Rekomendasi Tempat Wisata Terhits dan Terbaru di Bener Meriah Aceh

Tempat Wisata Terhits dan Terbaru di Bener Meriah

Bangnanda.com - Beberapa dari sobat khususnya yang berada di luar pulau sumatera mungkin cukup asing ketika mendengar nama Bener Meraih, Bener Meriah sendiri merupakan salah satu kabupaten di indonesia yang terletak di provinsi aceh. Sebelum berdiri menjadi kabupaten, bener meraih masih berada dalam kawasan kabupaten aceh tengah. Kabupaten bener meraih baru diresmikan di tahun 2004 oleh menteri dalam negeri berdasarkan ndang-Undang No. 41 tahun 2003 tanggal 18 Desember 2003.

Luas kabupaten bener meriah yakni kurang lebih sekitar 1.457 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 164.964 jiwa. Suku Gayo, suku Aceh, dan suku Jawa menjadi penduduk terbesar yang mendiami kabupaten ini. Wilayah dari bener meriah sendiri berada di tengah-tengah di antara 4 kabupaten, di sebelah utara ada kabupaten aceh utara dan kabupaten bireueun, di timur kabupaten aceh timur, dan disebelah selatan dan barat ada kabupaten aceh tengah.

Meskipun nama kabupaten ini kurang begitu disorot, akan tetapi tak sedikit pula orang yang berasal dari luar pulau sumatera mengetahui daerah yang satu ini. Ada banyak sekali alasan mengapa mengenal kabupaten ini, diantara adalah karena mereka penduduk asli daerah tersebut yang sedang merantau, dan alasan yang kedua adalah karena mereka pernah mengunjunginya secara langsung untuk berwisata.

Bagi sebagian orang sudah pernah berkunjung ke bener meriah untuk sekedar berlibur, mereka tidak akan bisa melupakan keindahan alam dari bener meriah sendiri. Pastinya mereka berpikiran untuk datang lagi suatu saat nanti. Meskipun daerah ini tidak memiliki batas wilayah lautan, namun ada banyak sekali alternatif wisata lainnya yang tidak kalah seru dan patut untuk sobat coba. Berikut ini rekomendasi tempat wisata terhits dan terbaru di bener meriah aceh yang wajib untuk dikunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata Terhits dan Terbaru di Bener Meriah Aceh

1. Air Terjun Reje Ilang

Tempat wisata pertama yang menjadi rekomendasi ialah Air Terjun Reje Ilang yang berlokasi di Meriah Jaya, Kecamatan Gajah Putih, Kabupaten Bener Meriah. Air terjun ini terkenal karena pemandangannya yang masih asri yang dikelilingi oleh banyak pepohonan. Namun untuk bisa menikmati keindahan dari air terjun ini sobat harus melalui perjalanan yang cukup melelahkan karena harus berjalan kaki sekitar 1000 meter dari desa terdekat karena tempatnya jauh dari pemukiman warga.

Meskipun perjalanan yang sobat lewati melelahkan namun jika sobat mengajak keluarga dan teman-teman perjalanan yang melelahkan tersebut akan berubah menjadi mengasikan. Selain tempatnya yang jauh dari pemukiman, fasilitas yang ada di air terjun ini juga sangat minum jadi para pengunjung harus membawa perbekalan dan peralatan sendiri. Para pengunjung yang datang ke air terjun ini biasanya mereka yang sedang mencari ketenangan sambil mencari sensasi wisata yang baru.

2. Makam Datu Beru

Bagi sobat yang ingin merasakan sensasi berwisata sembari belajar maka sobat harus datang ke objek wisata yang satu ini. Makam Datu Beru merupakan salah satu wisata sejarah terbaik di kabupaten bener meriah yang terletak di Desa Tunyang, Kecamatan Timang. Datu Beru sendiri merupakan tokoh yang cukup berpengaruh di kawasan tanah gayo, nama asli dari Datu Beru adalah Qurrata’aini, datu beru hanyalah nama panggilan saja ketika ia masih kecil. Para pengunjung yang datang ke makam ini mereka bisa mengetahui akan sejarah aceh dan sejarah lainnya yang masih berkaitan dengan aceh.

3. Arung Jeram Samar Kilang

Wisata yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi bagi sobat yang menyukai petualangan dan tantangan ekstrem serta memacu adrenalin.. Bisa dikatakan bahwa Arung Jeram Samar Kilang merupakan wisata yang cukup baru dan masih dalam tahap perkembangan namun sudah mendapatkan banyak perhatian. Karena wisata yang satu ini masih dalam tahap pengembangan maka fasilitas yang ada di tempat inipun masih sangat minim.

Meskipun begitu sobat masih bisa menikmati kegiatan seru arum jeram menyusuri sungai berbatu. Bagi sobat yang tertarik untuk mencoba wisata yang satu ini maka sobat bisa datang langsung ke alamtnya yaitu di Samar Kilang, Kecamatan Syiah Utama, Kabupaten Bener Meriah.

4. Danau Lut Kucak

Tempat wisata selanjutnya yang menjadi rekomendasi ialah Danau Lut Kucak yang terletak di Lut Kucak, Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah. Danau Lut Kucak juga menjadi salah satu wisata alam terfavorit di bener meriah. Lut Kucak sendiri merupakan bahasa dari aceh yang memiliki arti danau kecil. Sebelum menjadi salah satu wisata terfavorit, dulunya danau ini tidak terawat dan sangat terabaikan.

Namun seiring berjalanya waktu banyak orang yang ingin menjadikan danau ini menjadi wisata yang cukup ternama di bener meriah. Para pengunjung yang datang ke danau ini akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan asri serta perkebunan yang ada di sekitar rumah warga.

5. Air Panas Bandar Lampahan

Setelah seharian berkeliling bener meriah badan akan terasa pegal dan lelah, untuk menghilangkan semua itu sobat bisa datang ke Air Panas Bandar Lampahan yang beralamatkan di Bandar Lampahan Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. Sembari berendam, sobat juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang cukup memukau. Tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi pada hari sabtu dan minggu yang pastinya ramai.

Selain untuk menghilangkan rasa lelah dan pegal pada tubuh, berendam di air panas juga memiliki manfaat lainnya yaitu mengobati penyakit kulit dan membuat tubuh menjadi rilek atau tenang. Tempat wisata yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penyewaan ban untuk berenang, toilet umum, dan fasilitas lainnya.

Komentar