5 Film Adaptasi Novel Terbaik Yang Harus Kamu Tonton

film adaptasi novel terbaik

Bangnanda.com - Bagi seseorang yang mempunyai hobi membaca, membaca novel sudah menjadi suatu kegemaran dan jadi aktifitas yang tidak terlewatkan setiap harinya. Novel sendiri merupakan sebuah salah satu karya sastra yang berbentuk frosa, berbeda dengan cerita pada umumnya cerita yang ada pada novel merupakan mengisahkan kehidupan sehari-hari dari suatu tokoh dan ceritanyapun terbilang cukup panjang. Cerita pada novel tak hanya bersifat karangan saja, namun ada pula yang ditulis berdasarkan pengalaman hidup seseorang.

Hal inilah yang tentunya menjadi keunikan dari sebuah buku novel, selain bisa mengetahui kisah hidup seseorang, teman-teman juga bisa melihat baik dan buruknya kisah hidup seseorang. Sama halnya film, novel juga mempunyai genre didalamnya. Salah satu genre novel populer di indonesia sendiri yaitu tentang percintaan dan tentang persahabatan. Kesuksesan sebuah novel tidak menutup kemungkinan untuk novel tersebut mendapatkan adaptasi film layar lebar. Saat ini sudah banyak judul-judul novel dalam negeri maupun luar negeri yang diangkat menjadi sebuah film.

Ada yang berakhir dengan pujian dan ada pula yang berakhir dengan cemoohan. Bagi teman-teman yang malas untuk membaca, hal ini tentunya menjadi sebuah keuntungan tersendiri karena teman-teman tidak perlu membaca lagi untuk menikmati cerita dari novel tersebut, teman-teman cukup melihat filmnya saja. Dari sekian banyaknya judul novel yang diadaptasi menjadi film, ada beberapa judul yang cukup menarik perhatian dan jadi film yang cukup populer dengan rating yang cukup tinggi. Bisa teman-teman simak dibawah ini daftar judul film adaptasi novel terbaik yang wajib untuk ditonton.

5 Film Adaptasi Novel Terbaik Yang Harus Kamu Tonton

1. The Silence of The Lamb
Sinopsis The Silence of The Lamb

Sinopsis The Silence of The Lamb : The Silence of the Lambs adalah film Amerika Serikat tahun 1991 yang disutradarai oleh Jonathan Demme dan ditulis oleh Ted Tally. Film ini mengisahkan tentang seorang detektif FBI bernama Clarice Starling yang ditugaskan untuk menangkap seorang penjahat yang dikenal sebagai "Buffalo Bill". Untuk memecahkan kasus ini, ia berkonsultasi dengan seorang penjahat juga yang ditahan di penjara bernama Dr. Hannibal Lecter.

Film ini mengeksplorasi tema-tema seperti kekerasan dan keamanan nasional, serta menampilkan adegan-adegan yang menegangkan dan mengharukan. Film ini memenangkan lima Academy Awards, termasuk untuk Aktor Terbaik (Anthony Hopkins), Aktris Terbaik (Jodie Foster), dan Skenario Adaptasi Terbaik (Ted Tally). Bagi teman-teman yang suka dengan film aksi dan petualangan, maka wajib banget bagi teman-teman untuk menonton film yang satu ini.

2. The Shining
Sinopsis The Shining

Sinopsis The Shining : Film ini menceritakan tentang Jack Torrance, seorang penulis yang dipekerjakan sebagai penjaga hotel Overlook di Colorado selama musim dingin. Jack, istrinya Wendy, dan anak mereka Danny pindah ke hotel tersebut untuk mengisi posisi penjaga saat hotel itu ditutup untuk musim dingin. Mulai dari hari pertama, Danny mulai merasakan hal-hal aneh di hotel tersebut. Dia bermimpi tentang sebuah ruangan berwarna merah yang dipenuhi dengan darah, dan dia juga mulai merasakan ada sesuatu yang mengikuti dia di hotel.

Sementara itu, Jack mulai merasakan tekanan dari pekerjaannya sebagai penjaga hotel dan mulai mengalami kecemasan yang parah. Dia juga mulai merasakan ada sesuatu yang aneh di hotel dan mulai mengalami halusinasi yang menakutkan. Akhirnya, Jack menjadi gila dan mulai mengejar istri dan anaknya di hotel. Dia berusaha untuk mencelakai mereka, tapi akhirnya dia sendirilah yang menerima akibatnya. Film ini menyajikan adegan-adegan menakutkan dan menegangkan yang akan membuat penonton merasa takut dan terkejut.

