Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah Terbaru 2022

wisata di banjarnegara

Bangnanda.com - Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi jawa tengah. Luas wilayah dari kabupaten ini yakni kurang lebih sekitar 1.070 km² atau sekitar 3% dari luas provinsi jawa tengah. Kabupaten ini berada di tengah provinsi jawa tengah maka dari itu kabupaten ini tidak memiliki pantai dan perbatasan laut. di sebelah utara, kabupaten ini betbatasan dengan kabupaten pekalongan dan kabupaten batang, di timur berbatasan dengan kabupaten wonosobo, kabupaten kebumen di selatan serta kabupaten banyumas dan kabupaten purbalingga di sebelah barat. Pada tahun 2021 lalu jumlah penduduk kabupaten banjarnegara yakni sebanyak 1.020.982 jiwa.

Seperti yang diketahui, jawa tengah merupakan daerah dataran tinggi, maka tak heran jika wisata di provinsi ini didominasi dengan dataran tinggi. Meskipun begitu wisata dataran tinggi juga cukup terkenal di kalangan wisatawan. Salah satu daerah yang memiliki wisata mengagumkan di jawa tengah dan bisa dijadikan sebagai lokasi berwisata ialah kabupaten banjarnegara. Ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa sobat temukan di banjarnegara dan bisa menjadi list untuk sobat dikala sedang mencari tempat untuk berwisata. Berikut ini daftar tempat wisata terbaru di kabupaten banjarnegara yang wajib untuk dikunjungi.

Daftar Tempat Wisata di Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah Terbaru 2022


1. Curug Pundung Sewu

Tempat wisata pertama yang bisa sobat masukan kedalam list yang akan dikunjungi ialah Curug Pundung Sewu. Curug ini menjadi salah satu wisata andalan dan cukup populerdi banjarnegara. Suasana alam sekitar dari curug ini masih asri dan terjaga, selain itu sobat juga akn dibuat terpukau dengan uasana alam pedesaan yang begitu sejuk dan memanjakan mata. Letak dari Curug Pundung Sewu sendiri berada di Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara. Banyak wisatawan yang datang ke curug ini dengan tujuan untuk mencari ketenangan dan melepas rasa penat. Saat akan berkunjung ke curug ini, tak lupa untuk membawa kamera dan memotret curug yang indah ini.

2. Bukit Asmara Situk

Objek wisata berikutnya yang tidak kalah menarik ialah Bukit Asmara Situk. Banyak wisatawan yang datang ke bukit ini dengan mengajak pasanganya, karena bukit ini menghadirkan suasana romantis sehingga cocok disaksikan bersama pasangan. Di atas bukit ini sobat akan merasakan suasana alam sangat syahdu dan landscape pegunungan serta aliran sungai yang menawan yang pastinya memanjakan kedua bola mata sobat. Sobat juga bisa menyaksikan keindahan alam lainnya dari atas gardu pandang. Berwisata ke bukit ini tidak akan membuat sobat menyesal dan merasa jenuh. Bukit Asmara Situk terletak di Jalan Raya Karangkobar, Dusun I, Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara.

3. Tampomas

Meskipun merupakan wisata yang tergolong baru, namun nama dari wisata ini sudah lumayan terkenal di kalangan wisatawan. Tempat wisata yang satu ini dibuka pada tahun 2017 silam. Saat berada di tempat ini sobat akan dimanjakan dengan pemandangan danau yang memiliki luas sekitar 1,8 hektar yang dikelilingi oleh perbukitan batu. Tentunya lokasi yang satu ini bisa dijadikan sebagai tempat liburan keluarga. Tak lupa juga untuk sobat mengabdikan momen-momen indah selama berada di tempat ini agar pulang tidak menyesal. Lokasi dari Tampomas sendiri berada di Jalan Raya Brengkok – Banjarnegara No.7, Parakancanggah, Kecamatan Banjarnegara, kabupaten banjarnegara.

4. Kawah Sikidang Dieng
kawah sikidang

Jika jawa barat memiliki kawah putih, maka jawa tengah memiliki Kawah Sikidang Dieng sebagai objek wisata populer. Kawah Sikidang Dieng terletak di jalan bakal buntu, dieng kulon, kecamatan batur, kabupaten banjarnegara. Tempat wisata yang satu ini sudah banyak dikenal oleh wisatawan, dan selalu ramai akan pengunjung. Untuk menuju kawah inipun tidak perlu sulit, karena memiliki akses yang begitu mudah. Suguhan pemandangan alamnya yang luar biasa dapat membuat siapapun menjadi enggan untuk pulang, apalagi jika sobat datang ke tempat ini saat cuaca berkabut. Untuk menikmati keindahan kawah ini sobat hanya perlu membayar Rp. 10.000 saja untuk tiket masuknya.

5. Anglir Mendung

Anglir Mendung merupakan wisata air yang cukup unik lantaran lokasinya yang berada di tengah-tengah hutan lindung. Mengajak keluarga berlibur ke Anglir Mendung merupakan pilihan yang tepay, selain untuk mencari ketenangan, sobat juga akan disuguhkan dengan panorama alam hijau yang memanjakan mata. Udara di sinipun akan terasa dingin lantaran lokasinya yang berada di dataran tinggi. Tempat wisata yang satu ini juga sudah memiliki fasilitas yang begitu baik, seperti adanya kolam renang, taman bermain anak, toilet, dan fasilitas lainnya. Anglir Mendung sendiri berada di jalan raya karangkobar, kasimpar, paweden, kecamatan karangkobar, kabupaten banjarnegara.

6. Telaga Merdada

Kurang rasanya liburan sobat di banjarnegara jika sobat melewatkan tempat wisata yang satu ini. Telaga Merdada sendiri masih satu komplek dengan wisata dataran tinggi dieng yakni berada di jalan pauang, karangtengah, kecamatan batur, kabupaten banjarnegara. Fakta lain dari telaga ini adalah merupakan telaga terluas dibandingkan dengan telaga lainnya yang ada di kawasan dieng. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuk piknik bersama keluarganya, karena suasananya cukup mendukung. Saat berada di telaga ini sobat juga akan melihat warga sekitar yang bercocok tanam di area pesawahan, sobat bisa bertegur sapa langsung dengan warga tersebut.

Komentar