6 Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat yang Murah dan Bagus

tempat wisata di bandung barat yang indah

Bandung barat merupakan sebuah kabupaten di provinsi jawa barat dan merupakan pemekaran dari kabupaten bandung. Luas wilayah kabupaten ini yakni sekitar 1.306 km² dan berada di ketinggian 768 meter. Sebelum terjadinya pemekaran, bandung barat masuk dalam wilayah bandung raya bersama dengan kota bandung dan kota cimahi. Usulan mengenai pemekaran kabupaten bandung menjadi 2 kabupaten sebenarnya sudah ada sejak tahun 1999. Saat itu H. Hatta Djati Permana, S.Ip. yang merupakan Bupati KDH TK.II Bandung mengajukan surat permohonan kepada Ketua DPRD perihal permohonan persetujuan pemekaran wilayah Kabupaten Dati II Bandung.

Sama halnya seperti kabupaten bandung, bandung barat juga memiliki keindahan alam yang memukau. Maka tidak heran jika kabupaten ini menjadi lokasi yang difavoritkan wisatawan untuk liburan. Banyak pengunjung dari luar kota berkunjung ke kabupaten ini hanya untuk sekedar liburan dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Hal inilah yang membuat bandung semakin padat dan macet saat libur panjang. Wisata di bandung tidak selalu mahal, faktanya ada beberapa tempat wisata di bandung barat yang murah hingga gratis dan memiliki kualitas yang bagus. Bisa sobat simak dibawah ini merupakan deretan tempat wisata di kabupaten bandung barat yang murah dan bagus.

6 Tempat Wisata di Kabupaten Bandung Barat yang Murah dan Bagus


1. Puncak Eurad Pingping

Puncak Eurad Pingping merupakan destinasi wisata yang sangat sayang apabila sobat lewatkan. Keindahan alam yang tersaji di tempat ini dapat membuat para pengunjungnya terpukau. Tempat wisata yang satu ini terletak di antara perbatasan kabupaten bandung barat dan kabupaten subang, atau lebih tepatnya berada di Jalan Cibodas – Ciater, Wangunharja, kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Selama perjalanan menuju puncak, sobat juga akan melihat berbagai pemandangan alam indah lainnya seperti perbukitan dan hutan pinus yang membuat perjalanan menjadi lebih menyenangkan. Pastikan juga untuk membawa perlengkapan kamera terbaik agar hasil foto terlihat bagus dan sempurna.

2. Sungai Cikahuripan

Beberapa orang menjuluki Sungai Cikahuripan sebagai green canyonya bandung barat. Hal tersebut dikarenakan sungai ini berada di tebing-tebing terjal dan membuat pemandangan dari sungai ini terlihat seperti green canyonnya amerika serikat. Banyak wisatawan berkunjung ke tempat ini karena penasaran dengan keindahan alamnya sekaligus untuk berfoto-foto karena memiliki banyak spot yang instagramable.

Sungai ini juga memiliki air yang bersih sehingga cocok digunakan untuk bermain air. Untuk harga tiket masuk tempat wisata ini hanya sekitar Rp. 10.000 saja setiap orangnya. Lokasi Sungai Cikahuripan berada di Kampung Panyusupan, Desa Barangsiang, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat.

3. Curug Ngebul

Tempat wisata yang satu ini masih belum banyak diketahui oleh orang karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Namun karena hal itulah tempat ini masih terjaga keasrianya hingga saat ini. Untuk bisa sampai ke curug ini membutuhkan perjuangan yang besar karena aksenya yang cukup sulit. Namun sobat tidak akan dibuat kecewa dengan sajian alam yang indah dari tempat ini. Curug Ngebul terletak di Kampung Cisitu, Desa Sindangjaya, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter. Air terjun ini akan terlihat lebih indah dan mempesona apabila dilihat dan difotret dari kejauhan.

4. Sanghyang Heuleut

Sanghyang Heuleut disebut-sebit sebagai tempat mandi bidadari. Tempat wisata yang satu ini cukup digemari oleh anak muda. Keunikan dari tempat wisata yang satu ini adalah dikelilingi oleh bebatuan besar dan memiliki air yang berwarna biru kehijauan yang membuatnya terlihat indah dan menakjubkan. Beberapa orang menyebutkan bahwa Sanghyang Heuleut terbentuk akibat letusan Gunung Purba Sunda. Selain bermain air, tempat ini juga memiliki banyak spot foto yang indah dan menarik. Lokasi dari Sanghyang Heuleut berada di Kampung Cipanas, Desa Rajamandala Kulon, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

5. Curug Malela

Tempat wisata berikutnya yang murah dan bagus di kabupaten bandung ialah Curug Malela. Curug Malela terletak di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. berbeda dengan curug ngebul, curug ini memiliki akses yang cukup mudah untuk dijangkau. Memiliki lebar 50 meter dengan ketinggian 70 meter menjadikan tempat ini dijuluki sebagai Niagara-nya Bandung Barat meskipun ukuranya berbeda dengan yang asli. Sembari menikmati keindahan alam dan curug ini, sobat bisa berfoto-foto bersama teman sebanyak mungkin. Harga tiket masuk ke curug malela yaitu Rp. 10.000/orang.

6. Bukit Gantole Cililin

Bukit Gantole Cililin menjadi tempat terakhir yang masuk dalam list sebagai tempat wisata murah dan bagus. Tempat wisata yang satu ini berada di Kampung Pasirpanjang, desa Singajaya, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. Jika sobat memiliki keberanian yang tinggi, maka sobat bisa mencoba salah satu kegiatan yang cukup memacu adrenalin yaitu bermain paralayang. Namun jika sobat tidak memiliki cukup keberanian, sobat cukup menikmati keindahan alam yang disajikan bukit ini sembari berfoto-foto. Tempat wisata yang satu ini menjadi lokasi terbaik untuk menikmati senja dan matahari terbenam.

Komentar