3. The Godfather
Sinopsis Sinopsis The Shining

Sinopsis Sinopsis The Shining : The Godfather adalah film drama-gangster tahun 1972 yang disutradarai oleh Francis Ford Coppola dan ditulis oleh Mario Puzo berdasarkan novelnya yang sama. Film ini mengisahkan keluarga Corleone, sebuah keluarga mafia Italia-Amerika yang berbasis di New York City. Don Vito Corleone (Marlon Brando) adalah kepala keluarga yang dihormati yang mengatur bisnis dan masalah keluarga dengan sikap sopan dan pengaruh yang kuat.

Putranya, Michael (Al Pacino), awalnya tidak terlibat dalam bisnis keluarga tetapi akhirnya mengambil alih saat ayahnya dicelakai. Dia kemudian mengambil tindakan untuk melindungi keluarga dan membalas dendam atas apa yang dilakukan kepada ayahnya. Film ini mengeksplorasi tema-tema keluarga, loyalitas, dan ambisi yang dipresentasikan dalam kontek kriminal.

4. Forreset Gump
Sinopsis Forreset Gump

Sinopsis Forreset Gump : Forrest Gump adalah film drama komedi Amerika yang dirilis pada tahun 1994. Film ini dibintangi oleh Tom Hanks sebagai Forrest Gump, seorang pria dengan IQ rendah yang melalui sejumlah peristiwa penting dalam sejarah Amerika.Cerita film ini dimulai dengan Forrest yang duduk di bangku taman menunggu bus sekolah. Dia mulai bercerita tentang hidupnya kepada siapa saja yang duduk di sekitarnya. Forrest menceritakan tentang keluarganya dan masa kecilnya di Alabama, di mana dia dibesarkan oleh ibunya (Sally Field). Dia juga menceritakan tentang bagaimana dia bertemu dengan Jenny (Robin Wright), teman masa kecilnya yang menjadi cinta pertamanya.

Forrest kemudian diwajibkan untuk bergabung dengan Angkatan Darat AS dan ditempatkan di Vietnam. Dia mengalami banyak petualangan di sana, termasuk menyelamatkan teman-temannya dari kematian. Setelah kembali dari Vietnam, Forrest kembali ke Alabama dan menemukan bahwa Jenny telah kembali ke kotanya. Mereka menjalin hubungan yang kompleks dan penuh liku, di mana Jenny sering menjauh dari Forrest karena masalah pribadinya.Forrest juga menjadi seorang atlet cepat dan menjadi pemenang Olimpiade di AS. Dia juga menjadi seorang pengusaha sukses dengan bisnis "shrimping" yang ia jalankan bersama teman masa kecilnya Bubba (Mykelti Williamson).

Film ini menyoroti tema-tema seperti cinta, persahabatan, dan kesetaraan sosial. Forrest Gump adalah film yang menyentuh hati yang menyoroti bagaimana seorang pria dengan IQ rendah dapat menjadi pahlawan dalam hidupnya dan membuat perbedaan dalam dunia orang lain. Film ini memenangkan enam Academy Awards, termasuk untuk Aktor Terbaik untuk Tom Hanks.

5. Shawshank Redemption
Sinopsis Shawshank Redemption

Sinopsis Shawshank Redemption : Shawshank Redemption adalah film drama yang dirilis pada tahun 1994. Film ini dibintangi oleh Tim Robbins dan Morgan Freeman. Film ini menceritakan kisah seorang pria bernama Andy Dufresne (Robbins) yang dituduh melakukan kekerasan terhadap istrinya dan kekasihnya. Dia dikenai hukuman penjara seumur hidup dan ditempatkan di penjara Shawshank. Di penjara, Andy bertemu dengan Red (Freeman), seorang tahanan yang telah lama ditahan di penjara. Mereka menjalin persahabatan yang erat dan Andy mulai menunjukkan sisi kemanusiaannya yang lain.

Dia membantu tahanan lain dalam hal-hal seperti mengajar ilmu pengetahuan dan membantu mereka dalam mendapatkan pekerjaan setelah bebas. Andy juga membuat rencana untuk melarikan diri dari penjara. Dia menyimpan uang dari hasil bisnis ilegal yang dilakukan oleh pengelola penjara dan menyimpan bukti yang dapat membebaskannya dari tuduhan kekerasan yang telah ia lakukan. Setelah beberapa tahun, dia berhasil melarikan diri dan menyelamatkan Red dari penjara. Film ini menyampaikan pesan tentang harapan, persahabatan, dan kemanusiaan. Ini juga menunjukkan bagaimana seseorang dapat mengatasi kesulitan dan menemukan kebahagiaan meskipun dalam situasi yang sulit.

Komentar