6 Ajaran Jepang yang Bisa Membantu Kamu Menjadi Lebih Baik

ajaran jepang yang bisa membantu kamu menjadi lebih baikq

Bangnanda.com - Menurut survey yang dilakukan, jepang menjadi salah satu negara yang ingin dikunjungi oleh banyak orang. Salah satu alasanya ialah memiliki banyak-banyak tempat indah. Jepang merupakan salah satu negara kepulauan di asia timur yang terletak di ujung barat samudra pasifik bersebelahan dengan tiongkok, korea selatan dan rusia.

Negara ini memiliki luas sekitar 377.915 km² dengan jumlah populasi sebanyak 125,7 juta. Ada banyak sekali fakta menarik dan unik mengenai jepang yang wajib teman-teman ketahui, diantaranya yaitu kebiasaan makannya yang unik, cara naik eskalatornya yang unik, mempunyai pasar ikan terbesar di dunia, merupakan salah satu negara teraman di dunia, memiliki kereta super cepat, dan terkenal akan budaya antrinya.

Selain itu orang jepang juga terkenal akan keramahannya, meskipun begitu beberapa orang juga mengatakan bhwa untuk berbicara dan bersosialisasi dengan orang jepang cukup sulit karena sebagian dari mereka bersikap tertutup. Meskipun memiliki kepribadian introvert dan ekstrovert, satu hal yang wajib teman-teman tiru dari orang jepang yaitu mereka pantang menyerah dan tidak meminta-minta.

Orang jepang memiliki harga diri yang tinggi jadi mereka tidak suka meminta-minta maupun di beri sebuah barang karena mereka tidak ingin berhutang budi. Di samping dari itu banyak banyak ajaran jepang yang dapat membantu teman-teman untuk menjadi lebih baik lagi dalam menjalani kehidupan, berikut beberapa ajaran jepang yang bisa membantu kamu menjadi lebih baik.

6 Ajaran Jepang yang Bisa Membantu Kamu Menjadi Lebih Baik

1. Oubaitori (Jangan Membandingan Dirimu)

Orang jepang cenderung tidak membandingkan diri mereka dengan yang lain karena mereka percaya dengan diri mereka sendiri. Mereka percaya dengan kemampuan mereka dan pengetahuan yang mereka miliki, selain tu orang jepang juga percaya bahwa setiap orang mempunyai jalan hidupnya masing-masing dan berkembang dengan cara yang berbeda-beda. Maka dari itu cobalah untuk tidak membandingkan dirimu dengan orang lain, tetaplah percaya diri dengan apa yang teman-teman punyai karena jalan hidup setiap orang berbeda-beda.

2. Kaizan (Teruslah Berkembang)

Orang jepang tidak cepat puas dengan pencapaian yang meraka miliki sekarang , mereka terus mengasah diri dengan belajar hal-hal yang baru karena mereka selalu ingin berkembang. Mereka terus bertumbuh dalam segala spek dan sisi kehidupan. Orang jepang selalu berpikir bahwa makna dari kehidupan ialah bukan hanya menjalankanya akan tetapi untuk terus berkembang. Mulai dari sekarang janglah berpuas diri pada pencapaian teman-teman miliki hingga saat ini, akan tetapi cobalah untuk berkembang agar bisa menjadi lebih baik.

3. Wabi-sabi (Merangkul Ketidaksempurnaan)

Terapkan prinsip ini pada diri teman-teman, tidak ada yang sempurna di dunia ini. Percayalah bahwa setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing sekalipun orang itu terlihat sempurna di mata banyak orang.. Jangan menghindar dan menyembunyikan kekuranganmu, cobalah untuk menutupinya dengan kemampuan yang teman-teman miliki. Temukanlah keindahan dair ketidaksempurnaan.

4. Gaman (Kuatkan Diri di Masa Sulit)

Orang jepang selalu pandai dan cerdik dalam mengendalikan emosi yang mereka miliki. Mereka selalu menghadapi emosi dengan kedewasaan dan kecerdasan emosional. Seperti halnya hidup yang membutuhkan kesabaran, ketekunan, dan toleransi. Dengan menerapkan ajaran ini, maka secara tidak langsung teman-teman juga sedang melatih mental teman-teman. Mulai dari sekarang saat teman-teman dalam keadaan sulit cobalah untuk tidak mengeluh dan tetap mengedalikan emosi teman-teman.

5. Ikigai (Temukan Alasanmu)

Ajaran ini wajib teman-teman miliki pada diri teman-teman karena bisa membantu menemukan tujuan teman-teman di masa depan nanti. Setiap orang pastinya memiliki tujuannya tersendiri, maka temukanlah alasan dari setiap kegiatan yang teman-teman lakukan seperti apa alasanmu bangun di pagi hari ? mengapa suka makanan tersebut ? apa impianmu dimasa depan ? apa yang ingin kamu capai di masa depan nanti ? pokoknya temukanlah alasamu saat melakukan suatu aktiitas atau kegiatan.

6. Shikita Ga Nai (Terima dan relakan)

Ajaran terakhir yang bisa teman-teman pelajari dan terapkan dalam hidup teman-teman ialah Shikita Ga Nai atau terima dan relakan. Orang jepang selalu percaya akan apa yang bukan miliknya maka tidak akan menjadi miliknya sedangkan untuk yang ditakdirkan tidak akan kemana-mana. Mereka tahu batasan mereka sendiri. Cobalah untuk merelakan apa yang tidak bisa kamu kontrol dan tetaplah melanjutkan hidup. Mulai dari sekarang relakanlah apa yang tidak bisa kamu gapai dan percayalah bahwa apa yang menjadi milikmu tidak akan keman-mana.

Komentar