5 Tempat Wisata di Bengkalis Riau Terbaik yang Wajib untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Bengkalis Riau Terbaik

Bangnanda.com - Bengkalis merupakan salah satu kabupaten di pulau sumatera dan berada di provinsi riau. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 8.426 km² dengan cakupan wilayahnya meliputi daratan bagian Timur Pulau Sumatra dan wilayah kepulauan. Bengkalis sendiri merupakan salah satu daerah ternama di indonesia, daerah ini dikenal karena sumber daya alamnya yang cukup melimpah yaitu berupa minyak bumi dan gas.

Tak hanya itu saja, kabupaten bengkalis juga memiliki letak wilayah yang sangat strategis karena dilalui oleh jalur perkapalan internasional menuju ke Selat Malaka. Karena letaknya yang strategis tersebut, bengkalis juga menjadi salah satu daerah yang cukup memikat wisatawan mancanegara. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pulau-pulau kecil dengan daerah pantai pesisir yang menghadap langsung ke Selat Malaka dan menyajikan panorama alam yang indah.

Bahkan akhir-akhir ini nama bengkalis cukup ramai diperbincangkan banyak wisatawan di berbagai media karena wisatanya yang asik dan indah. Karena letaknya yang strategis dan geografis juga menjadikan wisata baru yang ada di bengkalis juga ikut melonjak kepopularitasanya. Karena banyaknya wisata bernuansa alam terbuka dan memiliki pemandangan eksotis dengan ciri khasnya sendiri menjadikan bengkalis dijuluki sebagai “Negeri Junjungan”.

Nah bagi sobat yang bertanya-tanya dan penasaran dengan wisata apa saja yang ada di bengkalis, dan seindah apa sih wisata yang ada di kabupaten ini, bisa sobat simak dibawah ini deretan tempat wisata terbaik di bengkalis yang wajib untuk dikunjungi.

5 Tempat Wisata di Bengkalis Riau Terbaik yang Wajib untuk Dikunjungi

1. Telaga Suri Perdana

Sangat kurang rasanya jika sobat datang ke bengkalis dan melewatkan wisata yang satu ini. Telaga Suri Perdana menjadi salah satu objek wisata terfavorit di bengkalis. Salah satu yang menjadikan tempat wisata ini dikenal sebagai objek wisata terfavorit adalah karena telaga ini memiliki danau, danau tersebut menjadi satu-satunya danau yang ada di bengkalis. Meskipun danau yang ada di tempat ini termasuk danau buatan, namun masih tetap menyedot banyak perhatian orang.

Bagi sobat yang mempunyai fotografi, maka berkunjung ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat. Sobat akan menemukan banyak sekali spot foto yang bagus dan sangat estestis. Suasana yang ada di danau ini sangat menyejukan dan menenangkan, air danaunya yang jernih dengan warna kehijauan membuat danaunya sangat nyaman untuk dipandang. Lokasi dari Telaga Suri Perdana berada di Sungai Pakning, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis.

2. Masjid Agung Istiqomah

Selain terkenal akan wisat alamnya, bengkalis juga memiliki sederet wisata lainnya yang sayang untuk dilewatkan. Masjid Agung Istiqomah menjadi wisata religi yang patut untuk dikunjungi saat sobat berada di pusat kota. Sembari menunggu waktu beribadah, sobat bisa beristirahat sejenak sambil menikmati kemegahan dari bangunan masjid ini. Masjid ini dibangun dengan campuran arsitektur yang berbeda-beda yaitu desain Arab, Melayu, dan Turki. Sampai saat ini Masjid Agung Istiqomah juga masih menjadi pusat kegiatan umat muslim Bengkalis dan ikon kebanggaan daerah. Masjid Agung Istiqomah terletak di jalan Patimura, Damon, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis.

3. Pantai Selat Baru

Bengkalis juga memiliki sederet pantai yang wajib untuk dikunjungi, salah satunya yaitu Pantai Selat Baru yang beralamat di Selat Baru, Bantan, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. KeiPantai Selat Baru sendiri sudah tidak diragukan lagi karena sudah banyak wisatawan yang mengetahui pantai ini. Salah satu aktifitas yang banyak dilakukan oleh orang-orang saat berada di pantai ini yaitu berjemur di atas terik panasnya matahari sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

Suara deburan ombak yang menenangkan dapat membuat siapapun nyaman dan betah saat berada di pantai ini. Di tempat ini sobat akan menemukan sebuah ayunan kayu yang dibuat persis di atas air laut sama halnya pantai-pantai yang ada di bali.

4. Taman Andam Dewi

Tempat wisata selanjutnya yang menarik dikunjungi ialah Taman Andam Dewi. Lokasi dari tempat wisata yang satu ini berada di Jalan Jend. Sudirman, Bengkalis Kota, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Di taman ini terdapat sebuah tulisan I Love Kota Bengkalis yang biasa para pengunjung gunakan untuk berfoto-foto. Selain itu taman ini juga dianggap sebagai salah satu ikon kota Bengkalis.

Banyak wisatawan dan penduduk lokal yang datang ke taman ini pada sore dan malam hari karena sebagian dari mereka ingin melihat atraksi air mancur yang dipadukan dengan lampu warna-warni, yang membuat suasana malam terasa lebih meriah. Salah satu alasan taman ini ramai pengunjung adalah karena aksesnya yang cukup mudah. Agar bisa menikmati wisata yang satu ini sobat harus mengeluarkan uang sekitar Rp. 5.000 saja.

5. Pulau Beting Aceh

Pulau Beting Aceh menjadi salah satu wisata terbaik dan populer di bengkalis yang terletak di bujur Utara Rupat atau lebih tepatnya di Titi Akar, Kecamatan Rupat Utara. Salah satu alasan mengapa tempat ini selalu ramai adalah karena fenomena pasir berisik. Pulau beting aceh merupakan pulau yang tidak berpenghuni, luas dari pulau ini sendiri yaitu sekitar 2 hektar. Sobat bisa mencapai pulau ini dengan menaiki kapal speed boat. Setelah sampai di tempatnya sobat akan disajikan dengan pemandangan pasir putih indah dan pemandangan sekitarnya yang asri dan masih terjaga.

Komentar