Segera Hindari, 8 Hal Sepele yang Tanpa kita Sadari Membuat Ponsel Cepat Rusak

8 Hal Sepele yang Tanpa kita Sadari Membuat Ponsel Cepat Rusak

Bangnanda.com - Di zaman sekarang ini, ponsel adalah benda yang sangat penting bagi setiap orang. Jika di ibaratnya ponsel merupakan keluarga dekat ke dua kita, baik anak-anaki maupun orang dewasa, tentunya sudah mempunyai ponselnya masing-masing. Ponsel tentunya memiliki manfaat, diantaranya yaitu sebagai alat komunikasi, mencari informasi, dan sarana hiburan. Dalam menggunakan ponsel tentunya harus dengan bijak dan tidak berlebihan agar tidak menganggu kesehatan mata dan fokus belajar sobat. Harga dari sebuah ponsel sendiri cukup beragam, ada yang mahal seperti harga motor, ada pula yang murah layaknya sebuah casing ponsel.

Satu hal yang membuat ponsel dihargai mahal adalah karena model terbaru dan spesifikasinya yang tinggi.Maka dari itu sangat diharapkan bagi sobat yang memiliki ponsel mahal untuk tetap menjaganya agar tetap aman dan tidak cepat rusak. Berikut ini beberapa hal sepele yang sering dilakukan yang tanpa disadari membuat ponsel cepat rusak.

8 Hal Sepele yang Tanpa kita Sadari Membuat Ponsel Cepat Rusak


1. Memainkannya Hingga Panas

Nah mungkin kebiasaan yang satu ini sudah sering anda lakukan. Misalnya ketika bermain game yang membuat anda membuat anda lupa waktu serta tidak melihat kondisi ponsel anda, bahwa ponsel anda sudah panas. Anda baru akan menyadari ponsel anda panas ketika sudah bosan bermain ponsel. Hal ini tentunya harus anda hindari karena dapat merusak ponsel anda cepat atau lambat.

2. Ponsel Tidak Menggunakan Pelindung atau Case

Sebenarnya untuk penggunaan case cukup tidak terlalu penting, akan tetapi hanya untuk jaga-jaga saja jika kalau ponsel anda terjatuh dari ketinggian atau ponsel anda terkena goresan kecil. Tentunya goresan tersebut bisa membuat ponsel anda terlihat tidak menarik lagi karena banyaknya goresan di bagian belakang. Maka dari itu, dengan memakai case, ponsel anda akan terlihat cukup unik dan juga bisa menutupi beberapa goresan di ponsel.

3. Sering Digunakan Hingga Baterai Habis

Hal sembrono lainnya yang sering anda lakukan tanpa sadari adalah memakai ponsel anda hingga baterai habis, atau hingga ponsel kita mati total. Hal ini jika sering anda lakukan berkali-kali maka akan merusak baterai ponsel anda secara perlahan. Maka dari itu cobalah untuk menyisakan baterai sedikitpun, dan tetap jaga agar ponsel tetap dalam kedaan hidup.

4. Menggunakan Charger Murah atau KW

Di zaman sekarang ini tentunya banyak sekali yang menjual barang tiruan atau istilah lainnya adalah barang KW. Memang sih barang KW memiliki harga yang murah, akan tetapi kualitas yang disediakan juga terbatas dan tidak seberapa dibanding dengan yang aslinnya. Misalnya dalam kasus ponsel, yakni penjualan charger KW. Tentunya anda harus bisa merespon dan punya pemikiran kalau charger tersebut belum tentu bagus untuk anda gunakan pada ponsel anda.

5. Membiarkan Bluetooth dan Wifi Tetap Hidup

Mungkin anda bertanya-tanya, mengapa bluetooth dan wifi dapat merusak ponsel? memang sih tidak bisa dikatakan parah dalam merusak ponsel, akan tetapi ketika wifi atau bluetooth anda terus dalam keadaan hidup maka 2 hal tersebut akan terus mencari koneksi di sekitaran. Alhasil hal ini dapat membuat baterai anda terkuras tanpa anda sadari. Jadi selalu cek terus yahh, apakah anda sudah mematikan salah satu keduanya atau belum.

6. Membiarkan Charger Tetap Menancap Ketika Baterai Sudah Penuh

Dalam kasus ini tentunya biasa anda lakukan sewaktu sebelum tidur atau bisa juga ketika anda keluar rumah dan sebelum itu mengecas ponsel anda lalu meninggalkanya, alhasil baterai ponsel menjadi penuh. Hal ini harus segera anda hindari sebisa mungkin. Karena lama-kelamaan jika kebiasaan ini tetap di teruskan maka baterai ponsel anda tidak akan kuat menahan daya tampung listrik, alhasil baterai anda akan terlihat mengembung, dan jika dipakai maka akan cepat habis.

7. Sering Digunakan Ketika Sedang Dalam Pengisian

Mungkin hal ini biasa teman lakukan ketika asyik bermain sosmed atau bermain game. Mulai dari sekarang cobalah untuk menghindari kebiasaan ini, karena dapat merusak baterai pada ponsel anda sendiri dan juga bisa membuat baterai ponsel anda menjadi cepat habis.

8. Membiarkan Memori Ponsel Tetap Penuh

Hal ini tentunya cukup terdengar konyol bukan, akan tetapi perlu anda pikirkan ulang. Sebisa mungkin cobalah pada ponsel anda jangan ada notifikasi memori penuh meskipun sepele akan tetapi dapat mempengaruhi performa dari ponsel anda sendiri dan memperpendek usia ponsel anda.

Komentar