Simak Tempat Wisata di Kota Tanjung Balai yang Populer Tahun 2022

tempat wisata di tanjung balai yang populer

Tanjung balai merupakan sebuah kota di provinsi sumatera utara, kota ini terletak di tepi Sungai Asahan, yang merupakan sungai terpanjang di Sumatra Utara. Luas wilayah kota tanjung balai yakni kurang lebih sekitar 60,52 km². Jika sobat berada di kota medan dan berencana untuk datang ke kota ini, maka sobat harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 186 KM atau sekitar 5 jam. Perlu sobat ketahui, dulunya luas kota tanjungbalai hanya sekitar 199 hektar atau sekitar 2 km² bahkan kota ini masuk dalam jajaran kota terpadat di asia tenggara dengan angka kepadatan penduduk kurang lebih sekitar 20.000 jiwa per km². Akhirnya kota ini diperluas berkat terbitnya Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 20 Tahun 1987.

Tanjung balai juga menjadi rekomendasi kota yang wajib dikunjungi terutama bagi sobat yang hobi berpetualang dan jajan. Kota ini memiliki potensi wisata yang cukup besar, salah satu wisata yang cukup terkenal di tanjung balai adalah wisata alam dan kulinernya. Banyak tempat-tempat indah dan menarik bisa sobat temukan di kota ini, tentunya hal tersebut menjadi kesenangan tersendiri terutama bagi sobat yang suka dengan wisata alam. Tak hanya sekedar indah dan menarik, tempat wisata di kota ini juga cukup populer dikalangan wisatawan. Berikut ini ulasan mengenai tempat wisata di tanjung balai yang populer di tahun 2022.

Simak Tempat Wisata di Kota Tanjung Balai yang Populer Tahun 2022


1. Pasar Ikan Bosar

Jika sobat sedang mencari buah tangan untuk dibagikan kepada teman ataupun keluarga, maka berkunjung ke Pasar Ikan Bosar merupakan pilihan yang tepat. Karena sebagian besar penduduk kota tanjung balai bekerja di laut maka sobat bisa menemukan berbagai jenis ikan di pasar ini dengan harga yang terjangkau. Jika sobat berencana datang ke tempat ini, datanglah pada waktu siang maupun sore pada saat nelayan pulang dari laut. Selain itu berkunjung ke tempat ini juga bisa membuat sobat mengetahui sedikit tentang kultur melayu terutama aspek sosial dan ekonomi. Letak dari pasar ikan bosar berada Jalan Veteran No.61, Indra Sakti, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjung Balai.

2. Taman Pesona Asri

Taman Pesona Asri menyediakan hiburan menarik bagi masayarakat. Tujuan dari pembangunan taman ini adalah untuk mengakomodir keinginan masyarakat lokal yang ingin merasakan nuansa baru selain wisata alam yang sering mereka kunjungi. Taman yang terletak di Desa Pahang, Kecamatan Datuk Bandar, Kota Tanjung Balai ini juga menjadi salah satu wisata andalan di kota ini. Salah satu keseruan dari taman ini yaitu terdapatnya sebuah waterboom dilengkapi dengan wahana-wahana seru dan menantang. Hari terbaik untuk mengunjungi taman ini adalah pada saat hari libur dan akhir pekan.

3. Lapangan Sultan Abdul Jalil

Tempat wisata populer berikutnya di kota ini adalah Lapangan Sultan Abdul Jalil. Selain di sebut Lapangan Sultan Abdul Jalil penduduk setempat juga menyebut lapang ini dengan sebutan lapangan pasir Tanjung Balai. Tempat wisata yang satu ini ramai dikunjungi pada sore dan malam hari, karena di dua waktu tersebut merupakan waktu terbaik untuk berkumpul bersama kawan, mengisi waktu, dan bermain. Selain itu di tempat ini juga terdapat stret food yang siap menemani ketika perut kosong dan lapar. Lapangan Sultan Abdul Jalil terletak di Desa Pantai Burung, Kecamatan Tanjung Balai Selatan, Kota Tanjung Balai.

4. Vihara Tri Ratna

Selain terkenal akan wisata alam dan kulinernya, rupanya tanjung balai juga memiliki wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Seperti yang kita ketahui vihara adalah tempat ibadah bagi umat buddha atau kong hu cu. Meskipun begitu bentuk bangunan yang keren dan juga unik membuat wisatawan ingin mengunjunginya. Vihara Tri Ratna merupakan salah satu wisata religi yang terkenal di tanjung balai. vihara ini berlokasi di Jalan Asahan, Desa Indra Sakti, Kecamatan Tanjungbalai Selatan, Kota Tanjung Balai. Selain terkenal akan desain bangunanya, vihara ini juga memiliki sejarah yang panjang sebab dibangun pada tahun 1984.

5. Jembatan Tabayang

Jembatan Tabayang dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan dua kota yang ramai. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 600 meter dan sudah digunakan sejak tahun 2008 silam. Saat berada di atas jembatan ini sobat bisa beristirahat sejenak sembari menghirup udara segar dan menikmati keindahan dari sungai asahan. Menurut beberapa orang nama tabayang sendiri diambil dari bahasa lokal setempat yang memiliki arti terbang, namun ada juga yang mengatakan bahwa tabayang merupakan singkatan dari Tanjung Balai dan Sei Kepayang. Malam hari merupakan waktu yang tepat untuk datang ke tempat ini karena di waktu tersebut jembatan ini akan dihiasi dengan lampu sorot yang membuatnya terlihat lebih indah.

6. Istana Asahan

Tanjung balai juga memiliki beberapa wisata sejarah yang wajib untuk dikunjungi terutama bagi sobat yang menyukai sejarah. Istana Asahan merupakan sebuah bangunan bersejarah yang sudah berdiri sejak tahun 1630 M dan merupakan peninggalan kesultanan asahan yang masih dijaga dan dirawat dengan baik. Meskipun hanya sekedar replika saja, desain dan arsitektur dari bangunan ini mirip dengan aslinya. Arsitektur dari bangunan ini mengabungkan dua unsur yang berbeda yakni melayu dan islam. Bagi sobat yang tertarik berkunjung ke tempat ini untuk berfoto-foto dan melihat langsung bentuk bangunanya, sobat bisa langsung datang ke Jalan Bendang, Desa Sei Raja, Kecamatan Tualang Raso, Kota Tanjung Balai.

Belum ada Komentar untuk "Simak Tempat Wisata di Kota Tanjung Balai yang Populer Tahun 2022"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel