6 Rekomendasi Tempat Wisata di Berau Kaltim yang Indah dan Sedang Hits

Rekomendasi Tempat Wisata di Berau Kaltim yang Indah dan Sedang Hits

Bangnanda.com - Berau merupakan salah satu kabupaten di indonesia yang terletak di kalimantan timur. Kabupaten ini memiliki luas wilayah yang cukup luas dan besar yaitu sekitar 36.962 km². Saking luasanya angka kepadatan penduduk di kabupaten ini hanya sekitar 7 jiwa/km². Kabupaten berau merupakan wilayah yang memiliki sejarah cukup panjang yang dimana dulunya kabupaten ini dikenal dengan nama kesultanan berau yang dimana kesultanan tersebut sudah ada sejak abad 14. Sebelum berdirinya kesultanan ini, sebagian besar penduduk kabupaten ini memeluk agama Hindu-Buddha, namun setelah kesultanan ini berdiri sebagian penduduk berau berubah keyakinan menjadi islam.

Selain memiliki sejarah yang begitu panjang dan wilayah yang luas, berau juga terkenal akan dunia pariwisatanya. Saat sobat berkunjung ke kabupaten ini, sobat akan mendapati sejumlah tempat-tempat menarik yang sayang untuk dilewatkan. Setiap orang pastinya membutuhkan liburan karena liburan dapat menghilangkan rasa penat sejenak dengan mengistirahatkan badan dan pikiran dari rutinitas biasanya. Nah bagi sobat yang memiliki rencana liburan di kalimantan timur maka berkunjung ke kabupaten berau mungkin bisa menjadi pilihan utama, bisa sobat simak dibawah ini rekomendasi tempat wisata di berau kaltim yang indah dan sedang hits.

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Berau Kaltim yang Indah dan Sedang Hits

1. Labuan Cermin

Tempat wisata pertama yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi ialah Labuan Cermin. Labuan Cermin sendiri merupakan wisata perairan yang cukup populer karena keunikanya yaitu menghadirkan danau dua rasa yaitu air tawar dan air asin. Sobat juga bisa menikmati keindahan danau ini dari dekat sembari berkeliling danau dengan menggunakan perahu yang dihargai Rp. 20.000. Selama berkeliling menggunakan perahu sobat akan disajikan dengan pemandangan alam yang indah dan hijau yang menyejukan mata. Bahkan para pengunjung yang sudah berkunjung ke tempat ini mereka tertarik untuk kembali ke tempat ini karena keindahanya tersebut. Wisata yang satu ini akan terasa lebih asik jika dinikmati bersama keluarga ataupun orang tercinta. Lokasi dari labuan cermin berada di Kecamatan Biduk Biduk, Kabupaten Berau.

2. Goa Mulut Besar

Meskipun goa merupakan tempat yang gelap dan lembab namun di beberapa daerah goa juga dijadikan sebagai objek wisata, salah satunya yaitu Goa Mulut Besar yang menjadi salah satu ikon sekaligus wisata favorit di berau. Goa yang terbentuk secara alami ini memiliki panorama yang cukup memukau dan dapat membuat pengunjungnya terpana. Alasan mengapa goa ini disebut Goa Mulut Besar adalah karena memiliki diameter mulut yang cukup besar, yakni lebar 20 meter dan tinggi sekitar 10 meter. Di dalam goa ini sobat akan menemukan dinding goa yang berkubang yang dimana di setiap dindingnya sobat bisa melihat ukiran bebatuan cantik yang terbentuk jutaan tahun silam. Goa mulut besar berlokasi di Merasa, Kecamatan Kelay Kabupaten Berau.

3. Pulau Derawan

Sebagian orang mungkin sudah mengenal dan mendengar tempat wisata yang satu ini, akan tetapi bagi yang belum tahu tidak perlu berkecil hati karena akan dijelaskan saat ini juga. Perlu sobat ketahui bahwa Pulau Derawan merupakan salah satu wisata unggulan di indonesia, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang ke kaltim karena ingin merasakan dan menyaksikan langsung liburan di pulau yang indah ini. Keindahan pulau derawan tidak hanya pada daratanya saja, akan tetapi juga keindahan bawah lautnya. Maka dari ity sangat wajib bagi sobat untuk melakukan snorkeling dan diving agar bisa menikmati keindahan pulau ini dari berbagai sudut. Alamat dari pulau derawan berada di Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau.

4. Danau Telaga Biru

Tempat wisata berikutnya yang indah dan sedang hits adalah Danau Telaga Biru. Tempat ini sangat cocok dikunjungi bagi sobat yang ingin merasakan ketenangan jiwa dan menghilangkan penat. Danau Telaga Biru terletak di Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau. Di danau ini sobat akan disajikan dengan pemandangan alam yang luar biasa indah. Alasan mengapa telaga ini disebut telaga biru adalah karena memiliki air yang begitu jernih dengan warna biru yang membuatnya terlihat menawan. Saking jernihnya sobat bisa melihat langsung pemandangan bawah danau di pinggir danaunya. Banyak hal yang bisa sobat lakukan saat berada di tempat ini, beberapa diantaranya yaitu berenang, snorkeling, dan bermain flaying fox.

5. Kakaban Island

Kakaban Island menjadi tempat berikutnya yang wajib sobat kunjungi saat berada di berau. Tempat wisata yang satu ini terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau. Kakaban island merupakan wisata yang menyajikan keindahan flora dan fauna yang ada pada laut, apabila sobat beruntung sobat akan melihat beberapa biota laut yang langka. Untuk menikmati keindahan bawah laut tempat ini pengunjung tidak perlu menyelam karena tempat wisata yang satu ini memiliki air yang cukup jernih. Di kakaban island pengunjung juga bisa melakukan aktifitas-aktifitas seru seperti menyelam, snorkeling dan berenang bersama ubur-ubur. owh ya perlu teman-teman ketahui juga bawah ubur-ubur yang ada di perairan kakaban island merupakan spesies yang tidak menyengat sehingga tidak membahayakan pengunjung.

6. Air Terjun Jenum

Meskipun berau terkenal akan wisata bahari dan danunya, berau juga memiliki beberapa wisata air terjun yang tidak kalah indah dan menawan, salah satunya ialah air terjun jenum yang beralamat di Merasa, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau. Suasana sekitar air terjun ini sangat asri karena letaknya yang cukup jauh dengan perkotaan. Namun karena itu juga tempat ini tidak memiliki banyak pengunjung layaknya seperti tempat-tempat diatas. Tempat ini sangat rekomen untuk sobat yang ingin menenagkan jiwa sembari menikmati keasrian alam yang belum tersentuh banyak orang. Sembari menikmati keindahan air terjun sobat juga bisa berfoto-foto dengan background air terjun.

Komentar