6 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Untuk Seorang Introvert

tips dan trik meningkatkan kemampuan sosial

Bangnanda.com - Ekstrovert dan Introvert adalah sebuah kepribadian yang bertolak belakang. Ekstrover cenderung lebih mudah terbuka kepada orang lain dan suka berkomunikasi dengan banyak orang, sedangkan untuk introvert lebih tertutup kepada orang lain dan lebih suka menyendiri. Kedua kepribadian tersebut memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

kelebihan untuk ekstrovert ialah mudah bersosialisasi dengan orang baru karena sosialisanya sudah terlatih. Meskipun begitu seorang yang memiliki kepribadian ekstrovert harus tetap menjaga pembicaraannya agar tidak membuat orang lain tersinggung. Seorang yang berkepribadian ekstrovert harus berpikir dua kali apa yang akan ia katakan agar tidak menyinggung orang lain.

Meskipun skill komunikasi seorang introvert lebih tinggi dari introvert, namun sisi introvert juga memiliki kelebihan yang harus juga dimiliki oleh seorang introvert yaitu seorang introvert akan berpikir dua kali sebelum bertindah dan memikirkan resiko apa yang akan terjadi setelahnya. Seorang introvert juga cenderung memiliki pengetahuan yang lebih luas dari seorang ekstrovert, hanya saja mereka tidak ingin mencolok di depan banyak orang. Baik ekstrovert ataupun introvert keduanya saling melengkapi satu sama lain.

Seorang introvert bisa menjadi ektrovert begitupun sebaliknya, salah satu yang mempengaruhi hal tersebut adalah faktor lingkungan. Untuk seorang introver tidaklah mudah untuk menjadi seorang ektrovert, seorang introvert harus mempunyai kemampuan sosial agar bisa menjadi ekstrovert. Berikut ini tips dan trik untuk meningkatkan kemampuan sosial bagi seorang introvert.

6 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Untuk Seorang Introvert


1. Percaya Diri
percaya diri

Percaya diri merupakan hal yang harus dimiliki oleh setiap orang, apalagi untuk seorang introvert yang ingin bersosialisasi dengan banyak orang. Untuk percaya diri tidak harus cantik, ganteng, kaya, memakai pakaian mahal, memiliki badan atletis, dan bermobil, cukup tambil sederhana dan apa adanya saja. Rasa percaya diri akan muncul apabila kamu sudah menerima diri kamu secara sepenuhnya, baik kelebihan maupun kekuranganya. Kamu juga harus berhenti memikirkan bagaimana dirimu dimata orang lain.

2. Tidak Bermain Handphone Saat Berbicara Dengan Seseorang
simpan handphone saat berbicara dengan seseorang

Terkadang saat seseorang memiliki rasa malu, mereka akan menjadikan handphone sebagai tempat perlindungan diri. Hal tersebut sangatlah salah, apalagi jika dilakukan pada saat ada yang berbicara denganmu. Mulai saat ini cobalah untuk mendengarkan saat orang lain berbicara denganmu jangan hanya asik saja dengan duniamu sendiri. Amati dan tirulah bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan baik dan benar, hal tersebut secara tidak langsung bisa meningkatkan kemampuan sosialmu.

3. Sadar Bahwa Orang Lain Juga Sama
sadar bahwa diri sendiri dan orang lain sama

Terkadang kita membandingkan diri kita dengan orang lain yang menjadi primadona di suatu tempat. Kamu mungkin berpikir bahwa dirimu dan orang tersebut berada di dimensi yang berbeda. Namun hal tersebut salah dan harus kamu buang dalam pemikiranmu. Semua orang memiliki kesamaan, jika kamu merasa canggung maka ketahui bahwa orang lain juga memiliki hal serupa, jadi tidak perlu berpikiran bahwa kamu dan orang tersebut berada di dimensi yang berbeda.

4. Perhatikan Bahasa Tubuh
perhatikan bahasa tubuh

Bahasa tubuh atau istilah asingnya body language merupakan hal yang harus diperhatikan juga pada saat akan berbicara dengan seseorang. Tiga hal yang harus kamu perhatikan saat akan berbicara dengan seseorang diantaranya yaitu jangan membungkuk, tetap rileks, dan perhatikan kontak mata pada lawan bicara. Hal ini bisa menjadi titik awal dimana kemampuan sosialmu meningkat. Jika kamu selalu memperhatikan tiga hal tersebut maka kamu bisa lebih mudah mengetahui karaktersitik seseorang.

5. Buat Mereka Berbicara Tentang diri Mereka
Buat Mereka Berbicara Tentang diri Mereka

Pada dasarnya seseorang lebih senang berbicara mengenai dirinya sendiri, hal tersebut tidaklah salah, namun jika kamu tidak memberikan kesempatan lawan bicaramu menjelaskan mengenai dirinya mereka akan merasa jenuh. Cobalah kamu berikan kesempatan kepada lawan bicaramu untuk menjelaskan mengenai dirinya, dengan begitu kamu jadi lebih tahu mengenai apa yang disukai lawan bicaramu dan apa yang tidak disukai lawan bicaramu.

6. Tanyakan Pertanyaan Terbuka
Tanyakan Pertanyaan Terbuka

Agar lawan bicaramu tidak jenuh dengan pertanyaan-pertanyaan itu saja, cobalah berikan pertanyaan terbuka seperti Gimana Liburanmu Kemarin ? Apa saja yang dilakukan selama liburan ? Kamu kuliah ngambil jurusan apa dan alasanya kenapa ? jangan hanya memberikan pertanyaan yang jawabanya hanyalah IYA dan TIDAK, karena hal tersebut bisa membuat lawan bicaramu menjadi bosan. Namun kamu juga harus bijak dalam memilih pertanyaan terbuka agar lawan bicaramu merasa nyaman.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan sosialmu. Ada baiknya kamu lakukan satu per satu agar berjalan dengan baik, jika semuanya sudah kamu kuasai maka bisa dikatakan bahwa skill sosialmu telah meningkat.

Belum ada Komentar untuk "6 Tips Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Untuk Seorang Introvert"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel