Daftar Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Belitung Timur

Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Belitung Timur

Bangnanda.com - Belitung Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi kepulauan bangka belitung. Kabupaten ini merupakan hasil pemekaran dari kabupaten bangka belitung dan memiliki luas wilayah sekitar 2.506,91 km2. Belitung timur dikenal sebagai daerah pertambangan, bahkan dari masa kolonial belanda hingga masa orde baru aktifitas tersebut sudah ada. Saat ini jumlah populasi di kabupaten belitung timur yakni sekitar 126.939 jiwa dengan kepadatan penduduk 51 jiwa/km yang dimana 95% penduduknya memeluk agama islam. Kabupaten ini terbagi menjadi 7 kecamatan yang diantaranya Kecamatan Damar, Gendang, Gantung, kelapa Kampit, Manggar, Simpang Pesak, dan Simpang Reggiang.

Selain terkenal sebagai daerah pertambangan, belitung timur juga dikenal sebagai daerah yang kaya akan wisatanya, hal tersebut dikarenakan kabupaten ini memiliki potensi wisata yang cukup besar apalagi jika daerah tersebut memiliki batas pantai. Bagi sobat yang memiliki rencana untuk datang ke kepulauan bangka belitung, kabupaten ini wajib untuk sobat masukan sebagai tempat untuk liburan karena sobat akan menemukan banyak sekali wisata indah dan menarik. Tak sedikti pula wisatawan luar ataupun lokal datang ke kabupaten ini untuk berlibur dan menikmati keindahan alamnya. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan daftar tempat wisata terbaik dan terpopuler yang ada di belitung timur yang wajib untuk dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata Terbaik dan Terpopuler di Belitung Timur

1. Kampung Ahok

Tempat pertama yang bisa sobat kunjungi saat berada di belitung timur ialah Kampung Ahok. Nama ahok sendiri sudah tidak asing lagi di telingga masyarakat indonesia, ahok atau nama lainnya Basuki Tjahja Purnama merupakan seorang mantan gubernur DKI Jakarta, daerah manggar sendiri merupakan tempat kelahiran dari ahok itu sendiri. Semenjak namanya melambung, daerah manggar juga menjadi cukup terkenal dikalangan wisatawan bahkan sampai mendapatkan julukan sebagai kampung ahok. Salah satu daya tarik dari wisata ini terdapat pada rumah panggungnya yang masih dilestarikan hingga saat ini. Lokasi dari kampung Ahok sendiri berada di Lenggang, Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

2. SD Laskar Pelangi

Laskar Pelangi sendiri merupakan salah satu film yang cukup populer di indonesia, saking populernya film ini setiap tahunnya bahkan setiap bulannya selalu diseiarkan oleh beberapa stasiun televisi. Belitung timur sendiri menjadi tempat lokasi syuting dari film tersebut maka akan ada banyak sekali tempat yang cukup familiar bagi sobat, tempat-tempat yang ada di film tersebut ada yang dijadikan sebagai objek wisata, salah satunya yaitu SD Laskar Pelangi yang terletak di Lenggang, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur. Alasan lainnya tempat ini cukup populer adalah karena berada di pulau indah dengan pesona alam yang eksotis.

3. Pantai Punai

Karena belitung timur memiliki batas perairan maka tentu saja akan ada banyak sekali pantai dan pulau kecil yang dijadikan tempat wisata. Pantai Punai menjadi salah satu pantai yang populer yang sering dikunjungi oleh penduduk setempat ataupun wisatawan. Salah satu daya tarik dari Pantai Punai yang tidak dimiliki pantai lainnya yaitu adanya batuan granit yang cukup banyak. Batuan granit tersebut biasa dimanfaatkan orang-orang sebagai spot berfoto karena tampilannya yang beragam. Bukan hanya itu saja, pantai ini juga terkenal karena memiliki pasir putih yang tentunya membuat pemandangan yang ada di pantai ini terlihat semakin cantik terlebih jika disaksikan pada sore hari. Lokasi dari pantai punai berada di Tanjung Kelumpang, Kecamatan Dendang, Kabupaten Belitung Timur.

4. Vihara Dewi Kwan In

Selain dikenal karena memiliki banyak wisata alam yang indah, belitung timur juga memiliki sederet wisata lainnya salah satunya yaitu wisata religi. Vihara Dewi Kwan In menjadi wisata religi yang wajib sobat kunjungi, tempat ini menjadi salah satu tempat beribadah terbesar dan tertua umat buddha di provinsi kepulauan bangka belitung. Usia dari vihara ini yakni lebih dari 260 tahun. Untuk bisa sampai di tempatnya dan menikmati daya tarik dari tempat ini sobat haru melalui anak tangga. Saat berada di vihara ini sobat juga bisa melihat pemandangan sekitar yang begitu menakjubkan. Letak dari Vihara Dewi Kwan In berada di Burong Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur.

5. Open Pit

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa belitung timur dikenal sebagai daerah tambang, saat sumber daya yang berada di daerah tambang tersebut sudah habis maka aktifitas pertambangan di daerah tersebut juga dihentikan dan di terlantarkan. Namun siapa sangka ada juga bekasl lokasi pertambangan yang dijadikan sebagai lokasi wisata salah satunya ialah Open Pit yang terletak di Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur.

Dengan berkunjung ke tempat ini itu berarti sobat bukan hanya sekedar liburan biasa saja, akan tetapi sobat juga bisa belajar mengenai sejarah pertambangan timah yang berkembang di Belitung. Beberapa aktifitas yang dapat sobat lakukan saat berada di tempat ini yaitu menjelajahi gua bekas tambang serta melihat kawah buatan dari puncak bukit.

6. Air Terjun Marsila

Tempat wisata selanjutnya yang wajib sobat kunjungi saat berada di belitung timur ialah Air Terjun Marsila yang beralamatkan di Bentaian Jaya, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Jika sobat merasa bosan dengan wisata air berupa pantai, maka sobat wajib untuk mencoba wisata yang satu ini yang pastinya tidak kalah seru. Lokasi dari air terjun marsila sendiri berada di dekat hutan sehungga akan terasa sejuk dan segar apabila sobat datang ke tempat ini. Sobat juga akan menemukan sebuah spot berenang dengan air jernih dan menyegarkan. Selain itu sobat juga bisa berfoto sepuasnya karena pemandangan yang ada di sangatlah cantik.

Komentar