6 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyumas Jawa Tengah yang Bagus dan Hits

wisata hits dan bagus di kabupaten banyumas

Bangnanda.com - Banyumas merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi jawa tengah. Sebagian besar wilayah kabupaten ini merupakan dataran tinggi dan tidak memiliki perbatasan lautan karena letaknya yang berada di tengah provinsi jawa tengah. Luas wilayah kabupaten banyumas yakni kurang lebih sekitar 1.328 km² dan berbatasan langsung dengan kabupaten brebes di sebelah utara, kabupaten purbalingga, kabupaten banjarnegara, kabupaten kebumen di sebelah timur, dan kabupaten cilacap di sebelah selatan dan barat. Kabupaten banyumas juga menjadi salah satu daerah terpadat di jawa tengah dengan kepadatan penduduk 1.385 jiwa/km2.

Nama banyumas sendiri sudah terdengar tidak asing lagi bagi masyarakat indonesia, khusunya para pendaki. Hal tersebut lantaran di kabupaten ini terdapat sebuah gunung tertinggi di jawa tengah yang ramai dkunjungi oleh banyak orang, karena itulah kabupaten ini menjadi salah satu daerah yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dan pendaki. Namun perlu sobat ketahui, banyumas juga memiliki sederet wisata andalan yang sangat sayang untuk dilewatkan, terutama wisata alamnya. Berikut ini rekomendasi tempat wisata di kabupaten banyumas yang bagus dan hits.

6 Rekomendasi Tempat Wisata di Banyumas Jawa Tengah yang Bagus dan Hits


1. Lokawisata Baturaden
tempat wisata di banyumas

Tempat wisata pertama yang menjadi rekomendasi ialah Lokawisata Baturaden. Wisata yang satu ini cukup dikenal oleh banyak orang karena sudah ramai diperbincangkan di berbagai media. Lokawisata Baturaden juga menjadi tempat yang tepat untuk liburan bersama keluarga, di sini sobat akan merasakan sejuknya udara pegununggan dan spot wisatanya yang cukup lengkap, mulai dari wisata curug, kolam renang, kuliner, kebun binatang, dan wahana permainan anak. Tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi pada masa liburan yang dimana selalu padat pengunjung. Lokasi dari Lokawisata Baturaden berada di Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas.

2. Air Terjun Curug Jenggala

Air terjun yang satu ini berbeda dengan air terjun yang biasanya, karena air terjun ini menghadirkan suasana yang romantis yang cocok di nikmati bersama pasangan. Air Terjun Curug Jenggala terletak di Ketenger, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas. Di tempat ini ada sekitar 4 air terjun yang mengalir kebawah dengan debit air yang lumayan cukup deras. Sobat bisa menikmati keindahan air terjun ini pada sebuah pijakan yang berbentuk hati. Tak hanya itu saja, sobat juga bisa bermain di bawah guyuran air terjunnya. Air yang ada di tempat ini sangat jernih dan bersih karena kebersihan lingkunganya yang terjaga dengan baik.

3. Curug Bidadari

Pesona yang terdapat di tempat ini tidak boleh di pandang sebelah mata, keunikan yang terdapat pada curug ini yaitu adanya pintu masuk yang berbentuk seperti goa sehingga saat sobat datang ke curug ini sobat akan merasakan sensasi seperti sedang masuk ke air terjun tersembunyi di dalam goa. Hal itu disebabkan oleh goa yang menghalangi jarak pandang ke Curug Bidadari ini. Membuatnya terlihat seperti ada air terjun di balik goa. Sayangnya untuk mencapai curug ini sobat harus melewati jalan yang cukup terjal jadi sobat haru berhati-hati. Harga tiket masuk ke curug bidadari yakni hanya Rp. 5.000 saja. Lokasi dari curug bidadari sendiri berada di desa karangsalam, kecamatan baturaden, kabupaten banyumas.

4. Goa Maria Kaliori

Goa Maria Kaliori merupakan wisata religi yang cukup ternama di banyumas dan menjadi wisata terfavorit bagi umat nasrani. Jika sobat berpikir bahwa wisata yang satu ini hanya boleh dikunjungi oleh umat nasrani saja maka sobat salah besar. Sobat bisa melihat banyak pengunjung yang bukan termasuk umat nasrani. Sebelum dijadikan lokasi wisata, goa ini dulunya merupakan lahan tandus yang gersang, namun berkat upaya masyarakat setempat dan dukungan pemerintah, goa ini pun dirawat dengan baik sehingga menjadi tempat yang cukup asri. Goa Maria Kaliori terletak di Jalan Gua Maria Kaliori, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas.

5. Telaga Sunyi

Salah satu alasan mengapa telaga ini dinamakan telaga sunyi adalah karena di suasana di telaga ini sangat sunyi dan tidak terdengar sedikitpun. Sobat hanya akan mendengar suara-suara alam saja seperti suara gemercik air dan suara angin sepoi-sepoi. Karena itulah tempat ini menjadi lokasi terbaik untuk sobat yang ingin menyendiri dan mencari ketenangan. Saat berkunjung ke tempat ini sobat akan disuguhkan dengan pemandangan luar biasa dari telaga yang satu ini. Tak hanya itu saja, sobat juga bisa berfoto dan berenang menikmati kesegaran air telaga ini. Lokasi dari telaga sunyu berada di Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas.

6. Kebun Raya Baturaden

Tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi dan tidak boleh dilewatkan ialah Kebun Raya Baturaden yang terletak di jalan pancurantujuh, kemutug lor, kecamatan baturaden, kabupaten banyumas. Ada banyak sekali jenis flora unik yang terdapat di tempat ini, sobat bisa mengenalkan flora-flora tersebut kepada anak-anak, jadi sobat bukan hanya sekedar liburan saja, tetapi sobat juga bisa belajar. Beberapa flora yang dapat sobat temui di tempat ini diantaranya liliana, perdu, anggrek, pinus, dan kantung semar. Selain itu di tempat ini juga terdapat bangunan-bangunan unik yang biasa digunakan oleh pengunjung untuk berfoto.

Komentar