Inilah Tempat Wisata Terindah dan Terhits di Aceh Tengah

tempat wisata terindah di aceh tengah

Aceh tengah merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi aceh. Kabupaten aceh tengah memiliki luas wilayah sekitar 4.318,39 km2 serta jumlah penduduk sebanyak 218.944 jiwa dan sebagian penduduknya dari suku gayo. Wilayah aceh tengah berada di kawasan dataran tinggi gayo, maka dari itu daerah ini dikelilingi oleh perbukitan dan pegunungan. Aceh tengah juga menjadi salah satu kabupaten yang tidak memiliki pantai karena letaknya yang berada di tengah-tengah. Kabupaten ini dikenal oleh banyak orang karena tradisinya, salah satu tradisi aceh yang terkenal hingga ke luar pulau ialah pacuan kuda dan kesenian didong.

Selain terkenal akan tradisinya, aceh tengah juga cukup terkenal dalam bidang pariwisatanya. Meskipun daerah ini tidak memiliki laut/pantai, masih banyak tempat-tempat wisata yang seru yang bisa sobat temukan di kabupaten ini. beberapa tempat wisata di kabupaten ini bahkan menjadi wisata andalan sekaligus menjadi tempat wisata favorit para wisatawan. Berlibur ke aceh tengah tidak akan membuat sobat menyesal. Bagi sobat yang ingin mengetahui informasi terbaru mengenai tempat wisata apa saja yang saat ini sedang ramai diperbincangkan di aceh tengah, bisa sobat simak secara langsung dibawah ini tempat wisata terindah dan terhits di aceh tengah.

Inilah Tempat Wisata Terindah dan Terhits di Aceh Tengah


1. Danau Laut Tawar
wisata Danau Laut Tawar

Meskipun wilayah aceh tengah merupakan dataran tinggi bukan berarti kabupaten ini tidak memiliki wisata air. Salah satu tempat yang cukup rekomended untuk sobat dikunjungi di kabupaten ini ialah Danau Laut Tawar. Danau ini terletak di Jalan Takengon – Bintang, Gunung Suku, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah dan memiliki luas sekitar 5.472 hektar dengan panjang 17 km serta lebar 3.219 km. Suguhan pemandangan alamnya yang menawan membuat para wisatawan betah ketika berada di danau ini. Selain itu di tempat ini juga sobat bisa menemukan berbagai macam flora dan fauna dari aceh salah satunya adalah ikdan depik.

2. Bur Telege

Bur Telege merupakan salah satu wisata dataran tinggi terbaik di aceh tengah. Tempat wisata yang satu ini bisa dikatakan sebagai bukit karena akan terlihat seperti bukit jika dilihat dari ketinggian. Bur telege berada di ketinggian sekitar 1250 meter di atas permukaan laut. Daya tarik dari tempat wisata yang satu ini terdapat pada panorama alamnya. Sembari merasakan keindahan panorama dari bur telege sobat bisa sambil mencicipi kopi gayo yang diseduh dengan air panas di saat udara dingin menyelimuti. Hal tersebut bisa dibilang merupakan momen terbaik yang sobat dapatkan ketika berkunjung ke bur telege. Letak dari bur telege sendiri berada di Hakim Bale Bujang, Kecamatan Lut Tawar, Kab. Aceh Tengah.

3. Pantai Menye

Seperti yang dikatakan di atas bahwa aceh tengah tidak memiliki pantai, akan tetapi tempat wisata yang satu ini cukup menarik banyak perhatian terutama para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan terdapatnya sebuah fenomena yang unik yakni ombak meskipun gelombangnya tidak sebesar ombak di laut. Layaknya sebuah pantai di tempat ini juga terdapat kawasan berbatu yang landai yang terlihat menyerupai garis pantai. Kawasan tersebutlah yang biasa digunakan oleh wisatawan untuk bermain air dan berfoto. Lokasi Pantai Menye berada di sebelah timur danau laut tawar atau lebih tepatnya di kala bintang, kecamatan bintang, kabupaten aceh tengah.

4. Pantan Terong

Tempat wisata berikutnya yang sedang hits di aceh tengah ialah Pantan Terong. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Takengon, Ulu Nuih, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah dan berada di ketinggian 1803 meter diatas permukaan lut. Sama halnya seperti bur telege, pantai terong merupakan sebuah bukit yang menyajikan pemandangan alam yang mempesona berupa danau laut tawar. Bagi sobat yang menyukai wisata alam, berkunjung ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat. Selain bisa menghilangkan stress. Di tempat ini sobat bisa melakukan kegiatan yang memicu adrenalin seperti paralayang.

5. Umah Pitu Ruang

Tempat wisata yang satu ini cocok dikunjungi bagi sobat yang suka dengan sejarah. Umah Pitu Ruang sendiri merupakan sebuah rumah adat peninggalan Raja Baluntara yang terletak di Jalan Mess Time Ruang Tengah, Blang Kolak I, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, maka tak heran jika tempat ini kaya akan sejarah terutama bagi suku gayo sendiri. Selain kaya akan sejarah, tempat wisata yang satu ini memiliki keunikan sekaligus menjadi daya tarik dari tempat ini. Rumah adat ini dibangun tanpa menggunakan satu paku pun. Mungkin sobat bertanya-tanya dengan cara apakah bangunan ini dibuat dan bisa berdiri kokoh. Untuk mendapatkan jawabannya sobalah datang ke tempatnya langsung. 

6. Dermaga Lukup Panalan

Tempat terakhir yang wajib sobat kunjungi selama di aceh tengah ialah Dermaga Lukup Panalan. Tempat wisata yang satu ini berada di sekitar danau laut tawar atau lebih tepatnya di hakim bale bujang, kecamatan lut tawar, kabupaten aceh tengah. Dermaga Lukup Panalan merupakan sebuah darmaga kecil tempat kapal-kapal kecil berlabuh. Di tempat ini sobat bisa berinteraksi langsung dengan penduduk lokal yang tentunya ramah sembari bertanya-tanya keseharian yang mereka lakukan. Sobat juga bisa menemukan banyak sekali tambak ikan yang menjadi sumber penghidupan suku gayo.

Komentar