7 Tempat Wisata di Kabupaten Banyuwangi yang Lagi Hits Terbaru 2022

objek wisata terbaru di banyuwangi yang sedang hits

Bangnanda.com - Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi jawa timur, tepatnya di ujung timur pulau jawa. Kabupaten banyuwangi dikenal sebagai kabupaten terluas di jawa timur dengan luas wilayah sekitar 5.782 km². Meskipun memiliki wilayah yang cukup luas namun angka kepadatan penduduk di kabupaten ini terbilang cukup rendah, pada tahun 2020 lalu jumlah penduduk kabupaten banyuwangi sebanyak 1.708.114 jiwa dengan kepadatan penduduk sekitar 300 jiwa/km2.

Banyuwangi juga menjadi salah satu dareh yang cukup bersejarah di jawa timur, karena dulunya Banyuwangi merupakan bagian dari Kerajaan Hindu Blambangan yang pada saat itu dipimpin oleh Pangeran Tawang Alun. Tak hanya dikenal sebagai daerah bersejarah saja, banyuwangi juga dikenal oleh banyak orang karena memiliki pesona alam yang memukau dan sangat cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bersama keluarga.

Di kabupaten ini, sobat akan menemukan banyak sekali tempat-tempat wisata keren yang terkenal. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berdatangan ke kabupaten ini hanya untuk berlibur dan menghabiskan waktu bersama keluarganya. Wisata di kabupaten ini sangat beragam, ada gunung, pantai, taman, bukit, air terjun, dan masih banyak lagi, sobat langsung tinggal memilih wisata apa yang sobat sukai. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di kabupaten banyuwangi yang lagi hits terbaru tahun 2022.

7 Tempat Wisata di Kabupaten Banyuwangi yang Lagi Hits Terbaru 2022


1. Air Terjun Lider

Tempat pertama yang harus sobat kunjungi saat berada di banyuwangi ialah Air Terjun Lider. Air terjun ini menjadi wisata favorit masyarakat setempat juga menjadi salah satu wisata andalan di banyuwangi. Saat berada di air terjun ini sobat akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang sangat indah dengan udara sejuk bersi di sekitarnya. Selain itu, sobat juga akan merasakan langsung keasrian dari air terjun ini karena di kelilingi oleh pepohonan hijau di sekelilingnya. Sobat bisa mengajak teman, pasangan, ataupun keluarga saat akan berwisata ke air terjun ini. Air Terjun Lider terletak di Lider, Sumberarum, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi.

2. Jembatan Selfie Kalilo

Jembatan Selfie Kalilo bukanlah sembaran jembatan, pasalnya jembatan ini memiliki daya tarik tersendiri dalam memikat para pengunjungnya. Jembatan ini juga cukup terkenal di kalangan masayarakat banyuwangi khusunya pecinta fotografi. Di tempat ini sobat akan menjumpai lanskap jembatan panjang dengan rumah warna-warni yang ada di sampingnya.Pemandangan tersebut tentunya membuat foto terlihat lebih indah dan eksotis.

Jembatan ini akan terlihat lebih indah dan mengesankan apabila dikunjungi pada malam hari, karena efek cahaya yang berasal dari lampu-lampu sekitar. Lokasi dari Jembatan Selfie Kalilo berada di Jalan Kalilo, Singonegaran, Pengantigan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

3. Taman Nasional Alas Purwo
Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi

Di banyuwangi terdapat wisata taman yang wajib sobat datangi, nama dari wisata taman tersebut yaitu Taman Nasional Alas Purwo. Sama halnya seperti wisata taman lainnya, di tempat ini sobat akan menemukan banyak sekali ekosistem alam tropis yang begitu mempesona. Mulai dari pantai, hutan tropis, hingga gua. Lokasi dari Taman Nasional Alas Purwo sendiri berada di Jalan Brawijaya No.20, Kebalenan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

4. Teluk Biru

Untuk menikmati wisata yang satu ini sobat tidak akan dikenakan biaya alias gratis. Sobat dapat melakukan banyak hal seru selama berada di tempat ini. Teluk biru juga menjadi salah satu tempat diving terbaik di jawa timur, selain diving, wisatawan juga melakukan aktifitas-aktifitas seru lainnya seperti bersantai menikmati matahari terbenam, bersantai,  dan snorkeling. Tak hanya itu saja, teluk biru juga memiliki pemandangan bawah laut yang indah sekali dan wajib sobat buktikan dengan kepala sendiri. Lokasi dari Teluk Biru berada di Sengrong, Purworejo, Kalipait, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi.

5. Mirah Fantasia

Tempat wisata berikutnya yang sedang hits di banyuwangi adalah Mirah Fantasia. Meskipun tergolong wisata baru, namun tempat ini sudah dikenal banyak orang. Tempat wisata yang satu ini cocok dijadikan sebagai destinasi wisata terbaik. Di tempat ini sobat akan menjumpai banyak sekali satwa seperti gajah, burung-burung, dan ikan. Untuk harga tiket masuk ke tempat ini yaitu sekitar Rp. 15.000/orang. Fasilitas di Mirah Fantasia juga sudah memadai dan dapat membuat orang merasa puas. Letak dari Mirah Fantasia berada di Jalan Karimun Jawa No.81, Lateng, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi.

6. Waduk Bajulmati

Terletak di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo, Kabupaten Banyuwangi, waduk bujulmati menjadi salah satu tempat yang ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. pasalnya saat berkunjung ke waduk ini sobat akan dimanjakan dengan suasana air jernih khas waduk dengan panorama pelengkap yang tidak kalah cantiknya, hal inilah yang menjadi daya tarik dari tempat ini. Waduk ini dibuka pada tahun 2016 dan sudah memiliki banyak peminat. Jika sobat ingin menyusuri danau ini sembari menikmati keindahanya, maka sobat bisa menggunakan speed boat yang telah diseiakan.

7. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai terkenal di banyuwangi, tidak mungkin rasanya masyarakat banyuwangi tidak mengenali pantai yang satu ini. Lokasi dari Pantai Plengkung berada di Purworejo, Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi. Plengkung sendiri memiliki arti melengkung, alasan mengapa pantai ini disebut sebagai pantai plengkung adalah karena bentuknya yang melengkung layaknya seperti huruf G. Pantai Plengkung juga masih masuk dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Maka tak heran kalau pantai ini memiliki potensi wisata yang begitu besar dalam menarik para wisatawan.

Komentar