7 Objek Wisata Populer di Kabupaten Barru yang Wajib untuk Dikunjungi

objek wisata di kabupaten barru yang populer

Bangnanda.com - Bagi sobat yang berada di luar pulau sulawesi mungkin cukup asing ketika mendengar nama Barru. Barru sendiri merupakan nama sebuah kabupaten di provinsi sulawesi selatan tepatnya berada di bagian barat daratan Pulau Sulawesi. Kabupaten ini memiliki luas wilayah kurang lebih sekitar 1.175 km² dengan jumlah penduduk sebanyak 184.452 jiwa dan kepadatan sekitar 157 jiwa/km2. Lebih dari sekitar 90% populasi di kabupaten ini memeluk agama islam, sisanya merupakan campuran dari agama lainnya. Perlu sobat ketahui, sebelum terbentuk menjadi kabupaten, barru menjadi salah satu kerajaan kecil yang ada di provinsi sulawesi selatan.

Kabupaten barru terkenal memiliki banyak sungai, ada sekitar 21 sungai di kabupaten ini yang tersebar di 7 kecamatan. Karena dulunya barru merupakan bekas kerajaan, maka wisata sejarah jadi wisata andalan di kabupaten ini. Ada sekitar puluhan wisata sejarah yang bisa sobat jumpai dan datangi selama sobat liburan di sulawesi selatan, khusunya daerah barru. Selain terkenal akan wisata sejarahnya, baru juga memiliki sederet destinasi wisata alam yang memukau dan mempesona yang cocok untuk sebagai tempat menenangkan diri.

Sobat juga akan mendapatkan banyak pengalaman berharga selama liburan di kabupaten ini. Jadi selama berlibur di barru sobat tidak hanya disajikan oleh pemandangan alamnya saja, tetapi sobat juga bisa belajar akan sejarah dimasa lalu. Bisa sobat simak dibawah ini objek wisata populer di kabupaten barru yang wajib dikunjungi saat liburan.

7 Objek Wisata Populer di Kabupaten Barru yang Wajib untuk Dikunjungi

1. Bukit Jomblo

Bukit jomblo menjadi tempat pertama yang wajib sobat singgahi saat liburan di barru. Di tempat ini sobat akan dimanjakan dengan pemandangan hijau dari rerumputan dan pepohonan di sekitar. Luas dari lapangan rumput ini yaitu sekitar dua kali lapangan bola. Jika sobat beruntung sobat juga dapat melihat sapi-sapi yang memakan rumput di sekitar pohon. Salah satu objek yang yang cukup digemari di tempat ini yaitu pohon jomblo yang berdiri tegak di hamparan rumput yang luas. Selama di bukit jomblo, sobat juga bisa mendirikan tenda di sekitar bukitnya. Lokasi dari bukit jomblo sendiri berada di Dusun Lakeppo, Desa Liburan Kabupaten Barru.

2. Dianna Waterpark

Dianna Waterpark menjadi salah satu wisata air yang cukup digemari di kabupaten barru. Banyak orang yang datang ke tempat ini bersama dengan keluarganya untuk refresing sekaligus untuk mengajak anak-anaknya bermain. Lokasi dari waterpark ini berada di hamparan perbukitan atau lebih tepatnya di Kec. Balusu, kabupaten barru sehingga wisatawan tidak hanya disuguhi oleh berbagai wahana air saja, tetapi bisa menikmati keindahan alam di sekitarnya. Fasilitas di tempat ini juga cukup memadai, sehingga sobat tidak perlu khawatir lagi. Beberapa wahana permainan yang bisa sobat coba selama di waterpark ini diantaranya seluncuran spiral 5 tingkat dan triple slide. Selain itu di tempat ini sobat juga bisa mendapati sebuah taman bunga warna warni yang kini menjadi spot foto favorit wisatawan.

3. Bukit Maddo

Selain bukit jomblo, bukit maddo juga menjadi tempat yang paling cocok untuk bersantai dan menenangkan diri. pemandangan yang tersaji di bukit ini juga sangat sayang untuk dilewatkan. Bagi pecinta fotografi, di tempat ini ada banyak sekali spot foto yang unik, jadi sobat bisa berfoto ria sembari menikmati keindahan alamnya. Selain disajikan oleh pemandangan alamnya yang indah, sobat juga akan mendapati sebuah sungai yang berkelok-kelok yang terlihat menawan. Tempat wisata yang satu ini cukup terkenal dan digemari oleh banyak anak muda. Lokasi dari Bukit Maddo sendiri berada di Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru.

4. Sungai Barobbo

Seperti yang disebutkan di atas bahwa kabupaten barru sendiri terkenal memiliki banyak sungai. Sangat aneh apabila sungai-sungai tersebut tidak dijadikan sebagai lokasi untuk berwisata. Salah satu wisata sungai yang wajib datangi saat berada di kabupaten ini yaitu Sungai Barobbo yang terletak di Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru. Sungai ini terkenal akan aliran sungainya yang indah dan menakjubkan. Tak hanya itu saja, sungai ini juga dihiasi dengan tebing-tebing bebatuan yang menjulang tinggi dan terlihat megah di sertai dengan vegetasi hijau di sekitarnya yang menjadikan tempat ini terlihat indah. Salah satu hal yang bisa sobat lakukan di tempat ini yaitu trekking.

5. Coppo Tille

Coppo Tille sendiri merupakan puncak tertinggi di kabupaten barru sekaligus menjadi gunung tertinggi yang ada di Tanete dengan ketinggian yang mencapai 843 meter dari permukaan laut. Lokasi coppo tille berada di di 2 kecamatan yakni kecamatan Tanete Riaja dan Kecamatan Pujananting. Para pengunjung akan disuguhkan dengan panorama alamnya yang menakjubkan serta keasrian alamnya yang masih terjaga. Selain berada di antara dua kecamatan, gunung ini juga berada di antara 3 desa yaitu desa yakni Desa Mattirowaleie, Desa Bacubacu dan Desa Harapan. Coppo Tille juga menjadi salah satu gunung terfavorit di sulawesi selatan.

6. Pulau Dutungan

Bagi sobat yang suka dengan pantai sobat wajib banget untuk menikmati keindahan Pulau Dutungan yang berlokasi di Cilellang, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru. Untuk bisa menikmati wisata ini, sobat cukup membayar Rp. 15.000 saja untuk tiket masuknya. Pengalaman yang sobat dapatkan selama liburan di pulau dutungan tidak bisa terlupakan. Untuk mencapai pulaunya sobat harus menggunakan sebuah kapal boat yang bisa disewa dari Dermaga Ujung Indah Dutungan. Setelah sampai di pulau dutungan sobat bisa melihat keanekaragaman biota laut yang menawan, berupa hutan bakau dan pantai pasir putihnya yang bisa menghilangkan penat.

7. Pantai Ujung Batu

Tak updol rasanya jika liburan tidak mengunjungi sebuah pantai. Salah satu pantai yang direkomendasikan dan wajib banget sobat kunjungi di barru ialah Pantai Ujung Batu yang terletak di Sumpang Binangae, Kecamatan Barru. Akses untuk sampai ke pantai ini cukup mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, sobat hanya perlu mengeluarkan uang senilai Rp. 3.000 saja. Untuk sobat yang hobi berfoto, tempat ini mempunyai segudang spot foto yang bisa dijadikan latar keren untuk selfie apalagi saat di pagi hari dan sore hari.

Komentar