Simak Tempat Wisata di Belu NTT Terbaru yang Paling Hits dan Instagramable

tempat wisata di kabupaten belu

Bangnanda.com - Belu merupakan nama dari salah satu kabupaten yang terletak di provinsi nusa tenggara timur. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 1.285 km² dan terbagi menjadi 12 kecamatan. Pada tahun 2021 lalu, diketahui bahwa jumlah penduduk kabupaten belu yakni sebanyak 227.097 jiwa dengan kepadatan 176,74 jiwa/km2. Penduduk dari kabupaten ini diyakini berasal ras melayu tua, yaitu ras yang diyakini lebih tua dan lebih awal mendiami pulau timor. Salah satu hal yang cukup membanggakan dari kabupaten ini yaitu masuk dalam daftar kabupaten dengan penanggulanganan korupsi terbaik di Nusa Tenggara Timur dan menduduki posisi pertama diikuti dengan kabupaten manggarai di posisi keduanya.

Seperti yang diketahui oleh banyak orang bahwa nusa tenggara timur merupakan salah satu provinsi yang kaya akan wisata salah satunya ialah kabupaten ini. Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa sobat dan teman kunjungi saat di hari libur untuk mengisi waktu luang. Sobat tidak akan dibuat kecewa dengan sajian keindahan alamnya karena beberapa tempatnya masih terbilang cukup asri. Selain daripada itu kabupaten ini juga berbatasan langsung dengan timor leste, timor leste sendiri merupakan salah satu negara tetangga terdekat dan dulunya merupakan bagian dari indonesia. Bisa sobat simak dibawah ini tempat wisata di belu nusa tenggara timur terbaru yang paling hits dan instagramable.

Simak Tempat Wisata di Belu NTT Terbaru yang Paling Hits dan Instagramable

1. Air Terjun Mauhalek

Air Terjun Mauhalek menjadi tempat yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi saat berada di kabupaten ini. Selain menjadi salah satu tempat wisata yang populer Air Terjun Mauhalek juga terkenal dengan panorama alamnya yang menawan. Akan tetapi untuk bisa menikmati wisata yang satu ini sobat harus membutuhkan perjuangan yang cukup extra karena harus melalui rute yang cukup sulit, seperti jalan setapak yang menanjak dan belok.

Namun perjalanan yang sobat lakukan untuk bisa sampai di air terjun ini tidak akan mengecewakan karena selain akan dibuat takjub dengan pesona air terjunnya sobat juga akan ditemani dengan indahnya kawasan hutan sekitar yang masih terjaga kealamiannya. Saat berada di Air Terjun Mauhalek sobat bisa melakukan banyak hal seperti bermain air berfoto dan menikmati keindahan alam sekitar air terjun. Lokasi dari Air Terjun Mauhalek sendiri berada di raiulun, kecamatan lasiolat, kabupaten belu.

2. Pantai Berluli

Selain air terjun, wisata air selanjutnya yang tidak kalah menarik populer dan menarik lainnya ialah Pantai Berluli. Pantai ini terletak di Jalan Ki Hajar Dewantara, Umanen, Atambua barat, Kabupaten belu. Dari sekian banyaknya pantai di kabupaten belu pantai ini berada di posisi pertama yang wajib untuk dikunjungi. Meskipun di hari-hari biasa akan tetapi pantai ini masih sering dikunjungi oleh pengunjung, baik itu pengunjung sekitar maupun wisatawan.

Pantai Berluli dikenal oleh banyak orang karena hamparan pasir putih yang menghiasi bibir pantainya dan secara tidak langsung juga menjadi incaran wisatawan mancanegara untuk berjemur di bawah sinar matahari. Beberapa aktifitas yang biasa orang-orang lakukan di pantai ini diantaranya yaitu bermain air, bermain pasir, bermain voli pantai, dan berfoto-foto sembari menikmati matahari terbenam.

