Deretan Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Aceh Timur

tempat wisata terbaik di aceh timur

Aceh timur merupakan sebuah kabupaten di provinsi aceh tepatnya di sisi timur provinsi ini. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 6.040 km² yang terbagi menjadi 24 kecamatan serta jumlah penduduk sebanyak 428.580 jiwa pada tahun 2021 lalu. Aceh timur menjadi salah satu kabupaten yang memiliki sejarah cukup panjang, kabupaten ini masuk dalam kawasan gerakan aceh merdeka atau yang biasa dikenal dengan GAM sebelum diberlakukanya darurat militer pada tahu 2003 silam. Sama halnya seperti kabupaten aceh utara dan aceh tamiang, kabupaten aceh timur juga menjadi salah satu daerah yang kaya akan minyak.

Selain dikenal sebagai daerah yang bersejarah dan kaya akan minyak, aceh timur juga dikenal oleh banyak orang karena memiliki sejumlah destinasi wisata yang cukup memanjakan. Maka tak heran jika banyak wisatawan berdatangan ke kabupaten ini karena penasaran dengan sajian alamnya. Berlibur dan menghabiskan waktu di kabupaten ini tidak akan membuat sobat menyesal. Ada banyak sekali hiburan dan keseruan yang bisa sobat dapatkan ketika berlibur di daerah ini. Bagi sobat yang kebingunggan mencari tempat wisata terbaik di daerah ini, dibawah ini merupakan deretan tempat wisata terbaik dan paling hits di aceh timur yang sayang untuk dilewatkan.

Deretan Tempat Wisata Terbaik dan Paling Hits di Aceh Timur


1. Air Terjun Terujak/Weh Hilang

Tempat wisata pertama yang paling hits di kabupaten ini ialah Air Terjun Terujak/Weh Hilang. Air terjun ini terletak di Terujak, Kecamatan Serba Jadi, Kabupaten Aceh Timur dan menjadi salah satu wisata andalan di aceh timur. Destinasi wisata yang satu ini cocok dikunjungi bagi sobat yang suka dengan wisata alam. Keindahan air terjun ini sudah diakui oleh banyak orang, bahkan penduduk sekitar menyebutnya sebagai surga tersembunyi di aceh timur. Sayangnya untuk menikmati keindahan tersembunyi ini sobat harus melakukan perjalanan yang cukup panjang dan juga melewati berbagai rintangan. Meskipun begitu sobat tidak akan dibuat kecawa dengan keindahan alam sekitar air terjun.

2. Pantai Kuala Beukah

Pantai Kuala Beukah menjadi destinasi wisata berikutnya yang paling hits di aceh timur. Tempat wisata yang satu ini terletak di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur.  Untuk bisa sampai ke pantai ini sobat harus menempuh jarak sekitar 44 Km atau sekitar 1 jam dengan kendaraan. Saat pertama kali menginjakan kaki di pantai ini sobat akan dibuat terpukau dengan keindahan pantainya, air laut yang bersih serta bibir pantai yang luas dan panjang menjadi daya tarik utama dari tempat ini. Di pantai ini sobat bisa melakukan aktifitas seru seperti berenang, bermain pasir pantai, memancing, bahkan bermain voli pantai.

3. Pemandian Air Panas Terujak

Tempat wisata yang satu ini masih satu kecamatan dengan air terjun terujak/weh hilang, yakni di Terujak, Kecamatan Serbajadi, Kabupaten Aceh Timur. Tempat wisata yang satu ini menawarkan pemandian air panas yang alami. Sembari berendam sobat juga bisa menikmati pemandangan hijau asri di sekitaran pemandian ini.

Pemandian Air Panas Terujak biasa disebut juga dengan sebutan Lokop Serbe. Tempat wisata yang satu ini menjadi salah satu wisata favorit wisatawan, terutama di hari libur, tempat ini selalu ramai akan pengunjung. Berendam di air panas akan lebih baik dilakukan jika badan sobat lelah setelah melakukan perjalanan yang panjang, selain itu berendam di air panas juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama untuk kesehatan kulit.

4. Makam Puteri Nurul A’la

Wisata tidak harus selalu alam, di aceh timur terdapat sebuah wisata religi dan yang sering dikunjungi oleh banyak orang, wisata tersebut adalah Makam Puteri Nurul A’la yang berlokasi di Seumanah Jaya, Kecamatan Rantau Peureulak, Kabupaten Aceh Timur, atau lebih tepatnya berada di sebelah sungai pareulak. Puteri Nurul A’la sendiri merupakan tokoh yang cukup terkenal di aceh timur, beliau adalah seorang perdana menteri sekaligus panglima perang yang gagah dan berani.

Berkunjung ke wisata religi dan budaya memberikan banyak manfaat, salah satunya yaitu untuk memperkaya wawasan. Bagi sobat yang belum pernah mengunjungi wisata religi dan budaya sekalipun cobalah sekali-kali berkunjung karena akan mendapatkan banyak pengalaman.

5. Air Terjun Alue Nyamuk

Selain air terjun terujak/weh hilang, terdapat juga wisata air terjun lainnya yang tidak kalah populer salah satunya adalah Air Terjun Alue Nyamuk yang berlokasi di Alue Nyamuk, Kecamatan Birem Bayeu, Kabupaten Aceh Timur. Panorama dan keindahan yang ditawarkan air terjun ini dapat membuat siapapun betah dan ingin berlama-lama berada di tempat ini. Banyak pengunjung yang datang ke tempat ini mengajak keluarganya, hal tersebut dikarenakan wisata yang satu ini cocok sebagai tempat fiknik keluarga. Selain itu pengunjung biasanya menjadikan air terjun ini sebagai latar belakang foto mereka agar terlihat indah dan ciamik.

6. Masjid Agung Darussalihin

Masjid Agung Darussalihin merupakan salah satu wisata religi yang ramai dikunjungi. Daya tarik dari masjid ini terletak pada gaya arsitekturnya yang memadukan turki dan arab. Siapapun yang melihat masjid ini dari dekat akan terpesona dengan kemegahannya. Selain itu masjid ini juga sering mengadakan kegiatan bernuansa islami yang bisa sobat hadiri. Banyak orang yang mampir ke masjid ini untuk beribadah sekaligus untuk beristirahat sejenak karena lelahnya badan ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Lokasi dari Masjid Agung Darussalihin berada di Kampung Jawa, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur.

Komentar