Inilah Tempat Wisata Terbaru dan Paling Hits di Batanghari

tempat wisata di batanghari

Bangnanda.com - Batanghari merupakan salah satu kabupaten di pulau sumatera yang terletak di bagian tengah provinsi jambi. Kabupaten ini sudah berdiri sejak tanggal 1 desember 1948 dan menjadi salah satu kabupaten tertua di provinsi jambi dan di indonesia. Tak hanya dikenal sebagai kabupaten tertua di kabupaten jambi saja, kabupaten batanghari juga disebut sebagai salah satu kabupaten terluas yang ada di provinsi jambi dengan luas wilayah 5.805 km² atau 580.483 Ha dengan jumlah penduduk sebanyak 301.700 jiwa dan kepadatan penduduk di angka 52 jiwa/km². Kabupaten batanghari sendiri merupakan wilayah dataran rendah dan rawa yang dibelah Sungai Batanghari dan sepanjang tahun tergenang air.

Batanghari juga menjadi salah satu daerah yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Siapa sangka kabupaten dengan laju pertumbuhan penduduk paling tinggi di provinsi jambi ini menyimpan beragam lokasi wisata yang indah dan layak untuk sobat dan keluarga nikmati saat berkunjung ke batanghari. Bagi sobat yang memiliki rencana untuk datang ke pulau jambi maka cobalah untuk datang ke batanghari karena tidak akan mengecewakan sobat. Saat berada di sana pastikan untuk mengunjungi beberapa tempat wisata agar bisa merasakan langsung keindahan dari kabupaten ini. Bisa sobat simak dibawah ini tempat wisata terbaru dan paling hits di batanghari yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Inilah Tempat Wisata Terbaru dan Paling Hits di Batanghari

1. Taman Payung

Taman Payung menjadi destinasi wisata pertama yang wajib sobat kunjungi saat berada di batanghari. Seperti namanya Taman Payung, taman ini dihiasi oleh banyak sekali payung-payung berwarna-warni yang mengantung di berbagai pohon. Penataan dari taman yang satu ini juga cukup baik dan rapi sehingga dapat membuat siapapun yang datang menjadi betah dan nyaman. Banyak anak muda yang datang ke taman ini untuk nongkrong sekaligus menjadikanya sebagai lokasi berfoto karena pemandangan sekitarnya yang cukup estetik.

Akses untuk datang ke tempat ini juga cukup mudah karena sudah memiliki transportasi yang mumpuni. Lokasi dari taman payung sendiri berada di Pulau Betung, Kecamatan Pemayung, Kabupaten Batang Hari.

2. Bukit Ilalang
wisata bukit ilalang

Bukit ilalang menjadi lokasi terbaik untuk sobat yang mencari ketenangan jiwa dan ingin melihat pemandangan hijau dari rerumputan. Bukit yang berada di Desa Sungkai, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batang Hari ini menawarkan pemandangan yang tidak biasa. Suasana sejuk dan dingin akan sobat rasakan selama berada di area perbukitan karena letaknya yang berada di dataran tinggi. Selain itu sobat juga akan menemukan bunga-bunga berwarna putih yang tentunya membuat bukit ini semakin indah. Bukit ilalang sering dijadikan sebagai lokasi photoshoot keperluan wedding atau pre-wedding. Karena atmosfernya yang romantis.

3. Sungai Batanghari

Tak updol rasanya apabila berkunjung ke jambi kemudian melewatkan tempat wisata yang satu ini. Diketahui bahwa Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di pulau sumatera dengan panjang 800 km dan lebar antar 250 hingga 650 meter. Sungai ini terletak di Sungai Pulai, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batang Hari. Selain dijadikan sebagai lokasi wisata, sungai batanghari juga jadi penghubung warga yang ingin pergi ke tempat seberang. Sobat bisa menggunakan sebuah perahu atau getekmotor yang siap mengantarkan sobat sampai di tujuan. Namun sebelum itu sobat harus bertanya kepada orang-orang mengenai waktu dan jam-jam yang tersedia di sungai batanghari.

4. Danau Puri Indah

Wisata selanjutnya yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi bersama keluarga adalah Danau Puri Indah yang berlokasi di Desa Rantau Puri Indah, Kecamatan Muarabulian Kabupaten Batanghari. Danau ini menjadi salah satu ikon wisata di batanghari. Berkat kejelian dari warga sekitar sekaligus untuk meningkatkan pendapatan penduduk perkapita wilayah tersebut, warga sekitar sangat antusias untuk menjadikan danau puri indah ini sebagai lokasi wisata. Bahkan warga sekitar menggunakan dana desa untuk membuat danau ini terlihat indah dan menjadi daya tarik wisatawan. Untuk bisa sampai ke danau ini, sobat membutuhkan waktu sekitar 45 menit dari arah pusat kota muara bulian.

5. Lapangan Garuda

Lapangan Garuda merupakan alun-alunnya kabupaten batanghari. Di tempat inilah biasanya warga sekitar menghabiskan waktu dengan berolahraga dan bersantai di pagi hari dan sore hari. Sembari bersantai sobat juga bisa mencicipi berbagai jajanan khas batanghari yang dijual di sekitar alun-alun ini. Tak hanya dijadikan sebagai tempat bersantai dan olahraga saja, kadang-kadang lapangan garuda ini biasa digunakan untuk kegiatan-kegiatan resmi pemerintah seperti festival daerah dan panggung untuk ulang tahun kabupaten batanghari. Lokasi dari Lapangan Garuda sendiri berada di Jalan Jend. A. Yani 1, Rengas Condong, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari.

6. Pasar Muara Tembesi

Beberapa wisatawan mengatakan tak lengkap rasanya jika sobat berkunjung ke batanghari dan melewatkan wisata yang satu ini. Pasar Muara Tembesi merupakan tempat yang cukup bersejarah di batanghari. Pasar ini sudah berdiri sejak zaman hindia belanda dan digunakan sebagai pusat pemerintahan belanda. Hingga saat ini tempat ini masih tetap berdiri dan barang-barangnya pun tetap tersimpan dan dijaga karena dijadikan sebagai cagar budaya, maka dari itu bagi sobat yang menyukai wisata sejarah maka sebaiknya sobat datang ke tempat ini. Lokasi dari Pasar Muara Tembesi berada di Pasar Muara Tembesi, Kecamatan Muara Tembesi, Kabupaten Batang Hari.

Komentar