Simak Tempat Wisata Terbaru dan Terhits di Barito Kuala

tempat wisata terhits di kabupaten barito kuala

Bangnanda.com - Barito Kuala merupakan salah satu kabupaten di pulau kalimantan tepatnya di provinsi kalimantan selatan. Luas wilayah kabupaten ini yakni kurang lebih sekitar 2.996 km² dengan kepadatan penduduk 106 jiwa/km2 pada tahun 2020 lalu. Kabupaten ini berbatasan langsung dengan provinsi kalimantan tengah tepatnya di kabupaten kapuas yang berlokasi di tepi laut. Sebagian besar wilayah kabupaten barito kuala merupakan hamparan datar dengan ketinggian rata-rata sekitar 3 meter diatas permukaan laut, tak hanya itu saja, sebagian wilayah dari kabupaten ini juga termasuk dalam calon Wilayah Metropolitan Banjar Bakula.

Barito kuala menjadi satu dari sekian banyak wilayah di pulau kalimantan yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan terutama saat musim liburan. Hal tersebut lantaran ada banyak sekali tempat wisata indah di kabupaten ini sekaligus memanjakan mata. Wisata di kabupaten ini juga berbeda-beda ada wisata pulau, wisata alam, wisata religi, wisata kuliner dan masih banyak lagi jenis wisata lainnya yang dapat sobat temui di kabupaten ini, sobat bisa memilih langsung maka yang sobat sukai dan minati. Bisa sobat simak dibawah ini beberapa tempat wisata terbaru dan terhits yang ada di barito kuala.

Simak Tempat Wisata Terbaru dan Terhits di Barito Kuala


1. Pulau Kembang

Tempat pertama yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi yaitu pulau kembang, pulau ini berada di tengah-tengah sungai barito atau lebih tepatnya di kecamatan alalak, kabupaten barito kuala. Pada awalnya pulau yang satu ini bukanlah tempat wisata, namun karena keindahan yang dimilikinya pulau ini kemudian dijadikan tempat wisata dan resmi dibuki pada tahun 1976. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat bersantai karena ada banyak sekali pepohonan serta fauna-fauna yang hidup didalamnya salah satunya kera berekor panjang dan berbagai spesies burung. Selain itu sobat juga bisa melakukan beragam aktifitas menarik saat berada di pulau yang satu ini.

2. Jembatan Barito

Pada umunya jembatan dibangun untuk menghubungkan dua daerah yang terpisah. Namun jembatan yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki oleh kebanyakan jembatan. Jembatan ini cukup sering dikunjungi oleh banyak orang pada sore dan siang hari, mereka biasanya akan berhenti dan mengambil beberapa foto saat berada di jembatan ini. Jembatan Barito telah diresmikan pada tahun 1997 dan memiliki panjang sekitar 1082 meter, bahkan jembatan yang satu ini menjadi salah satu jembatan gantung terpanjang di indonesia. Letak jembatan barito sendiri berada di Beringin, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala.

3. Siring Marabahan

Tempat wisata terbaru dan terhits berikutnya yang sering dikunjungi oleh banyak wisatawan adalah Siring Marabahan. Letak tempat wisata yang satu ini berada di pinggir sungai barito atau lebih tepatnya di Marabahan Kota, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito Kuala. DI tempat ini sobat bisa bersantai sembari menikmati keindahan sungai barito. Sore hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini, karena akan memberikan suasana dan nuansa yang berbeda pada siang hari. Tak hanya bersantai dan menikmati keindahan sungainya saja, di tempat ini sobat juga bisa memancing ikan dan berinteraksi langsung dengan penduduk setempat.

4. Wisata Religi Makam Datuk Syekh Abdussamad

Barito kuala tak hanya terkenal akan wisata alamnya saja, ada juga wisata religi yang cukup menarik banyak perhatian dan wajib sobat kunjungi saat berada di kabupaten ini, tempat yang dimaksud ialah Wisata Religi Makam Datuk Syekh Abdussamad. Tempat wisata yang satu ini terletak di Marabahan Kota, Kecamatan Marabahan, Kabupaten Barito Kuala. Untuk menuju tempat ini pun tidak membutuhkan waktu yang lama, dari ibukota kabupaten sendiri hanya berjarak setengah kilo saja dan tempatnya pun sangat mudah untuk diakses, dengan begitu sobat tidak perlu berpikir dua kali saat akan mengunjungi wisata religi yang satu ini.

5. Agropolitan Tarantang

Berkunjung ke Agropolitan Tarantang bukan hanya sekedar wisata biasa saja, di tempat ini sobat akan mendapatkan banyak sekali pengetahuan mengenai pertanian. Pemerintah setempat juga cukup berpengaruh besar dalam menjadikan Agropolitan Tarantang menjadi tempat wisata. Tak hanya penduduk setempat saja yang datang ke tempat ini, ada juga penduduk luar kota yang rela-rela jauh datang ke tempat ini untuk merasakan pemandangan hijaunya sekaligus untuk belajar akan seputar pertanian. Di tempat ini sobat juga bisa menemukan sebuah peternakan sapi dan kambing. Lokasi dari Agropolitan Tarantang berada di Terantang, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito Kuala.

6. Pulau Bakut

Pulau Bakut menjadi tempat terakhir yang wajib sobat kunjungi saat berada di barito kuala. Letak pulau ini berada di bawah jembatan barito atau lebih tepatnya di Marabahan Baru, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala. Pulau ini cukup dikenal oleh banyak orang karena merupakan habitat asli dari monyet bekantan. tak hanya monyet bekantan saja yang bisa sobat temui di tempat ini, terdapat juga beberapa hewan primata lainnya seperti kera, lutung, dan juga orang hutan. Tempat wisata yang satu ini cocok dinikmati bersama keluarga, sobat bisa menikmati keindahan pulau bakut ini melalui perahu sampan.

Komentar