7 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta yang Bagus Terbaru 2022

tempat wisata di kabupaten bantul

Bangnanda.com - Bantul menjadi salah satu daerah di pulau jawa yang diketahui oleh banyak orang. Hal tersebut lantaran kabupaten ini berada di provinsi daerah istimewa yogyakarta, yang merupakan salah satu daerah terkenal di indonesia. Provinsi tersebut dikenal oleh banyak orang lantaran wisatanya yang mendunia. Luas wilayah kabupaten bantul yakini kurang lebih sekitar 506,8 km² yang dimana wilayahnya terdiri dari dataran tinggi dan juga memiliki batas perairan. Jumlah populasi di kabupaten ini pada tahun 2021 lalu yakni sebanyak 955.807 jiwa dengan kepadatan penduduk 1.986,17 jiwa/km2 menjadikanya sebagai wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak di Kapanewon Banguntapan.

Bantul menjadi salah satu kabupaten di daerah istimewa yogyakarta yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Hal tersebut karena kabupatan ini memiliki segudang destinasi wisata yang indah, terutama wisata alam dan pantainya. Banyak wisatawan dalam negeri ataupun mancanegara berdatangan ke kabupaten ini karena penasaran dengan wisata indah yang ada di bantul. Bagi sobat yang sedang mencari destinasi wisata untuk liburan, mungkin bantul bisa menjadi solusi. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di kabupaten bantul yogyakarta yang bagus terbaru 2022.

7 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta yang Bagus Terbaru 2022


1. Goa Selarong

Saat berkunjung ke bantul tak lupa untuk mengunjungi goa yang satu ini karena merupakan salah satu wisata andalan yang ada di kabupaten bantul. Saat berkunjung ke goa ini sobat bukan hanya sekedar wisata saja, namun sobat juga bisa belajar sedikit mengenai sejarah di masa lalu. Dulunya goa ini merupakan Goa bekas benteng Pangeran Diponegoro, pangeran diponegoro sendiri merupakan salah satu tokoh yang cukup terkenal di indonesia.

Selain memiliki nilai historisnya yang tinggi, goa ini juga memiliki panorama alam yang indah dan tentunya masih asri. Sobat akan dibuat dengan nyaman oleh suasana yang dihadirkannya. Goa Selarong Sendiri terletak di Jalan Waktu Gedug, Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

2. Pantai Parangtritis
Wisata Pantai Parangtritis Bantul

Pantai Parangtritis menjadi tempat yang benar-benar tidak bolah sobat lewatkan saat berkunjung ke kabupaten ini, hal tersebut lantaran pantai ini merupakan salah satu wisata terbaik dan andalan di kabupaten ini. Banyak wisatawan yang datang ke bantul dengan tujuan untuk menikmati keindahan yang dihadrikan dari pantai ini. Pantai Parangtritis masih asri dan juga bersih sehingga dapat membuat nyaman para pengunjungnya. Banyak aktifitas seru yang dapat sobat lakukan di pantai ini, diantaranya melihat sunset, berkuda, naik bendi, main layangan, surfing, dan berbagai aktifitas lainnya. Letak dari Pantai Parangtritis berada di Jalan Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul.

3. Kaliurang
wisata Kaliurang bantul

Objek wisata berikutnya yang menjadi rekomendasi ialah Kaliurang yang terletak di Rejosan, Srimartani, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul. Saat berkunjung ke tempat ini sobat akan disambut dengan panorama alam yang menakjubkan berupa pegunungan. Berada di dataran tinggi dan di tumbuhi dengan pohon-pohon di sekitarnya menjadikan udara di tempat ini sejuk dan dingin. Tempat wisata yang satu ini cocok dikunjungi bersama keluarga, sahabat, ataupun pasangan. Kaliurang sendiri sudah memiliki fasilitas yang memadai dan bisa membuat pengunjungnya puas. Harga tiket masuk ke tempat ini yakni Rp. 10.000.

4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri merupakan sebuah gundukan pasir yang terbentuk oleh angin. Meskipun hanya sebuah gundukan pasir akan tetapi panorama alam di tempat ini sangat eksotir dan mempesona, hal tersebutlah yang menjadi daya tarik dari tempat yang satu ini. Beberapa orang menyebutkan bahwa gundukan pasir yang terdapat di tempat ini sekilas mirip dengan gundukan pasir yang ada di kawasan timur tengah. Untuk dapat masuk tempat ini sobat hanya perlu membayar Rp. 5.000 saja untuk harga tiket masuknya. Banyak kegiatan seru yang dapat sobat lakukan di tempat ini salahsatunya berseluncur di pasir.

5. Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan Bantul

Untuk menikmati wisata yang satu ini sobat tidak dikenakan biaya alias gratis, lantaran wisata yang satu ini terbuka untuk umum. Hutan Pinus Mangunan merupakan wisata yang cukup hits di tahun ini. Disini sobat bisa melakukan berbagai aktifitas seru seperti trekking, duduk di atas hammock, hingga berfoto. Selama perjalanan menuju hutan pinus ini sobat akan dimanjakan dengan pemandanagn hutan pinus yang menjulang tinggi. Selain disuguhkan dengan keelokan pohon pinus, sobat juga bisa melihat perbukitan hijau yang indah yang biasa digunakan oleh pengunjung sebagai latar belakang untuk foto. Lokasi Hutan Pinus Mangunan berada di Jalan Sukorame, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul.

6. Pantai Parangkusumo
 
Pantai Parangkusumo Bantul

Selain pantai parangtritis, Pantai Parangkusumo juga cukup populer di kalangan wisatawan. Kedua pantai tersebut salaing melengkapi, jika pantai parangtristis pinuh maka pengunjung akan datang ke pantai ini, sedangkan jika pantai Pantai Parangkusumo penuh pengunjung akan berdatangan ke pantai parangtritis. Pantai ini sering kali digunakan untuk acara ritual Labuhan atau Melasti, jika sobat melihat kegiatan tersebut maka datanglah ke pantai lainnya karena di pantai tersebut sedang ada acara yang tidak bisa diganggu. Fasilitas di pantai ini juga sudah cukup memadai, ada penginapan, toilet, masjid, rumah makan, dan fasilitas sebagainya.

7. Rumah Budaya Tembi

Selain terkenal akan wisata alamnya, bantul juga memiliki sederet wisata budaya yang sangat sayang untuk dilewatkan, salah satunya ialah Rumah Budaya Tembi yang terletak di Jalan Parangtritis No.Km 8.4, Tembi, Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul. Saat berkunjung ke tempat ini sobat akan dibuat betah dengan keadaan sekitarnya yang berupa pedesaan yang sangat tenang dan asri. Bukan hanya itu, bentang alam di tempat ini juga cukup memanjakan mata para pengunjungnya. Wisata yang satu ini cocok dinikmati bersama keluarga ataupun pasangan.

Komentar