6 Tempat Wisata di Batubara Sumatera Utara yang Sedang Hits

tempat wisata di kabupaten batubara sumatera utara

Bangnanda.com - Batubara merupakan salah satu kabupaten di indonesia yang terletak di pulau sumatera tepatnya di provinsi sumatera utara tepi pantai selat melaka. Kabupaten batubara merupakan salah satu kabupaten termuda karena dulunya merupakan bagian dari kabupaten asahan. Kabupaten ini baru diresmikan pada 15 juni 2007 bersamaan dengan dilantiknya Penjabat Bupati Batu Bara, Drs. H. Sofyan Nasution, S.H.

Luas kabupaten batubara yakni kurang lebih sekitar 905 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 410.678 jiwa yang sebagian besar didominasi oleh etnis melayu kemudian diikuti oleh orang-orang Jawa, dan Suku Batak. Sekitar 85% penduduk kabupaten ini memeluk agama islam sementara 15% sisanya memeluk agama lainnya. Sejak diresmikan menjadi kabupaten, pemerintah daerah terus berbenah untuk membuat kabupaten ini menjadi salah satu kota yang baik dan dikenali oleh banyak orang. Salah satu upaya besar yang dilakukan oleh pemerintah ialah sektor pariwisata.

Memang benar, agar kota ini dikenali dan memiliki nama baik di mata banyak orang ialah dengan mendatangkan banyak pengunjung khususnya dari luar daerah dan luar pulau sumatera. Sangat besar sekali potensi wisata yang dimiliki oleh kabupaten ini, selain memiliki batas wilayah pantai, kabupaten ini juga memiliki sejumlah destinasi wisata menarik seperti wisata sejarah dan wisata buatan. Maka dari itu tak sedikit pula wisatawan yang datang ke batubara karena ingin merasakan keindahanya langsung sembari liburan. Bagi sobat yang penasaran akan keindahan alamnya dan tertarik datang ke batubara, berikut daftar tempat wisata di batubara sumatera utara yang sedang hits.

6 Tempat Wisata di Batubara Sumatera Utara yang Sedang Hits

1. Wisata Alam Datuk Batu Bara

Liburan di batubara rasanya tidak akan lengkap jika sobat tidak menikmati Wisata Alam Datuk Batu Bara yang terletak di Kwala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara. Destinasi yang satu ini lebih ke arah ekowisata, sobat akan disajikan dengan pemandangan hutan bakau yang indah di area sekitaran pantai.

Pengunjung yang pertama kali datang ke tempat ini akan dibuat terpana oleh pemandangan pasir putihnya yang bersih. Agar liburan di tempat ini terasa lebih seru dan menyenangkan, sobat bisa mengajak keluarga ataupun sahabat. Harga tiket masuknya yang murah menjadi salah satu alasan mengapa tempat ini ramai dikunjungi oleh banyak orang, sobat hanya perlu mengeluarkan uang senilai Rp. 15.000 saja.

2. Danau Tanjung Gading

Danau Tanjung Gading merupakan danau buatan yang berada di perumahan PT Inalum atau lebih tepatnya di Perkebunan Sipare-Pare, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara. Wisata yang satu ini menjadi wisata favorit sekaligus andalan di batubara. Banyak penduduk lokal yang singgah ke tempat ini untuk menenagkan diri dan berfoto-foto. Keindahan alam sekitar danau ini bisa membuat para pengunjungnya betah dan nyaman karena ditumbuhi oleh pepohonan dan rerumputan yang pastinya menyegarkan, terlebih lagi jika datang ke danau ini pada waktu sore hari. Harga tiket masuk ke danau tanjung gading yakni Rp. 10.000 perorangnya.

3. Istana Niat Lima Laras

Dari namanyapun sobat pastinya sudah mengetahui bahwa wisata yang satu ini merupakan salah satu wisata sejarah yang ada di batubara. Wisata yang satu ini wajib banget untuk sobat kunjungi terutama yang menyukai sejarah-sejarah. Berdasarkan cerita masyarakat bangunan ini merupakan peninggalan dari Datuk Muhammad Yoeda. gaya arsitektur bangunan ini mengabungkan dua unsur yang berbeda yakni melayu dan china. Bangunan ini juga menyimpan benda-benda sejarah dari Kerajaan Lima Laras. Lokasi dari Istana Niat Lima Laras berada di Jalan Istana Desa, Lima Laras, Tj. Tiram, Kabupaten Batubara.

4. Pulau Salah Namo

Masyarakat sumatera utara pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama pulau yang satu ini, ya Pulau Salah Namo menjadi alasan mengapa banyak wisatawan datang ke batubara karena tergoda dengan keindahanya. Siapapun yang datang ke pulau ini akan dibuat takjub dan terpana dengan segala keindahan yang dimiliki oleh pulau ini.

Selain terkenal akan keindahanya, pulau ini juga terkenal akan biota lautnya. Sobat dapat melihat ikan-ikan yang berenang dengan jelas karena air laut di sekitaran pulau ini sangat jernih dan bersih. Salah satu aktifitas yang wajib sobat dan keluarga lakukan di pulau ini adalah snorkeling. Pulau Salah Namo sendiri terletak di Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batu Bara.

5. Dogi Park Waterboom Indrapura

Tempat wisata berikutnya masih merupakan wisata air, jika sobat enggan atau bosan untuk pergi ke pantai dan ingin merasakan sensasi wisata yang baru, sobat bisa sobat datang ke Dogi Park Waterboom Indrapura yang beralamatkan di Desa Tanjung Kubah, Indrapura, Kecamatan Air Putih, Kabupaten Batu Bara.

Ada banyak wahana-wahana seru yang bisa sobat nikmati bersama keluarga dan anak-anak saat berada di tempat ini. Salah satu wahana di tempat ini yaitu berupa miniatur patung-patung terkenal di dunia. Patung-patung tersebut menjadi salah satu lokasi spot terbaik di tempat ini. Untuk harga tiket masuknya sendiri sobat tidak usah khwatir karena harga tiket masuk ke tempat ini sangatlah terjangkau, sobat hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 10.000 saja.

6. Danau Laut Tador

Tempat wisata terakhir yang saat ini sedang hits di batubara ialah Danau Laut Tador. Tak hanya danau tanjung gading saja yang ramai dikunjungi oleh banyak orang, danau laut tador juga menjadi salah satu tempat yang difavoritkan untuk menenangkan diri dan untuk berlibur, jika danau tanjung gading dikenal sebagai wisata buatan maka danau laut tador merupakan wisata alam. Di danau inilah biasanya orang-orang menenangkan diri karena suasananya yang tenang dan nyaman untuk melepas kepenatan. Danau ini dikelilingi oleh pepohonan yang rindang yang membuat suasana sekitar sejuk dan dingin. Lokasi dari Danau Laut Tador berada di Laut Tador, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara.

Komentar