7 Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Biak Numfor Papua yang Sayang untuk Dilewatkan

Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Biak Numfor Papua yang Sayang untuk Dilewatkan

Bangnanda.com - Biak Numfor merupakan nama sebuah kabupaten yang terletak di provinsi papua. Kabupaten ini berdampingan dengan kabupaten supiori yang pernah menjadi bagian dari kabupaten biak numfor. Kabupaten biak munfor memiliki dua pulau utama yaitu pulau biak dan pulau numfor. Pada tahun 2021 lalu diketahui bahwa jumlah penduduk kabupaten ini yaitu sebanyak 146.052 jiwa dengan kepadatan penduduk 56 jiwa/km2. Luas wilayah dari kabupaten biak numfor sendiri yaitu sekitar 2.602 km². Selain pulau biak dan pulau numfor, kabupaten ini juga memiliki pulau-pulau kecil lainnya. Pulau-pulau kecil tersebut tentunya da yang berpenghuni dan juga ada yang tidak.

Beberapa dari sobat mungkin sudah mengetahui bahwa papua memiliki alam yang indah dan mempesona. Meskipun daerahnya berada di penjuru di indonesia akan tetapi banyak orang yang rela datang jauh-jauh dari luar pulau untuk menikmati alam papua. Selain terkenal akan alamnya papua juga memiliki sederet kebudayaan yang unik bahkan mendunia. Beberapa budaya yang ada di papua antara tradisi bakar batu, tradisi bakar jari, tradisi ararem, dan tradisi tato. Sobat bisa melihat dan mempelajari beberapa kebudayaan tersebut sembari liburan di tanah papua.

Salah satu daerah yang bisa sobat jadikan destinasi liburan saat di papua adalah biak numfor. Di biak numfor sobat bisa menemukan berbagai macam tempat indah dan memanjakan mata. Berikut tempat wisata terbaik dan terindah di biak numfor papua yang sayang untuk dilewatkan.

7 Tempat Wisata Terbaik dan Terindah di Biak Numfor Papua yang Sayang untuk Dilewatkan

1. Air Terjun Wafsarak

Tempat wisata terindah yang pertama ialah Air Terjun Wafsarak yang berlokasi di Inswanbesi, Distrik Warsa, Kabupaten Biak Numfor. Tempat ini sangat wajib banget untuk sobat kunjungi terutama sobat yang menyukai wisata air. Selain akan dibuat takjub oleh air terjunnya, sobat juga akan dibuat terpana oleh keindahan alam sekitarnya yang asri dan masih alami karena dipenuhi oleh pepohonan yang rindang. Salah satu daya tarik dari air terjun ini yaitu bebatuanya yang berwarna putih seolah-olah tampak seperti batu kapur yang biasa dijumpai dipantai-pantai. Selain asri tempat ini juga memiliki kebersihan yang cukup oke karena masih jarang terjamah oleh wisatawan. Untuk bisa bersenang-senang dan menikmati keindahan alam air terjun ini sobat cukup menyiapkan uang sekitar Rp. 35.000 per rombongan.

2. Pulau Raja Tiga

Selain Raja Ampat, provinsi papua juga menyimpan sederet destinasi wisata indah lainnya salah satunya yaitu Pulau Raja Tiga. Untuk bisa sampai ke pulau ini, sobat harus menempuh jarak sekitar 3 KM dari pusat kota biak. Lokasi dari Pulau Raja Tiga sendiri berada di doki, Kecamatan Yendidori, Kabupaten Biak Numfor. Saat pertama kali sobat menginjakan di tempat ini, sobat akan disuguhkan dengan pemandangan indah berupa tiga pulau cantik. Hal inilah yang biasa wisatawan manfaatkan untuk berfoto sembari memandangi keindahan lautan. Tak hanya itu saja, di tempat ini sobat juga bisa melihat pemandangan indah lainnya yaitu terumbu karang dengan kumpulan ikan yang cantik.

3. Telaga Biru Samares

Tempat wisata terindah berikutnya di biak numfor Telaga Biru Samares. Sesuai dengan namanya telaga ini memiliki warna air yang kebiru-biruan dengan kejernihan air yang sangat luar biasa, saking jernihnya sobat bisa melihat langsung bebatuan dan ikan ikan kecil dengan jelas. Untuk bisa sampai ke telaga ini jika sobat berada di pusat kota biak, sobat membutuhkan waktu sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan. Meskipun lumayan cukup jauh, sobat tidak akan dibuat kecewa dengan pesona yang ditawarkan oleh tempat yang satu ini. Ketenangan dan keasrian tempat ini membuat siapapun betah dan ingin berlama-lama saat berada di telaga ini. Bahkan orang-orang menjadikan telaga ini sebagai tempat untuk menenangkan diri untuk menghilangkan rasa penat. telaga biru samares berada di Sepse, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor.

