7 Tempat Wisata di Kabupaten Barito Utara Terhits dan Terbaru 2022

tempat wisata di kabupaten barito utara

Bangnanda.com - Barito Utara merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi kalimantan tengah. Kabupaten barito utara berdiri pada tanggal 29 juni 1950 dan memiliki luas wilayah sekitar 8.300 km² dengan jumlah populasi sebanyak 156.977. Barito utara sendiri dikenal dengan semboyannya yaitu "Iya Mulik Bengkang Turan" yang diambil dari bahasa Tewoyan atau Taboyan (Hajak) yang artinya "jangan berhenti di tengah jalan". Letak barito utara sendiri cukup strategis karena menjadi pembatas dua provinsi, diwilayah utara terdapat provinsi kalimantan timur, sedangkan di wilayah selatan terdapat provinsi kalimantan selatan. Sektor kehutanan dan perkebunan menjadi dua potensi terbesar yang ada di kabupaten ini.

Barito utara juga menjadi salah satu daerah yang cukup terkenal dan cukup sering dikunjungi oleh banyak wisatawan, hal tersebut dikarenakan banyaknya lokasi wisata terbaru yang kaya akan potensi alamnya. Ada banyak sekali surga tersembunyi yang bisa sobat dan keluarga kunjungi selama liburan di kabupaten ini. Selain terkenal akan wisata alamnya, barito utara juga menyimpan wisata-wisata lainnya yang cukup terkenal dan layak untuk dicoba seperti wisata sejarah. Berkunjung ke tempat sejarah bisa memberikan banyak sekali pengetahuan dan juga bisa menambah wawasan. Bagi sobat yang tertarik untuk berkunjung ke barito utara untuk berlibur, bisa sobat simak dibawah ini beberapa tempat wisata di kabupaten barito utara terhits dan terbaru 2022 yang wajib untuk dikunjungi.

7 Tempat Wisata di Kabupaten Barito Utara Terhits dan Terbaru 2022

1. Gunung Pararawen

Tempat wisata pertama yang wajib sobat kunjungi saat berada di barito utara ialah Gunung Pararawen. Menikmati keindahan alam dari atas ketinggian merupakan momen yang harus sobat lakukan saat berlibur. Pesona alam yang ditawarkan gunung pararawan memang tidak main-main, tempat ini juga menjadi cagar alam alami karena dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat. Selain disuguhkan oleh keindahan alam yang luar biasa sobat juga akan melihat sungai-sungai yang berukuran kecil dengan air yang jernih. Gunung Pararawen menjadi tempat tinggal para flora dan fauna liar. Lokasi dari Gunung Pararawen berada di Lemo II, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

2. Bendungan Trinsing

Tempat wisata selanjutnya yang sedang hits di barito utara dan wajib sobat coba ialah Bendungan Trinsing yang terletak di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara. Bendungan ini bisa dijadikan tempat alternatif bagi sobat yang menyukai wisata air tetapi engan untuk kelaut. Banyak aktifitas yang dapat sobat lakukan selama berada di bendungan ini diantaranya yaitu berenang. Selain itu sobat juga bisa menyewa sepeda bebek untuk mengelilingi bendungan. Selama berada di bendungan trinsing sobat tidak akan kepanasan karena di sekitar bendunganya di tumbuhi oleh pepohonan. Harga tiket masuk ke tempat ini yaitu Rp. 5.000 saja.

3. Hutan Muara Teweh

Lokasi dari Hutan Muara Teweh berada di dalam hutan, atau lebih tepatnya di Desa Melayu, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara. Hutan Muara Teweh bukanlah sembarang hutan, hutan ini memiliki keunikanya tersendiri yaitu keberadaan dari kayu bakah yang merupakan salah satu tanaman yang cukup unik karena bisa mengeluarkan air ketika kayunya di potong. Air yang keluar dari kayunya tersebut bisa langsung sobat cicipi ketika sedang dalam keadaan haus. Kayu bakah sendiri memiliki ukuran diameter yang cukup besar yaitu 5 CM. Untuk bisa sampai ke hutan ini sobat harus bisa melewati sungai kecil terlebih dahulu.

4. Jembatan K.H Hasan Basri

Tempat wisata selanjutnya yang wajib sobat kunjungi ialah Jembatan K.H Hasan Basri. Jembatan yang satu bisa dikatakan wisata yang cukup baru namun sudah sangat hits di kalangan banyak orang bahkan tidak sedikti pula wisatawan luar daerah yang datang ke jembatan ini karena tertarik dengan tempatnya. Jembatan yang diresmikan pada tahun 1995 ini memiliki panjang sekitar 270 meter dan menyuguhkan keindahan dari sungai barito. Jembatan K.H Hasan Basri digangun untuk menghubungkan kabupaten barito utara dan kabupaten murung raya. Lokasi dari Jembatan K.H Hasan Basri berada di Jalan Yetro Sinseng, Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

5. Rumah Betang Tambau

Setiap daerah tentunya memiliki rumah adatnya masing-masing. Rumah Betang Tambau sendiri merupakan sebuah rumah adat yang cukup terkenal di barito utara, Rumah Betang Tambau sendiri menjadi rumah adat bagi suku Dayak yang telah dibangun sejak tahun 1918. Rumah adat yang berlokasi di Nihan Hilir, Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara menjadi rumah adat paling tua. Rumah adat ini ditinggali oleh tujuh belas kepala keluarga dengan latar belakang yang berbeda. Ketujuh belas kepala keluarga tersebut bisa hidup damai dan berdampingan meskipun kepercayaanya berbeda.

6. Bangkai Kapal Onrust

Wisata sobat selama berada di barito utara tidak akan lengkap rasanya jika sobat tidak datang ke Bangkai Kapal Onrust. Bangkai Kapal Onrust sendiri merupakan bangkai kapal milik Belanda yang menjadi bukti dimana warga Barito Utara melakukan perlawanan yang keras terhadap kekejaman bangsa Belanda ketika menjajah. Tempat ini menjadi tempat yang cukup sering dikunjungi oleh wisatawan karena merupakan wisata sejarah. Sobat juga bisa mendengar secara langsung kisah pejuang barito utara dalam melawan para penjajah. Lokasi dari tempat wisata yang satu ini berada di Jalan Yetro Sinseng, Lanjas, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara.

7. Buper Panglima Batur

Tempat terakhir yang wajib sobat kunjungi selama berlibur di barito utara yaitu Buper Panglima Batur.  Tempat ini cocok dikunjungi bagi sobat yang suka dengan aktifitas luar ruangan, sobat bisa berkemah dengan mengajak teman-teman ataupun keluarga. Selama berkemah sobat akan disajikan dengan berbagai macam pemandangan, salah satunya yaitu keindahan alam hutan dan keindahan bendungan yang masih nampak asri. Harga tiket masuk ke tempat ini yaitu sekitar Rp. 15.000 saja. Buper panglima batur berada di Trahean, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara

Komentar