3. Wisata Teluk Gurita

Tempat wisata yang satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum menjadi sebuah tempat wisata, Teluk Gurita dulunya merupakan sebuah pelabuhan. Bahkan bisa dikatakan pelabuhan ini merupakan salah satu pelabuhan yang cukup ramai. Banyak saudagar asli maupun eropa yang berlabuh di pelabuhan ini untuk mencari suatu barang. Lalu mengapa pelabuhan ini menjadi tempat wisata ? menurut beberapa cerita yang beredar konon terdapat sebuah kapal pedagang yang dililit gurita hingga tenggelam, kemudian munculah nama pantai teluk gurita. Sebelumnya objek wisata yang satu ini juga memiliki nama Kuit Namon, sebelum akhirnya diganti menjadi Teluk Gurita.

Pesona dari teluk gurita sendiri dikatakan dapat membuat orang-orang menjadi betah dan ingin berlama-lama saat berada di tempatnya. Suasananya yang menawan dan airnya yang jernih siap menamani untuk mengisi waktu libur bersama keluarga. Tak hanya itu saja, kondidi alam sekitar teluk ini juga cukup indah dan menawan dengan dihiasi oleh pepohonan hijau. Letak dari Teluk Gurita berada di Desa Dualaus, Kecamatan Kakuluk Mesak, kabupaten belu.

4. Benteng Ranu Hitu

Bagi sobat yang suka dengan sejarah maka sobat wajib banget untuk berkunjung ke Benteng Ranu Hitu yang beralamatkan di Desa Dirun, Kecamatan lamaknen, Kabupaten belu. Meskipun merupakan wisata sejarah namun Benteng Ranu Hitu menjadi salah satu kawasan yang cukup populer dan cukup hits di kabupaten ini. Benteng Ranu Hitu sendiri merupakan bentang peninggalan masa lampau yang terdiri dari beberapa lapis pertahanan.

Bentuk dari benteng ini adalah lingkaran dan terbuat dari susunan batu alami. Di tempat ini sobat juga akan mendapati sebuah batu yang berukuran cukup besat yang diyakini sebagai singgasana raja suku uma metan. Suasana di sekitar bentang ini juga cukup mencekam, apabila sobat datang berkunjung hanya sendirian. bahkan beberapa warga sekitar masih mengeramatkan tempat ini.

5. Lembah Fulan Fehan

Tempat wisata selanjutnya yang tsaik kalah hits dan instagramable ialah Lembah Fulan fehan. Saat menginjakan kaki di tempat ini sobat akan dibuat takjub dengan suguhan padang sabananya yang begitu luas dan juga menawan. Dengan begitu secara tidak langsung sobat juga akan mendapati banyak sekali spot foto indah saat berada di tempat ini.

Tempat wisata yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri dari bisingnya kendaraan dan hirak piruknya perkotaan. tak hanya itu saja sobat juga bisa melihat beberapa hewan liar dan jinak yang bebas berkeliaran untuk makan rumput seperti kuda. untuk lokasinya sendiri Lembah Fulan fehan berada di Desa Dirun, Kecamatan lamaknen, Kabupaten belu.

6. Bukit Kakeu Mantenu

Bukit Kakeu Mantenu menjadi tempat terakhir yang wajib untuk sobat kunjungi saat berada di belu. DI tempat ini sobat akan menemukan banyak sekali spot-spot foto keren. Lokasinya yang berada di puncak menjadikan tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu wisata andalan dan pastinya selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang. Salah satu hal yang wajib sobat lakukan saat berada di bukit ini yaitu berfoto di love reumanuk, karena tempat tersebut menjadi lokasi terfavorit untuk berfoto.

Karena lokasinya yang berada di puncak pastinya sobat akan merasakan udara yang cukup dingin namun menyegarkan. Namun bagi teman-teman yang kurang suka udara dingin teman-teman bisa menggunakan jaket yang tebal saay berkunjung ke tempat ini agar tidak kedinginan. lokasi dari Bukit Kakeu Mantenu berada di Desa Faturika, Kecamatan raimanuk, Kabupaten belu.

Komentar