5 Skill Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula Saat akan Jualan Online

skill yang harus dikuasai saat akan berjualan online

Bangnanda.com - Jualan online merupakan salah satu pekerjaan yang cukup banyak diimpikan oleh setiap orang, selain bisa dekat dengan keluarga untuk jualan online juga tidak perlu menyewa sebuah toko karena bisa dikerjakan di rumah. Saat ini ada banyak sekali platform untuk berjualan online, baik melalui facebook, instagram, website, dan berbagai sosial media lainnya. Selain itu teman-teman juga bisa menggunakan berbagai marketplace seperti shoope, tokopedia, dan lazada agar barang mudah ditemukan oleh banyak orang dan mendapatkan banyak orderan. Selain itu teman-teman juga bisa menggunakan media iklan untuk mendapatkan banyak peminat dan trafik dalam platform yang teman-teman gunakan dalam berjualan online.

Perlu teman-teman ketahui, untuk bisa sukses dalam berjulan online tidaklah mudah, teman-teman harus mempunyai mental yang kuat dan komunikasi yang baik. Dua hal tersebut sangat wajib dimiliki oleh pemula dalam berjulan online. Jika teman-teman tidak memiliki mental yang kuat maka langkah teman-teman dalam berjulan online akan terhenti di tengah jalan. Skill komunikasi juga harus teman-teman miliki agar bisa menarik banyak calon pembeli dan pembeli tersebut bisa menilai baik tentang respon yang teman-teman berikan. Selain dua skill di atas, ada beberapa skill dasar lainnya yang haru dikuasai oleh pemula saat akan jualan online, berikut diantaranya.

5 Skill Dasar yang Harus Dikuasai Oleh Pemula Saat akan Jualan Online


1. Content Marketing
apa itu content marketing

Seorang pemula yang baru saja terjun ke dunia bisnis tentu saja harus tahu apa itu content marketing. Skill yang satu ini sangatlah penting untuk dimiliki seorang pebisnis muda, terutama yang akan berjualan dengan menggunakan media sosial. Alasan skill ini sangatlah penting dimiliki oleh seorang pebisnis adalah kerena untuk menciptakan trafik lewat konten. Baik itu trafik untuk media sosial ataupun trafik untuk website. Seseorang yang sudah menguasai skill ini tentunya paham tentang konten apa yang akan dibuat dan ide konten seperti apa yang relevan dan sesuai dengan target market. Seseorang yang sudah menguasai skill ini tentunya paham dan tahu mengenai jenis-jenis konten dan fungsinya, sehingga bisa mendatangkan trafik secara maksimal.

Jika teman-teman masih belum paham mengenai apa itu content marketing, maka teman-teman bisa memperlajarinya lebih lanjut melalui buku-buku bisnis ataupun dari internet. Pastikan juga teman-teman paham dan mengetahui apa itu conten marketing saat akan terjun ke dunia bisnis.

2. Sales Funnel
apa itu sales funnel

Skill kedua yang harus dikuasai oleh seorang pebisnis penula ialah sales funnel. Banyak bisnis-bisnis besar diluar sana yang menerapkan skill ini. Beberapa orang juga mengatakan saat seseorang menerapkan sales funnel dala bisnisnya maka bisnisnya akan berkembang dengan waktu yang cukup singkat. Selain itu skill ini juga dapat membantu seorang pebisnis untuk mengevaluasi kinerja penjualan dan meningkatkan strategi penjualan bisnis. Sehingga dapat memberikan perjalanan dan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Pengambaran sales funnel sendiri layaknya corong di mana pelanggan akan melewati proses penjualan bisnis atau customer journey.

3. Desain
apa itu desain

Di zaman sekarang ini, skill desain sangatlah penting untuk dikuasai oleh banyak orang terutama calon pebisnis online yang akan memulai perjalananya di sosial media. Salah satu alasannya tak lain dan tak bukan adalah agar desain produk terlihat lebih menarik sehingga menarik minat pembeli untuk membeli produk yang dipasarkan. Meskipun terdengar sepele dan mudah, namun untuk menguasai skill ini sangatlah tidak mudah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan contohnya dalam pewarnaan dan tata letak konten. Skill desain sendiri terdiri dari desain konten, foto produk, dan video editing. Saat ini banyak sekali tool-tool yang bisa digunakan untuk mendesain baik itu melalui komputer atapun ponsel.

4. Copywriting
apa itu copywriting

Selain menarik minat calon pembeli melalui tampilan desain produk, teman-teman juga harus bisa menarik minat pembeli melalui tulisan atau istilah lainnya copywriting. Copywriting sendiri merupakan metode menulis materi promosi agar lebih persuasive sehingga mempengaruhi audience untuk mengambil tindakan. Bagi teman-teman yang baru mengetahui dan mendengar skill ini, mulai sekarang cobalah untuk mempelajarinya lebih dalam melalui internet ataupun buku-buku bisnis dan cobalah untuk menerapkannya dalam bisnis yang teman-teman bangun agar semakin banyak orang yang tertarik dengan konten dan produk yang teman-teman tawarkan.

5. Teknik Closing
apa itu closing

Tak hanya skill desain dan copywriting saja yang harus teman-teman pelajari dan kuasai dalam berjualan online, yang paling penting dari itu teman-teman harus jago dalam closing dan merayu calon pelanggan. Closing sendiri merupakan sebuah teknik yang membuat calon pelanggan memutuskan untuk membeli produkmu. Meskipun hal ini terbilang sederhana, akan tetapi jika teman-teman tidak tahu caranya maka prospek yang datang tidak akan menjadi uang. Ada banyak sekali contoh-contoh closingan yang baik dan benar di internet yang bisa teman-teman tiru dan praktekan.

Komentar