7 Tempat Wisata di Kabupaten Bangli Bali yang Terkenal

objek wisata di bangli yang terkenal

Bangnanda.com - Bangli merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi bali. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 520,8 km² serta jumlah penduduk sebanyak 254.738 jiwa. Bangli menjadi satu-satunya kabupaten di provinsi bali yang tidak memiliki wilayah laut atau perbatasan laut. Bisa dibilang bahwa kabupaten bangli berada di tengah-tengah diantara kabupaten yang ada di provinsi bali. Di sebelah utara berbatasan dengan kabupaten buleleng, di timur kabupaten klungkung dan karangasem, di selatan kabupaten klungkung dan gianyar, dan dibarat berbatasan dengan gianyar dan badung. Kabupaten ini terbagi menjadi 4 kecamatan.

Seperti yang diketahui, bahwa pulau bali merupakan salah satu tempat yang memiliki objek wisata mendunia. Keindahan-keindahan yang ada di pulau ini sudah hampir diketahui dan dikenal oleh wisatawan, tidak hanya wisatawan lokal saja tetapi wisatawan mancanegara. Berkunjung ke pulau bali tidak akan membuat sobat menyesal. Ada beragam wisata menarik dan seru yang dapat sobat temukan di pulau bali, salah satunya bisa sobat temukan di kabupaten bangli.

Meskipun bangli merupakan kabupaten yang tidak memiliki pantai, akan tetapi kabupaten masih menyimpan keindahan alam yang tidak ada duanya, bahkan tempat-tempat wisata di kabupaten ini cukup terkenal. Bagi sobat yang berada di pulau bali dan sedang berlibur maka sobat bisa menjadikan kabupaten ini sebagai tempat persingahan. Ada banyak sekali tempat wisata yang indah dan terkenal di kabupaten ini. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan ulasan mengenai tempat wisata di kabupaten bangli bali yang terkenal yang pautu dikunjungi.

7 Tempat Wisata di Kabupaten Bangli Bali yang Terkenal


1. Danau Batur

Tempat wisata pertama yang cukup terkenal di bangli ialah Danau Batur. Jika sobat melewatkan wisata yang satu ini maka liburan sobat di kabupaten bangli akan terasa ada yang kurang. Danau Batur sendiri terletak di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Saat berkunjung ke danau ini sobat akan dimanjakan dengan pesona alamnya yang indah dan memanjakan mata. Sobat akan dibuat betah dengan suasana yang disuguhkan dari danau ini. Salah satu keunikan dari danau ini ialah warna airnya mampu berubah-ubah karena mengandung belerang, belerang tersebut bersasal dari gunung batur. Danau ini juga menjadi lokasi terbaik untuk menikmati matahari terbenam di bangli.

2. Gunung Batur
tempat wisata di bangli

Selain berkunjung ke danau batur, tak lupa juga untuk sobat berkunjung ke salah satu dataran tinggi yang cukup terkenal di bangli yaitu Gunung Batur. Wisata sobat di bangli akan lengkap jika sobat mengunjungi 2 tempat ini. Gunung Batur sendiri berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli dan memiliki ketinggian sekitar 1717 meter diatas permukaan laut. Tempat wisata ini menjadi salah satu wisata andalan para pendaki. Baik pendaki pemula ataupun yang sudah berpengalaman, sering kali terlihat di gunung ini. Yang membedakan gunung ini dan gunung yang lain yaitu gunung ini memiliki jalur pendakian yang jelas, sedangkan gunung yang lain rimbun dengan pepohonan.

3. Air Panas Penelokan

Berenang dan berendam merupakan salah satu kegiatan yang cukup mengasikan, apalagi jika air terjun adalah air panas. Salah satu pemandian air panas yang patut sobat kunjungi saat berada di bangli ialah Air Panas Penelokan. Air panas yang memiliki sebutan kolam Toya Bungkah ini terletak di Penelokan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.

Tak hanya menjadi wisata favorit warga sekitar saja, air panas ini juga sangat sering dikunjungi oleh para wisatawan. Hal tersebut dikarenakan, berendam dalam air panas memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh, salah satunya mampu menyembuhkan penyakit kulit. Sembari berendam, sobat juga akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah, sejuk, dan asri yang tentunya dapat membuat siapapun menjadi sangat betah.

4. Air Terjun Dusun Kuning

Tempat wisata berikutnya yang terkenal di bangli ialah Air Terjun Dusun Kuning. Air terjun ini menjadi wisata alternatif jika sobat merasa bosan dengan wisata air itu-itu saja. Lokasi dari air terjun ini berada di dataran tinggi sehingga membutuhkan perjuangan yang cukup ekstra untuk mengapainya. Selama perjalanan menuju air terjun ini sobat akan disuguhkan dengan pemandangan-pemandangan indah yang pastinya memanjakan mata. Selain itu sobat juga akan merasakan senasi langsung berpetualang di alam bebas. Perjalanan panjang yang sobat lakukan tidak akan sia-sia, saat sampai di air terjun ini sobat akan disuguhkan oleh keindahan dari Air Terjun Dusun Kuning yang dapat membuat sobat terpukau.

5. Museum Geopark Batur

Jika sobat ingin merasakan sensasi wisata sembari belajar maka berkunjung ke tempat ini merupakan pilihan yang tepat. Museum Geopark Batur sendiri merupakan salah satu wisata edukasi yang cukup terkenal di kabupaten ini. Tempat ini bisa dibilang museum baru, karena baru diresmikan pada tahun 2016. Di museum ini sobat akan mendapati sejumlah koleksi seperti budaya, geologi, dan keanekaragaman hayati yang terdapat di sekitar wilayah Gunung Batur.

Sobat akan memperoleh sejumlah informasi penting saat berkunjung ke museum ini, apalagi jika sobat mengajak buah hati. sejumlah koleksi seperti budaya, geologi, dan keanekaragaman hayati yang terdapat di sekitar wilayah Gunung Batur. terletak di Jalan Raya Penelokan, Batur Selatan Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli

6. Desa Penglipuran Bangli
objek wisata Desa Penglipuran Bangli

Sebelum dijadikan sebagai desa wisata, dulunya Desa Penglipuran Bangli merupakan sebuah desa adat. desa ini terletak di Jalan Penglipuran, Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Banyak wisatawan dalam negeri maupun luar negeri datang ke desa ini untuk merasakan langsung sensasi dari wisata desa ini. Salah satu daya tarik dari tempat ini adalah masih mempertahankan kebudayaan dari leluhur, hal tersebut bisa sobat lihat melalui bangunan-bangunan yang terdapat di desa ini. Karena hal tersebut juga desa ini memenangkan banyak penghargaan bergengsi.

7. Kaldera Gunung Batur

Destinasi wisata terakhir yang patut sobat kunjungi selama berlibur di kabupaten bangli yaitu Kaldera Gunung Batur. Tempat wisata yang satu ini terletak di Gunung Batur, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli. Kaldera ini berukuran sekitar 13,8×10 kilometer dan menjadi salah satu kaldera terbesar di dunia. Sobat juga akan menemukan sebuah danau unik di tempat ini yang berbentuk seperti bulan sabit. Banyak para petualang dan pendaki berdatangan ke tempat ini karena tertarik dengan pesona alam yang dihadirkan dari kaldera yang satu ini. Di kaldera ini sobat juga bisa mendirikan sebuah tenda.

Komentar