Suka Begadang Hingga Tengah Malam ? Ketahui Dampak dan Akibat dari Begadang Pada Tubuh

begadang

Bangnanda.com - Begadang merupakan kebiasaan tidak tidur pada malam hari dan baru tidur saat pagi hari. Kebiasaan ini pastinya hampir pernah sering dilakukan oleh setiap orang terutama mahasiswa dan siswa sekolah, kebiasaan ini boleh saja dilakukan asalahkan tidak terlalu sering dan bermanfaat contohnya mengerjakan tugas dan bekerja bagian malam. Namun kebiasaan ini justru menjadi hobi dan sering kali dilakukan oleh orang-orang untuk kegiatan yang tidak penting, contohnya berkumpul bersama teman dan bermain game hingga larut pagi. Maka dari itu orang tua harus tegas kepada anak-anaknya dalam mengatur jam bermain meraka.

Tahukah teman-teman, begadang bisa membuat kerusakan pada tubuh jika dilakukan terlalu sering. Memang kerusakan tersebut tidak akan bisa rasakan oleh teman-teman dimasa muda, namun saat menginjak usia 30an tubuh teman-teman akan merasakan dampak dari kebiasaan begadang itu sendiri. Maka dari itu jika teman-teman saat ini menyukai kebiasaan tersebut cobalah untuk dikurangi karena sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh, lakukanlah kebiasaan ini saat teman-teman dalam pekerjaan atau mengerjakan sebuah tugas sekolah maupun dari kampus. Berikut ini dampak dan akibat dari begadang untuk kesehatan tubuh.

Suka Begadang Hingga Tengah Malam ? Ketahui Dampak dan Akibat dari Begadang Pada Tubuh

1. Tekanan darah Tinggi

Salah satu dampak dan akibat dari kurang tidur yaitu bisa menyebabkan kenaikan pada tekanan darah, hal tersebut dikarenakan karena proses metabolisme dan kontrol stres di dalam tubuh terganggu. Semakin sedikit jam tidur teman-teman maka semakin besar pula resiko terkena dampak ini, terlebih lagi bagi teman-teman yang menderita hipertensi. Waktu tidur yang baik sendiri menurut beberapa orang yaitu 6 sampai 8 jam perhari.

2. Pola Makan Tidak Teratur

Umunya ketika saat begadang perut akan terasa lapar dan hal ini membuat teman-teman memakana banyak hal di tengah malam tanpa disadari. Setelah pagi pun teman-teman juga pastinya akan sarapan pagi namun ada juga yang tidak karena masih kenyang sisa dari semalaman. Hal ini membuat pola makan menjadi tidak teratur, bahkan kemungkinan besar bisa membuat berat badan teman-teman bertambah atau naik.

3. Daya Ingat Melemah

Pada malam hari umunya semua organ tubuh perlu diistirahatkan karena sudah melakukan banyak hal pada siang harinya dan pastinya membuat anggota badan menjadi lelah. Hal ini sangat jarang disadari oleh anak-anak muda sehingga mereka menjadi telat ketika sedang berpikir dan mengambil tindakan. Ketahuilah bahwa begadang bisa membuat daya ingat menjadi melemah, hal ini harus terus diperhatikan oleh orang tua kepada anak-anaknya

4. Tidak Produktif

Sering begadang bisa membuat seseorang menjadi malas atau tidak produktif dan enggan untuk bekerja. Maka tidak heran jika di indonesia saat banyak lulusan dari kampus besar yang masih menganggur karena pastinya hobi keluar malam dan begadang. Meskipun ada pekerjaan, namun masyarakat tersebut masih berpikir-pikir dua kali lagi karena sudah terjebak dalam dunia tidur pagi. Anak muda semestinya bekerja agar masa depan terjamin dan bisa membangakan orang tua. 

5. Sering Sakit Kepala

Hati-hati lho, sering begadang rupanya bisa membuat kepala menjadi sakit dan akan terasa pusing pada siang harinya. Saat kepala terasa berat sangalah pasti bahwa tekanan darah teman-teman sedang rendah. Maka dari itu, saat teman-teman memutuskan untuk begadang teman-teman harus membawa banyak persediaan air minum karena sangatlah diperlukan untuk menjada aliran dan tekanan dalam darah agar tidak terkena tekanan darah rendah.

6. Daya Tahan Tubuh Melemah

Perlu teman-teman ketahui, bahwa begadang bisa membuat daya tahan tubuh seseorang melemah dan menjadi mudah terserang penyakit. Saat dalam keadaan begadang, tubuh teman-teman akan menghasilkan cytokine-protein yang dapat menyerang infeksi dan peradangan. Jika tidur teman-teman cukup maka cytokine-protein yang dihasilkan oleh tubuh akan sedikit tetapi sebaliknya, jika teman-teman mempunyai jam tidur yang puas maka cytokine-protein yang dihasilkan oleh tubuh sangat banyak. Jika cytokine yang dihasilkan berjumlah sedikit maka sistem imun teman-teman akan lemah sehingga rawan terserang infeksi dan penyakit.

7. Mata Panda

Begadang menjadi salah satu timbulnya kantung mata atau yang biasa dikenal dengan istilah mata panda. Mata panda ini bisa membuat rasa kepercayaan diri menjadi hilang dan akan sanga malu jika bertatapan dengan lawan jenis. Untuk menghilangkan kantung mata atau mata panda sendiri sangatlah sulit, bagi laki-laki hal tersebut bukanlah permasalah yang besar, Berbeda dengan perempuan yang berkeinginan untuk menghapus mata panda sangat besar, salah satu trip perempuan dalam menghapus dengan cara menutupinya dengan meke up yang tebal.

Komentar