6 Tempat Wisata Terhits di Kabupaten Barito Selatan di Tahun 2022

tempat wisata di kabupaten barito selatan terhits 2022

Bangnanda.com - Barito selatan merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi kalimantan tengah. kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 8.830 km² serta jumlah penduduk sebanyak 131.297 jiwa dengan kepadatan 15,00 jiwa/km2. Barito selatan menjadi salah satu kabupaten di pulau kalimantan yang tidak memiliki batas wilayah laut. Wilayah barito selatan sendiri berada diantara kabupaten barito utara, kabupaten barito timur, kabupaten kapuas, dan provinsi kalimantan selatan. perlu sobat ketahui sebagain kecil dari wilayah barito selatan termasuk dalam kesultanan banjar yang merupakan salah satu kerajaan yang ada di pulau kalimantan.

Barito selatan menjadi tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai destinasi liburan bersama keluarga ataupun pasangan karena ada banyak sekali jenis-jenis wisata yang tersedia di kabupaten ini, selain itu tempat-tempat wisata di kabupaten ini juga tidak kalah indah dengan wisata-wisata yang ada di pulau jawa dan sumatera. Maka dari itu sangat disayangkan apabila sobat berlibur ke pulau kalimantan tanpa berkunjung ke barito selatan. Para pengunjung juga akan dibuat nyaman dan betah dengan fasilitas yang ditawarkan oleh pihak wisata pun tidak main-main. Berikut ini merupakan tempat wisata terhits di kabupaten barito selatan di tahun 2022.

6 Tempat Wisata Terhits di Kabupaten Barito Selatan di Tahun 2022


1. Danau Sadar
wisata danau sadar

Tempat wisata pertama yang sedang hits dan wajib sobat kunjungi selama berlibur di barito selatan ialah danau sadar. danau ini terletak di Danau Sadar, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan. Pesona alamnya yang masih terjaga membuat danau ini dijadikan sebagai tempat refresing dan menenangkan diri. Danau sadar tidak pernah sepi akan pengunjung, setiap harinya selalu saja ada pengunjung yang datang ke danau ini baik itu yang berasal dari dalam kota maupun luar kota. Pemandangan di danau ini akan terlihat lebih indah apabila disaksikan pada sore hari menjelang matahari terbenam.

Saat berkunjung ke danau ini sobat tidak akan merasakan panas, karena danau ini dikelilingi oleh pepohonan lebat yang tentunya membuat udara terasa sejuk alami sepanjang harinya.

2. Danau Tahai

Selain berkunjung ke danau sadar, maka sobat juga harus merasakan sensasi liburan di danau tahai sembari menikmati keindahan dan pesona danaunya. Letak Danau Tahai sendiri masih satu kecamatan dengan danau sadar yaitu berada di Danau Sadar, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan. Daya tarik dari danau tahai yaitu terdapat sebuah jembatan yang mengarah dari area pinggir ke tengah Danau. Jembatan kayu tersebut biasa digunakan oleh pengunjung untuk berfoto-foto sembari melihat keindahan senja di sore hari. Jika sobat lelah, sobat juga bisa bersantai di gazebo sembari memandangai area sekitar.

3. Sungai Kapuas

Meskipun di barito selatan tidak ada wisata pantai, bukan berarti di kabupaten ini tidak terdapat wisata air. Salah satu wisata air yang cukup terkenal di barito selatan dan wajib sobat kunjungi ialah Sungai Kapuas yang terletak di Sungai Jaya, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan. Seperti yang diketahui, sungai kapuas merupakan salah satu sungai terpanjang di indonesia 1.143 km. Sungai ini cukup terkenal dan populer di kalangan wisatawan. Di sungai ini sobat bisa menikmati keindahan sungai kapuas ini dari jarak dekat melalui perahu yang disewakan. Para pengunjung juga bisa melihat keindahan kota kalimantan melalui bantaran sungai ini.

4. Taman Iring Witu

Taman iring witu juga menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh lewatkan selama berlibur di barito selatan. Area taman ini cukup terawat dan terjaga sehingga mampu membuat para pengunjungnya nyaman dan betah. Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga. sobat dan keluarga akan dihadirkan oleh berbagai pemandangan yang menakjubkan yang tentunya membuat mata terpana. Waktu yang tepat untuk mengunjungi taman ini yaitu pada sore hari, karena di waktu tersebut sobat bisa melihat perahu berlalu-lalang melintasi sungai. Lokasi dari taman iring witu berada di Hilir Sper, Kecamatan Dusun Selamatan, Kabupaten Barito Selatan.

5. Rumah Betang Nansarunai

Tempat wisata selanjutnya yang saat ini sedang hits ialah Rumah Betang Nansarunai. tempat wisata yang satu ini terletak di Sanggu, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan. Tempat ini selalu dikunjungi oleh banyak pengunjung terutama para pecinta fotografer, hal tersebut dikarenakan ada banyak sekali spot foto yang indah dan instagramable yang terdapat di tempat ini. Rumah Betang Nansarunai sendiri merupakan tempat tinggal orang dayak yang kini dijadikan sebuah objek wisata. Tempat ini juga sangat cocok dikunjungi bagi sobat yang ingin mencari ketenangan dengan 

6. Danau Sanggu

Wisata danau memang menjadi wisata andalan di kabupaten barito selatan, hal ini tentunya tidak lepas dari banyaknya danau di kebupaten ini. Hampir setiap daerah di barito selatan mempunyai danau, danau-danau tersebut tentunya memiliki daya tariknya tersendiri. Daya tarik Danau Sanggu terletak pada keindahanya dan airnya yang belum tercemar. banyak pengunjung yang datang ke danau ini pada sore hari ataupun pagi hari karena akan menyaksikan pemandangan yang tidak biasa. Selain memiliki pemandangan yang memukau, udara di danau ini juga tentunya sejuk dan segar sehingga cocok dijadikan sebagai tempat bersantai. Lokasi Danau Sanggu berada di Jalan Soekarno - Hatta, Pamait, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan.

Komentar