Inilah Tempat Wisata Terbaik dan Terhits di Kabupaten Alor NTT

tempat wisata terhits di alor

Alor merupakan seuah kabupaten yang terletak di provinsi nusa tenggara timur. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 2.929 km² serta jumlah penduduk sebanyak 211.872 jiwa pada tahun 2021 silam. Menurut masyarakat setempat, dulunya kabupaten ini merupakan bekas kerajaan dari kerajaan abui dan kerajaan munaseli, yang merupakan kerajaan tertua di kabupaten ini. Kerajaan abui terletak di pedalaman pegunungan alor sedangkan kerajaan munaseli terletak di ujung timur pulau pantar. Kabupaten alor sendiri berbentuk sebuah kepulauan dan memiliki letak yang cukup strategis karena berada di jalur pelayaran internasional ke samudera pasifik.

Kabupaten alor dikenal memiliki banyak destinasi wisata yang indah dan menawan, baik di daratan ataupun di bawah laut. Banyak para wisatawan yang datang ke kabupaten ini untuk menikmati keindahan bawah lautnya yang menawan, terutama yang sering bermain snorkeling. Berkunjung ke kabupaten ini tidak membuat wisatawan menyesal, para wisatawan akan mendapatkan pengalaman berharga dan menyenangkan yang sulit untuk dilupakan. Saat berkunjung ke kabupaten ini untuk berlibur, ada beberapa tempat wisata yang tidak boleh sobat lewatkan, berikut ini ulasan mengenai tempat wisata terbaik dan terhits yang ada di kabupaten alor nusa tenggara timur.

Inilah Tempat Wisata Terbaik dan Terhits di Kabupaten Alor NTT


1. Taman Laut Pantar

Karena wilayah kabupaten alor yang merupakan sebuah kepulauan, maka tak heran jika di kabupaten ini terdapat banyak sekali wisata taman laut, salah satu wisata taman laut yang terkenal di kabupaten ini adalah wisata taman laut pantar. Meskipun nama taman laut ini tidak sepopuler taman laut bunaken dan taman laut raja ampat, akan tetapi taman laut ini masuk dalam jajaran wisata bawah laut terbaik di dunia.

Bagi sobat yang pernah berkunjung ke tempat ini mungkin sobat sudah dibuat terpana dengan keindahan bawah lautnya yang bahkan sudah di akui dunia. Untuk sobat yang penasaran akan keindahan bawah laut tempat ini sobat bisa datang langsung ke kawasan kepulauan pantar untuk membuktikannya.

2. Pulau Pura

Bersantai di pinggir pantai sembari menikmati buah kelapa merupakan momen yang diinginkan oleh banyak orang. Pulau pura menjadi lokasi paling favorit untuk melakukan kegiatan tersebut. Selain itu tempat ini juga biasa dikunjungi oleh para fotografer karena memiliki keindahan yang memukau. Suasana tenang diisi dengan suara deburan ombak membuat rasa penat dalam diri menjadi hilang. Lokasi dari pulau pura sendiri berada di kecamatan pulau pura, kabupaten alor. Di pulau ini sobat bisa melakukan aktifitas-aktifitas seru seperti bermain pasir, menyusuri garis pantai, bermain air di pesisir pantai, serta berfoto.

3. Pulau Mali

Selain pulau pura ada juga pulau mali yang merupakan salah satu wisata andalan di kabupaten ini. Tempat ini juga tidak kalah indah dan populer dari pantai pura. Sajian alam yang dihadirkannya dapat membuat kedua bola mata terpana terutama pada sore hari. Banyak wisatawan lokal atapun mancanegara datang ke pulau ini karena tertarik dengan sajian alamnya dan ingin menikmati sensasi berlibur di pulau ini.

Pulau ini juga menjadi salah satu tempat terfavorit untuk melihat sunrise atau matahari terbit. Memiliki air laut yang jernih serta ombak yang cukup bersahabat, menjadikan sobat bisa melihat biota laut dengan jelas. Lokasi dari pulau mali berada di desa kabola, kecamatan teluk mutiara.

4. Kolam Bidadari

Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah pemandian alam yang cantik dan menarik untuk dikunjungi. Sembari berendam, sobat bisa menikmati pemandangan hijau yang asri dan mengelilingi kolam ini. Selain itu tempat ini juga cocok dikunjungi bagi sobat yang sedang mencari ketenangan dan suasana damai. Letak dari kolam bidadari sendiri berada di desa alila, kecamatan alor barat laut, kabupaten alor. Siapapun yang datang ke tempat ini tidak akan merasa kecewa, bahkan mereka datang ke tempat ini karena tertarik dengan sajian alamnya serta suasana damainya. Tempat ini juga memiliki sudut-sudut menarik yang cocok dijadikan sebagai lokasi spot foto.

5. Desa Takpala

Kabupaten alor tidak hanya terkenal akan wisata alamnya saja, terdapat juga wisata budaya yang cukup terkenal di kabupaten ini yakni desa takpala. Desa ini sangat kental dengan tradisi bali dan selalu menjaga kearifan lokalnya. Para wisatawan yang datang ke desa ini akan disambut baik oleh penduduk desa setempat dengan ramah. Dengan berkunjung ke desa ini, sobat bisa sedikit lebih mengenal tentag tradisi bali dan gaya bangunan khas bali yang unik. Selain itu sobat juga bisa berpartisipasi dalam kegiatan menarik dan mengamati para wanita dalam menenun kain. Desa takpala sendiri terletak di desa lembur barat, kecamatan alor tengah utara, kabupaten alor.

6. Pantai Tiga Warna Pantaru

Pantai tiga warna menjadi tempat terakhir yang wajib sobat kunjungi. Sesuai namanya, pantai ini memiliki 3 warna yakni coklat kemerahan, puith transparan, dan hitam. Hal tersebut juga menjadi daya tarik utama dari pantai ini. Banyak orang yang datang ke pantai ini karena penasaran dengan keindahan pantainya sekaligus menghabiskan waktu untuk liburan. Lokasi dari pantai tiga warna pantaru berada di puntaru, desa tude, kecamatan pantar tengah, kabupaten alor.

Komentar