Ketahui! 8 Cara Mengembangkan Karakter dan hidupmu

Mengembangkan Karakter dan hidupmu

Bangnanda.com - Setiap manusia tentunya mengalami pertumbuhan dan perkembangan pada dirinya masing-masing, baik itu pertumbuhan luarnya maupun dalamnya. Pada umunya seseorang akan berubah karena berbagai faktor, diantaranya yaitu karena pergaulan, lingkungan, dan dari media lainnya. Perlu teman-teman ketahui bahkan pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua hal yang berbeda. Untuk pertumbuhan dapat diamati secara kasat mata contohnya yaitu pertambahan tinggi badan sedangkan perkembangan berlangsung di dalam diri individu contohnya yaitu pada gaya bahasa karena hanya bisa dirasakan tanpa bisa dilihat.

Baik itu pertumbuhan ataupun perkembangan, seseorang pasti akan mengalami dua hal tersebut. Namun untuk baik atau buruknya pertumbuhan dan perkembangan seseorang hanya tergantung dari orang itu sendiri. Di samping dari dua hal itu ada yang tidak jauh lebih penting yaitu mengembangkan karakter. Jika seseorang berhasil dalam mengembangkan karakter dirinya maka orang tersebut juga berhasil menemukan jati dirinya. Maka dari itulah mulai sekarang teman-teman harus tahu cara untuk mengembangkan karater pada diri masing-masing, bisa teman-teman simak dibawah ini cara untuk mengembangkan karakter dan hidupmu.

Ketahui! 8 Cara Mengembangkan Karakter dan hidupmu

1. Meditasi

Cara yang pertama bisa teman-teman lakukan untuk mengembangkan karakter dan hidupmu ialah dengan meditasi. Perlu teman-teman ketahui, bahwa meditasi memiliki segudang manfaat untuk diri sendiri terutama untuk kesehatan mental, beberapa manfaat dari meditasi yaitu diantaranya Meningkatkan Harga Diri dan Awareness, Mengelola Kecemasan dan Depresi, Melawan Kecanduan, Meningkatkan Kesehatan Emosional, Menjaga Kesehatan Fungsi Memori, dan masih banyak lagi. Lakukan kegiatan ini 5 sampai 10 menit setiap harinya maka dengan begitu mental teman-teman akan tetap terjaga.

2. Buat Tujuan Dalam Hidupmu

Dalam hidup seseorang pastinya mempunyai sebuah tujuan dan impian, namun ada pula orang-orang yang masih binggung dengan impiannya dan masa depannya. Seseorang yang sudah memiliki impian dalam hidupnya tentunya akan mempunyai pribadi lebih baik dan akan bersunggung-sungguh untuk mewujudkan impianya tersebut agar menjadi kenyataan. Berbeda dengan orang yang tidak memiliki impian dan tujuan yang hanya bermalas-malasan dan membuang-buang waktu. Jika teman-teman saat ini berada di fase yang kedua maka cobalah untuk memiliki 1 tujuan agar hal tersebut bisa menjadi motivasi teman-teman dalam menjalani hidup.

3. Membaca Buku

Ada pepatah mengatakan bahwa buku merupakan jendela ilmu, pepatah tersebut tidaklah salah. Dengan membaca buku temanteman bisa mengetahui hal-hal baru yang belum teman-teman ketahui. Setiap tahunnya ilmu pengetahuan selalu mengalami perkembangan, maka tidaklah salah untuk membuat pengetahuan teman-teman juga meningkat. Mulai sekarang cobalah untuk membiasakan diri membaca buku 30 menit setiap harinnya.

4. Belajar Skill Baru

Belajar skill baru atau sesuatu yang baru bisa membuat karakter dan hidup seseorang berubah. Hal tersebut dikarenakan pada saat orang itu memutuskan untuk belajar sesuatu maka orang tersebut juga pastinya memiliki tujuan dan ambisi yang jelas yang ingin digapainya di masa depannya. Seseorang yang sudah memiliki tujuan dalam hidupnya bisa dikatakan bahwa karakter dan hidupnya sudah lebih berkembang.

5. Selalu Bersyukur

Hal ini sangatlah jarang orang-orang lakukan, karena mereka berpkir bahwa apa yang ada pada diri mereka saat ini sangatlah kurang. Sesekali cobalah untuk bersyukur atas nikmati yang dimiliki yang diberikan oleh tuhan, jangnlah memikirkan diri sendiri. Cobalah lihat disekitar, apakah tuhan memberikan nikmati tersebut kepada orang lain, bisa jadi orang tersebut mengiginkan apa yang kita miliki tetapi tidak orang itu miliki. Cobalah untuk selalu bersyukur dengan nikmat yang telah berikan kepada diri kita.

6. Berhenti Untuk Menunda-nunda Pekerjaan

Hal yang dapat membuat seseorang susah untuk berkembang ialah suka menunda-nunda. Kebiasaan ini pastinya dimiliki oleh setiap orang. Jika kebiasaan ini tetap teman-teman simpan pada diri sendiri maka akan berdampak buruk juga dimasa yang akan datang. Saat teman-teman menunda sebuah pekerjaan maka secara tidak langsung teman-teman juga menunda pekerjaan lainnya. Bisa dikatakan juga bahwa kebiasaan ini merupakan bibit awal dari kemalasan.

7. Perbanyak Relasi/Kenalan

Seperti yang disebutkan diatas bahwa karakter seseorang bisa berkembang melalui faktor lingkungan dan pergaulan. Maka dari itu dengan memperbanyak relasi dan kenalan kepribadian dan karakter dari diri teman-teman secara tidak langsung juga akan mengalami perkembangkan meskipun tidak begitu besar. Teman-teman juga bisa mencontoh sifat dan kebiasaan hidup mereka yang baik untuk diterapkan pada diri teman-teman dan jika bisa teman-teman harus lebih baik lagi dari apa yang teman-teman tiru.

8. Atur dan Hargai Waktu

Hal terakhir yang bisa membuat karakter dan hidup seseorang berubah ialah yang pandai mengatur dan menghargai waktu. Mulai sekarang cobalah berhenti untuk membuang-buang waktu agar teman-teman tidak menyesal dikemudian hari. Jika saat ini teman-teman suka membuang-buang waktu dengan hal-hal yang tidak jelas seperti bermain game dan menongkrong maka cobalah untuk ubah kebiasaan tersebut pada saat ini dengan sesuatu yang positif seperti belajar hal-hal baru yang bisa berguna dikemudian hari.

Komentar