Simak Tempat Wisata Terbaru dan Terhits di Aceh Barat Daya yang Rekomended

tempat wisata terhits di aceh barat daya

Aceh Barat Daya merupakan nama kabupaten di provinsi aceh. Kabupaten ini diresmikan pada tahun 2002, setelah disahkanya undang-undang republik indonesia nomor 4 tahun 2002. Luas kabupaten aceh barat daya yakni sekitar 1.882 km². Diantara jajaran kabupaten yang ada di aceh, kabupaten ini memiliki banyak julukan diantaranya Alue Malem Dewa, Bumi Cerana, Bumi Persada, Tanoh Mano Pucok, Tanoh Breuh Sigupai, Bumoe Teungku Peukan, dan Bumi Persada. Selain itu kabupaten ini juga terkenal memiliki banyak tempat wisata yang indah dan memanjakan mata yang bisa dijadikan sebagai tempat refresing bersama keluarga.

Beberapa wisata yang populer di kabupaten ini antara lain, wisata alam, cagar budaya dan situs sejarah. Ketiga macam wisata tersebut menjadi wisata andalan di kabupaten aceh barat daya dan menjadi tempat yang sering dikunjungi wisatawan. Sangat rugu rasanya jika sobat berkunjung ke aceh barat daya tanpa mengunjungi tempat apapun. Bagi sobat yang masih awam akan wisata di kabupaten ini sobat tidak perlu khawatir, bisa sobat simak dibawah ini tempat wisata terbaru di aceh barat daya yang paling rekomended untuk dikunjungi.

Simak Tempat Wisata Terbaru dan Terhits di Aceh Barat Daya yang Rekomended


1. Pulau Gosong Sangkalan

Tempat pertama yang menjadi rekomended untuk dikunjungi ialah Pulau Gosong Sangkalan. Pulau ini terletak di Sangkalan, Kecamatan susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya. Awalnya pulau gosong sangkalan memiliki wilayah yang cukup luas, akan tetapi karena pulau ini pernah tersapu oleh tsunami maka luas pulau ini menjadi berkurang. Meskipun begitu nilai eksotis dan keindahan pulau ini masih tetap sama saja. banyak pemandangan indah yang bisa sobat temukan di pulau ini yang wajib untuk sobat foto. Sayangnya untuk bisa mengunjungi pulau ini, harus saat air laut surut. 

2. Pemandian Putroe Ijo

Pemandian Putroe Ijo menjadi tempat berikutnya yang wajib datangi saat berada di kabupaten ini. Tempat wisata yang satu ini merupakan pemandian umum berupa sungai indah yang berjajar batu kali bewarna putih yang jika dilihat Sekilas mirip dengan batu kapur. Meskipun tempat ini merupakan pemandian umum sungai, akan tetapi tempat ini dijaga dan dirawat dengan baik sehingga dapat membuat para pengunjungnya menjadi nyaman dan betah. Fasilitas di tempat ini juga sudah memadai dimana ada toilet, ruang ganti, tukang cemilan dan kuliner, dan fasilitas lainnya. Lokasi dari Pemandian Putroe Ijo berada di Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya.

3. Gua Seumancang Kuta Tinggi

Bagi sebagian orang wisata goa merupakan wisata yang cukup asing karena tempatnya gelap dan lembab, akan tetapi menurut beberapa orang yang sudah pernah memasukinya goa memiliki keindahan yang disembunyikan oleh kegelapan. Gua Seumancang Kuta Tinggi merupakan salah satu goa yang terkenal yang ada di kabupaten aceh barat daya. Goa ini terletak di Desa Babahlung Kemukiman Kuta Tinggi, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya. Bagi sobat yang hobi berpetualang, berkunjung ke goa ini menjadi pilihan paling utama karena sobat akan memberikan pesona yang luar biasa.

4. Taman Laut Ujung Manggeng

Untuk harga tiket masuk ke Taman Laut Ujung Manggeng memang sedikit lebih mahal, sobat harus menyiapkan uang sekitar Rp. 60.000 hingga Rp. 100.000. Taman Laut Ujung Manggeng sendiri merupakan salah satu pulau tak berpenghuni yang memiliki pesona keindahan luar biasa. Tempat wisata yang satu ini berada di Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya. Daya tarik dari tempat ini terletak pada Taman hijau yang berpadu dengan pantai pasir putih menjadi sebuah pemandangan langka yang jarang ditemui di kota-kota besar.

5. Pemandian Krueng Baru

Saat ini banyak orang yang mempertanyakan Pemandian Krueng Baru apakah sebuah sungai atau hanya genangan air layaknya danau, meskipun begitu tempat ini memiliki pesona alam yang indah. Lokasi dari pemandian ini cukup dekat dengan kota, sobat hanya perlu menempuh jarak sekitar 27 KM atau sekitar 40 menitan. Bagi sobat yang berencana datang ke tempat ini pastikan untuk membawa kamera terbaik agar mendapatkan hasil foto yang maksimal. Lokasi dari Pemandian Krueng Baru berada di Jalan Pemuda, Meunasah Sukon, Kecamatan Lembah Sabil, Kabupaten Aceh Barat Daya.

6. Pantai Jilbab

Berwisata tanpa mengunjungi pantai rasanya ada yang kurang, sama halnya seperti kopi dan gula. Pantai Jilbab merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di kabupaten aceh barat daya. Salah satu view terbaik yang bisa sobat lihat di pantai ini yakni pemandangan pulau gosong. Tak heran jika pantai ini tidak pernah sepi pengunjung terutama di hari libur dan akhir pekan yang dimana pantai ini selalu padat. Pantai Jilbab juga menjadi lokasi terbaik untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Bagi sobat yang tertarik berkunjung ke pantai ini sobat bisa datang ke Kedai Susoh, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya.

7. Pantai Wisata Ujong Ketapang

Pantai Wisata Ujong Ketapang menjadi tempat wisata terakhir yang rekomended untuk dikunjungi. Pantai ini berlokasi di Sejahtera, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Aceh Barat Daya dan menjadi salah satu wisata andalan di kabupaten ini. Pesona alam eksotis, penataan yang rapi dengan gaya modern, dan tempatnya yang selalu bersih menjadi daya tarik utama dari pantai ini. Pantai ini juga masih perawan karena masih sedikit manusia yang menjangkaunya.

Komentar