Deretan Tempat Wisata Terindah dan Terhits di Aceh Jaya

tempat wisata terindah di aceh jaya

Aceh jaya merupakan sebuah kabupaten yang terletak di provinsi aceh. Sebelum menjadi kabupaten, dulunya aceh jaya merupakan bagian dari kabupaten aceh barat. Kabupaten aceh jaya terbentuk di tahun 2002 dan memiliki luas wilayah sekitar 3.814 km². Baik kota ataupun kabupaten yang ada di provinsi aceh selalu identik dengan kerajaan, tak terkecuali dengan aceh jaya. Dulunya di aceh jaya terdapat sebuah kerajaan yang bernama kerajaan daya. kerajaan tersebut di pimpin oleh seorang raja yang bernama Sultan Alauddin Riayat Syah. Pada tahun 2021 lalu diketahui jumlah penduduk kabupaten aceh jaya yakni sebanyak 94.645 jiwa yang tersebar di 9 kecamatan.

Nama aceh jaya sendiri sudah terdengar tidak asing lagi di telinga wisatawan, hal tersebut dikarenakan kabupaten ini mempunyai banyak sekali destinasi wisata bahari dan wisata alam dengan pesona alam yang indah. Jadi sangat rugi apabila sobat berkunjung ke aceh jaya tanpa mengunjungi satu tempat wisatapun selama di sana. Bagi sobat yang sedang memiliki rencana liburan, tak ada salahnya menjadikan kabupaten ini sebagai pilihan utama. Selain akan dimanjakan dengan keindahan alamnya, sobat juga akan menemukan hal-hal seru lainnya ketika berada di kabupaten aceh jaya. Berikut ini deretan tempat wisata terindah dan terhits di aceh jaya yang sayang untuk dilewatkan.

Deretan Tempat Wisata Terindah dan Terhits di Aceh Jaya


1. Kampung Mata Biru Lamno

Kampung Mata Biru Lamno menjadi tempat pertama yang wajib sobat kunjungi selama berada di kabupaten ini. Tempat wisata yang satu ini terbilang unik karena jarang sobat temui. Salah satu keunikanya yakni terletak pada penduduk lokalnya yang memiliki mata berwarna biru. Hal tersebut dikarenakan dulunya penduduk kampung ini banyak yang menikah dengan pendatang yang berasal dari benua eropa. Selama berada di kampung ini sobat juga bisa bertegur sapa dengan penduduknya sembari mengamati keseharian mereka. Lokasi dari Kampung Mata Biru Lamno berada di desa alu pit, kecamatan panga, kabupaten aceh jaya.

2. Pantai Pasie Saka

Liburan akan terasa kurang rasanya jika sobat tidak berkunjung ke pantai, salah satu pantai yang cukup dikenal wisatawan di kabupaten ini adalah Pantai Pasie Saka. Pantai ini terletak di Babah Nipah, Jeumpheuk, Kecamatan Sampoiniet, Kabupaten Aceh Jaya. Orang-orang sekitar menyebut Pantai Pasie Saka dengan sebutan pantai pasir gula, hal tersebut dikarenakan pasir yang terdapat di pantai ini putih lembut layaknya gula. Sayangnya di pantai ini sobat tidak diperbolehkan untuk berenang dikarenakan ombaknya yang cukup tinggi. Sobat hanya bisa menikmati keindahan pantai ini dari pesisir saja. pantai pasie saka juga merupakan salah satu lokasi terbaik untuk melihat sunset dan sunrise.

3. Air Terjun Ceuraceu Embon

Selain wisata pantai aceh jaya juga memiliki wisata yang tidak kalah menarik lainnya yakni wisata air terjun. Air Terjun Ceuraceu Embon menjadi salah satu tempat yang ramai diperbincangkan oleh banyak orang karena suguhan panorama alamnya yang indah. Meskipun lokasinya tersembunyi dan membutuhkan sedikit perjuangan untuk bisa sampai ke lokasinya, akan tetapi sobat tidak akan dibuat kecewa saat sampai di air terjun ini. Untuk bisa sampai ke air terjun ini sobat harus menggunakan transfortasi air kurang lebih satu jam. Selama perjalanan sobat juga akan melihat tempat-tempat yang indah ditemani dengan suara kicauan burung yang pastinya membuat suasana semakin nyaman.

4. Puncak Lageun

Di aceh jaya juga terdapat wisata puncak yang bisa sobat datangi, salah satunya adalah Puncak Lageun. Tempat wisata ini tak hanya ramai dikunjungi oleh penduduk setempat saja, akan tetapi para wisatawan pun sering juga berkunjung ke tempat ini karena penasaran akan sensasi yang didapatkan. Di tempat ini sobat bisa melihat indahnya pemandangan lautan dan pulau sembari menikmati makanan dan minuman. Tempat ini juga menjadi lokasi terfavorit untuk menikmati matahari terbenam. Jika sobat beruntung, sobat bisa melihat lumba-lumba yang melewati laut di bawah Puncak Lageun. Lokasi dari puncak lageun berada di Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti, Kabupaten Aceh Jaya.

5. Taman Bunga Aceh Jaya

Taman bunga menjadi lokasi terbaik untuk berfoto sekaligus bersantai bersama keluarga. Di aceh jaya juga terdapat sebuah taman bunga yang cukup viral yakni Taman Bunga Aceh Jaya. Di tempat ini sobat akan mendapati banyak sekali jenis bunga dengan warna yang berbeda-beda. Selain disuguhkan oleh keindahan taman bunganya, sobat juga akan mendapati sebuah rumah yang memiliki desain seperti rumah belanda. Untuk menikmati keindahan taman ini sobat cukup membayar Rp. 10.000 untuk harga tiket masuknya. Tempat wisata yang satu ini terletak di kuta tuha, kecamatan panga, kabupaten aceh jaya.

6. Danau Laut Nie Pineung Suasa

Tempat wisata terakhir yang menjadi rekomendasi ialah Danau Laut Nie Pineung Suasa. Jika sobat bosan dengan wisata air berupa pantai, maka tempat yang satu ini bisa menjadi alternatif. Tempat wisata yang satu ini juga cocok dikunjungi bagi sobat yang sedang mencari suasana ketenangan dan ingin menghilangkan stres. Salah satu aktifitas yang wajib coba saat berada di danau ini adalah menaiki perahu mengelilingi danau sembari menunggu matahari terbenam. Tentunya hal tersebut memberikan momen yang tidak terlupakan. Lokasi dari Danau Laut Nie Pineung Suasa berada di Desa Pasi , Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya.

Komentar