4. Pantai Bosnik

Baik orang indonesia maupun luar negeri, saat liburan biasanya mereka akan menghabiskan waktu di pantai karena liburan akan terasa kurang jika tidak pergi ke pantai. Sebagai negera kepulauan indonesia tentunya memiliki banyak sekali pantai di setiap daerahnya dan menjadi ikon dari daerah tersebut. Biak numfor menjadi satu dari sekian banyak daerah di indonesia yang memiliki pantai. Salah satu pantai yang cukup terkenal di biak numfor adalah Pantai Bosnik yang beralamat di Jalan Raya Bosnik, Yenusi, Distrik Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor. Pantai Bosnik juga memiliki nama lainnya yaitu Pantai Segara Indah.

Pantai ini menyuguhkan panorama yang indah yang dapat membuat siapapun terpana terutama jika datang pada pagi hari sebelum mata hari terbit dan sore hari sebelum matahari terbenam. Tak heran kalau pantai ini tidak pernah sepi akan pengunjung. DI tempat ini sobat bisa melakukan berbagai aktifitas seru seperti menelususri garis pantai, bermain pasir, bermain voli pantai dan snorkeling. Akan tetapi untuk aktifitas snorkeling sobat akan mendapatkan pantauan yang cukup dalam karena arus di pantai ini lumayan cukup deras.

5. Bukit Satu

Terletak di Jalan Angkasa, Trikora, Kecamatan Samofa, Kabupaten Biak Numfor, Bukit Satu menjadi salah satu wisata andalan dan juga populer di biak nunfor. Biasanya tempat yang satu ini akan ramai dipadati pada akhir pekan dan libur panjang sekolah. Bagi sobat yang menyukai kegiatan fotografi dan suka melihat pemandangan dari atas ketinggian maka sobat wajib banget untuk datang ke tempat yang satu ini. Di sini ada banyak sekali spot foto selfie menarik, namun dari sekian banyaknya spot dengan latar belakang perbukitanlah yang wajib sobat dapatkan.

Lokasi Bukit Satu dengan pusat kotapun cukup dekat, sobat cukup menempuh jarak sekitar 2,5 KM saja. Sobat bisa datang ke bukit ini pada siang hari maupun malam hari, namun agar suasana semakin indah dan romantis, sobat wajib mengunjunginya pada malam hari.

6. Taman Burung dan Taman Anggrek Biak

Objek wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak karena selain bermain anak-anak juga bisa sembari belajar. Tak hanya dijadikan sebagai wisata edukasi saja, tempat wisata yang satu ini juga dijadikan sebagai konservasi pendidikan dan penelitian. Saat pertama kali memasuki tempat ini sobat akan melihat banyak sekali koleksi bunga angrek dan burung. Beberapa burung yang bisa sobat temui di tempat ini diantaranya yaitu Kasuari, Mambruk, Nuri, Cendrawasih, Kakaktua Hitam, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk bunga angreknya sobat akan menemukan beberapa macam jenis seperti Anggrek Bulan, Anggrek Hitam, Anggrek Raja, Anggrek Kribo, dan masih banyak lagi.

Pada awalnya tempat wisata ini dibangun dengan tujuan untuk melestarikan jenis jenis burung yang mulai punah. Lokasi dari Taman Burung dan Taman Anggrek Biak berada di Jalan Raya Bosnik, Ruar, Kecamatan Biak Timur, Kabupaten Biak Numfor.

7. Goa Binsari

Bagi sobat yang menyukai wisata sejarah, maka sobat wajib banget untuk berkunjung ke Goa Binsari yang berlokasi di Jalan Goa Jepang, Sumberker, Distrik Samofa, Kabupaten Biak Numfor. Goa ini merupakan bukti adanya perang dunia II. Selain dikenal sebagai Goa Binsari orang-orang juga menyebut goa ini dengan sebutan Goa Jepang karena pada saat itu para penjajah berlindung dan bersembunyi di goa ini. Pada awalnya tempat ini tidak begitu diperharikan, namun seiring dengan berjalanya waktu tempat ini akhirnya diperharikan> berbagai macam perbaikan juga dilakukan agar goa ini menjadi tempat wisata menarik yang dapat mendatangkan banyak wisatawan.

Komentar