7 Tempat Wisata Terindah dan Terpopuler di Aceh Barat

tempat wisata terindah di aceh barat

Aceh barat merupakan salah satu kabupaten di provinsi aceh. Sebelum pemekaran, kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 10.097,04 km², akan tetapi setelah pemekaran luas wilayah dari kabupaten ini menjadi 2.927,95 km². Aceh barat menjadi salah satu kabupaten yang memiliki sejarah begitu panjang. Mulai dari masa kesultanan aceh hingga kemerdekaan indonesia, daerah ini menjadi saksi sejarah dan tempat terjadinya beberapa peristiwa penting. Maka tak usah heran saat sobat berkunjung ke kota ini sobat akan mendapati tempat-tempat bersejarah di berbagai kecamatanya.

Selain menyimpan sejarah yang panjang, aceh barat juga menyimpan banyak keindahan alam yang dapat membuat siapapun terpukau dan terpesona. Jika sobat sedang berada di aceh barat, maka pastikan untuk mengunjungi satu atau dua tempat wisata agar ketika meninggalkan kabupaten ini sobat tidak menyesal. Bagi sobat yang sedang kebingunggan mencari tempat wisata di aceh barat untuk dikunjungi, berikut ini ulasan mengenai tempat wisata terindah dan terpopuler di aceh barat yang sayang untuk dilewatkan.

7 Tempat Wisata Terindah dan Terpopuler di Aceh Barat


1. Tugu Kupiah Teuku Umar

Tugu Kupiah Teuku Umar bukanlah tempat wisata biasa, pasalnya tempat ini mengabungkan antara unsur sejarah dan religi yang pastinya akan memuaskan. Teuku umar sendiri merupakan nama pahlawan nasional, kecamatan johan pahlawan menjadi tempat gugurnya pahlawan nasional kebanggan aceh tersebut. Sebagai bentuk penghormatan abadi masyarakat Aceh dan Nusantara terhadap jasa-jasa teuku umar terhadap bangsa indonesia, maka didirikanlah tugu ini untuk mengenang jasa-jasa beliau. Lokasi dari tugu kupiah teuku umar berada di Desa Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

2. Pantai Pusong Sangkalan

Berlokasi di angkalan, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat, Pantai Pusong Sangkalan merupakan salah satu pantai dan tempat wisata terkenal yang dan juga menjadi destinasi wisata favorit wisatawan. Meskipun pada hari biasa, tempat wisata yang satu ini tidak pernah sepi pengunjung. Bisa sobat bayangkan sendiri bagaimana keadaan pantai ini di hari libur. Selain untuk melepas penat, para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan alam yang indah. Di tempat ini juga para pengunjung biasa melakukan aktifitas berselancar karena ombaknya yang begitu besar. Jika sobat masih belum mahir berselancar, maka sobat jangan melakukan aktifitas tersebut.

3. Pantai Lhok Geudong

Selain pantai pusong sangkalan ada juga Pantai Lhok Geudong yang juga menjadi destinasi wisata andalan di aceh barat. Pantai Lhok Geudong terletak di Desa Suak Ribee, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Pesona dan suasana dari pantai ini tidak pernah gagal dalam memikat hati wisatawan. Pantai ini menghadap langsung ke samudera hindia, sehingga pemandangan yang dihadirkanyapun sangat indah. Sobat tidak perlu khawatir kepansan, karena di bibir pantai ini terdapat popohonan yang membuat pantai terasa teduh. Pantai Lhok Geudong menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat pemandangan matahari terbenam.

4. Persawahan Suak Sigadeng

Tempat wisata terindah dan terpopuler berikutnya di kabupaten ini adalah Persawahan Suak Sigadeng. Tempat wisata yang satu ini sering kali digunakan sebagai lokasi berfoto karena nuansa pesawahan alaminya yang indah dan ebaj untuk dipandang. Selain berwisata, sobat juga bisa bertegur sapa dengan penduduk desa setempat atau para petani yang ada di pesawahan. Jika sobat memiliki kerabat dekat di sekitar tempat ini maka cobalah untuk menginap semalam dan  datang ke tempat ini pada pagi hari untuk merasakan sensasi udara segar pesawahan di pagi hari. Lokasi dari Persawahan Suak Sigadeng berada di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

5. Danau Geunang Geudong

Bagi sobat yang menyukai wisata danau, maka wajib banget untuk sobat berkunjung ke Danau Geunang Geudong yang terletak di Putim, Kecamatan Kaway XVI, Kabupaten Aceh Barat. Nama Danau Geunang Geudong sendiri sudah terdengar tidak asing lagi di telingga para wisatawan. Para pengunjung yang datang ke tempat ini umumnya untuk mencari ketenangan dan kedamaian. Selain bersantai sobat juga bisa melakukan aktifitas seru lainnya seperti memancing dan menikmati keindahan danau ditemani dengan secangkir kopi.

6. Krueng Tutut

Cukup dengan membayar Rp. 10.000 maka sobat bisa merasakan keindahan dari tempat wisata ini. Krueng Tutut terletak di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat. Di tempat ini sobat akan ditawarkan dengan panorama bukit serta air jernih yang berada di bawah. Cara lain untuk menikmati keindahan dari tempat ini adalah dengan cara menaiki bukit untuk melihat keindahan air dari arah atas. Para pengunjung juga menjadikan destinasi ini sebagai tempat foto karena perpaduan warna hijau dan biru tempat ini memanjakan mata dan enak untuk dilihat. Saat berkunjung ke tempat ini, pastikan untuk membawa bekal dan mengajak keluarga agar liburan sobat terasa menyenangkan.

7. Lebok Pineu

Tempat wisata terakhir yang wajib sobat kunjungi dan sayang untuk dilewatkan adalah Lebok Pineu. Sama halnya tugu kupiah teuku umar, tempat wisata yang satu ini juga mencampurkan 2 unsur elemen yakni wisata religi dan sejarah. Lebok Pineu sendiri adalah sejenis anak sungai yang memiliki aliran cukup deras, yang mengesankannya lagi anak sungai ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan. Lokasi dari Lebok Pineu berada di Tanoh Mirah ,Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat.

Komentar