Inilah Tempat Wisata Terhits dan Terbaru di Kabupaten Barito Timur

tempat wisata terbaru dan terhits di barito timur

Bangnanda.com - Barito Timur merupakan salah satu kabupaten di provinsi kalimantan tengah, kabupaten ini memiliki luas sekitar 3.834 km² dan menjadi daerah pembatas antara provinsi kalimantan tengah dan provinsi kalimantan selatan. Wilayah dari barito timur sendiri merupakan dataran rendah dengan ketinggian permukaan sekitar 50 hingga 100 meter diatas permukaan laut, kecuali Kecamatan Awang dan Patangkep Tutui yang merupakan daerah perbukitan. Jumlah populasi di kabupaten ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, pada tahun 2020 lalu jumlah penduduk barito kuala yakni diperkirakan mencapai 113.229 jiwa dengan kepadatan 30 jiwa/km2.

Liburan di pulau kalimantan tidak akan lengkap rasanya jika sobat tidak datang ke barito timur. Meskipun tidak memiliki wilayah lautan, akan tetapi sobat bisa menemukan banyak hal menarik lainnya selama berlibur di kabupaten ini. Keindahan alam ditawarkan pun tidak main-main, sobat dan keluarga bisa merilekan pikiran sembari bersantai. Selain terkenal akan suguhan alamnya yang indah, barito timur juga memiliki berbagai jenis wisata lainnya yang patut untuk dikunjungi dan dicoba, seperti wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata lainnya. Dibawah ini ada beberapa tempat wisata terhits dan terbaru di barito kuala yang sayang untuk dilewatkan.

Inilah Tempat Wisata Terhits dan Terbaru di Kabupaten Barito Timur


1. Air Terjun Kedong Air

Air Terjun Kedong Air menjadi tempat yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi saat berlibur di barito timur, alasan mengapa tempat ini sangat direkomendasikan adalah karena lingkungan sekitar air terjunnya yang masih sangat terjaga dan asri yang tentunya cocok dijadikan sebagai tempat untuk menenangkan diri dan menghilangkan rasa penat. Lokasi dari Air Terjun Kedong Air berada di Malintut, Kecamatan Raren Batuah, Kabupaten Barito Timur. Tak hanya sekedar menangkan diri saja, sobat juga bisa melakukan banyak hal ketika berada di di air terjun ini, diantaranya yaitu bermain air dan berfoto dengan latar belakang air terjun.

2. Makam Temanggung Jayakarti

Barito timur tidak hanya terkenal akan wisata alamnya saja, di kabupaten ini terdapat juga wisata religi dan sejarah yang cukup populer yaitu Makam Temanggung Jayakarti. Makam Temanggung Jayakarti terletak di Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur. Makam tersebut merupakan makam seorang yang berasal dari belanda yang dimana pada saat ia masih hidup ia bertugas untuk membantu belanda. Perlu sobat ketahui, berkunjung ke tempat wisata religi dan sejarah mempunyai beberapa keuntungan, diantaranya sobat bisa mengetahui kejadian-kejadian yang terjadi di masa lalu.

3. Rumah Betang

Terletak di Taniran, Kecamatan Benua Lima, Kabupaten Barito Timur, Rumah Betang merupakan salah satu peninggalan sejarah yang lumayan terkenal. Saat ini rumah batang dijadikan wisata edukasi karena kental akan nilai sejarah. Di tempat ini juga terdapat sebuah museum yang menyimpan benda-benda sejarah khas dayak yang tentunya sangat berharga. Para pengunjung yang datang ke tempat ini juga dapat mengetahui mengenai kebudayaan dan sejarah suku dayak yang ada di sini. Berkunjung ke rumah bentang memberikan pengalaman yang tidak terlupakan, selain berwisata sobat juga bisa mendapatkan beberapa informasi penting mengenai sejarah yang ada di tempat ini.

4. Gua Liang Saragi

Bagi sobat yang menyukai wisata yang memacu adrenaline maka sobat wajib banget untuk berkunjung ke Gua Liang Saragi yang terletak di Ampari, Kecamatan Awang, Kabupaten Barito Timur. Di tempat ini sobat akan disuguhkan dengan keindahan dari guanya yang masih alami dan asri yang menjadi tempat untuk mengalirnya aliran air sungai. Saat menginjakan kaki di goa ini sobat akan disambut dengan udara yang dingin sejuk dan bentang alam indah yang membuat mata terpukau. Jika sobat ingin melihat goa secara dekat atau masuk kedalam goa maka sobat harus menyewa perahu. Harga tiket masuk ke tempat ini yaitu Rp. 10.000 saja.

5. Museum Lewu Hante

Museum Lewu Hante menjadi tempat selanjutnya yang wajib sobat kunjungi saat liburan di barito timur. daya tarik dari museum ini yaitu terdapat pada bangunanya yang merupakan rumah panggung dari suku dayak. Banyak sekali wisatawan dalam kota maupun luar kota datang ke tempat ini karena penasaran dan ingin melihat langsung daya bangunan dari museum ini. Museum ini menyimpan benda-benda bersejarah di masa lalu yang tentunya sangat berharga, bahkan sampai saat inipun benda-benda tersebut masih terjaga dengan baik dan aman. Lokasi dari Museum Lewu Hante yakni berada di Taniran, Kecamatan Benua Lima, Kabupaten Barito Timur.

6. Pegunungan Bahalang

Jika sobat yang suka melakukan aktifitas pendakian dan hobi menikmati keindahan sekitar dari ketinggian maka sobat harus datang ke Pegunungan Bahalang yang berlokasi di Ampari Bora, Kecamatan Patangkep Tutui, Kabupaten Barito Timur. Pegunungan Bahalang berada di antara dua desa yang menghubungkan desa Lalap dan juga Desa Ampari Bura. Sobat tidak akan dibuat kecewa ketika mendaki gunung ini karena sobat akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat memukau. Agar pendakian dan liburan sobat menyenangkan, maka sobat wajib untuk mengajak rekan-rekan agar perjalan terasa berkesan.

7. Bendungan Tampa

Tempat wisata terakhir yang saat ini sedamh hits di barito timur ialah Bendungan Tampa. Bendungan sendiri merupakan tempat yang berfungsi untuk mengendalikan laju dari aliran air sungai. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat piknik keluarga. Sobat dan keluarga bisa menyaksikan panorama alamnya yang begitu mempesona berupa pesawahan hijau yang bisa membuat mood menjadi lebih baik. Lokasi dari bendungan tampa sendiri berada di Tampa, Kecamatan Paku, Kabupaten Barito Timur. Harga tiket masuk ke tempat ini cukup terjangkau yaitu Rp. 15.000 saja.

Komentar