupun masyarakat setempat yang datang dan mampir ke pantai ini untuk mencari ketenangan karena suasananya yang menenangkan. Saat di pantai ini sobat akan menemukan pemandangan indah dari pantai berpasir putih dengan airnya yang biru kehijauan. Sobat juga bisa bersantai dibawah pepohonan sembari menikmati suara debuaran ombak yang menenangkan.

5. Tirta Marundang

Wisata berikutnya yang tidak kalah populer ialah Tirta Marundang. Tirta Marundang sendiri merupakan kawasan pemandian yang terkenal dengan pesona air alamnya. Keungulan dari wisata yang satu ini yaitu terdapat pada airnya yang sangat jernih, saking jernihnya sobat bisa melihat langsung dasar kolamnya. Suasana tempat ini sangatlah menenangkan dan menyejukan sehingga bisa membuat pengunjungnya nyaman. Letak dari Tirta Marundang berada di Jalan Air Seru, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

6. Batu Mentas

Jika sobat merasa bosan dengan wisata pantai, maka sobat harus mencoba wisata yang satu ini. Batu Mentas sendiri merupakan sebuah kawasan hutan lindung yang dimana didalamnya terdapat berbagai jenis satwa lucu dan langka seperti Pelile’an. Selain itu tempat wisata yang stu ini juga terkenal dengan keasriannya yang dimana dikelilingi oleh berbagai jenis pepohonan yang menjulang tinggi dengan berbagai jenis pohon. Jadi selama berlibur di Pelile’an.Batu mentas sobat bisa menikmati dua hal yaitu satwa yang lucu dan keasrian dari hutannya.

7. Danau Kaolin

Tempat wisata terakhir yang tidak kalah menarik dan populer yang wajib untuk sobat datangi ialah Danau Kaolin. Danau Kaolin merupakan sebuah danau buatan bekas dari aktifitas tambang. Meskipun begitu tempat ini sangatlah populer dan sering dikunjungi oleh pengunjung setiap harinya. Salah satu aktifitas yang data sobat lakukan saat berada di danau ini ialah berfoto, karena di tempat ini ada banyak sekali spot foto dengan latar pemandangan yang sangat indah. Waktu yang tepat untuk menikmati wisata yang satu ini yaitu pada 9 pagi hingga 11 siang. Karena saat sobat datang di atas waktu tersebut sobar harus siap menghadapi cuaca yang sangat panas di sekitar danau ini.

Komentar